banner

Ramadhan Identik Dengan Kurma. Apa saja Jenis Buah Kurma di Indonesia?

Ramadhan identik dengan buah kurma, bahkan penjualan buah kurma dipasaran menjadi meningkat selama dan menjelang Ramadhan. Selain itu memakan buah kurma merupakan sunah Rasul dan disarankan untuk mengkonsumsinya dalam hitungan ganjil terutama pada saat berbuka puasa, saat berbuka untuk mengikuti sunah Rasul makanlah 1-3 buah kurma terlebih dahulu sebelum mencicipi makanan lainnya. Tapi apakah kamu tahu bahwa buah kurma tidak hanya satu melainkan memiliki beberapa jenis seperti berikut.

1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa adalah jenis kurma yang paling mahal diantara jenis lainnya yang dijual di Indonesia. Kurma yang berasal dari Madinah dan punya nama lain kurma nabi ini memiliki bentuk yang padat dan keras tapi memiliki rasa yang paling enak dan nikmat. Ciri-ciri dari kurma Ajwa adalah warnanya hitam pekat, ukurannya agak besar, tidak lembab, kering, dan rasa manisnya hampir menyerupai kismis.

2. Kurma Lulu

Jenis kurma ini lebih murah dibandingkan dengan kurma Ajwa namun rasa dan bentuknya hampir sama. Kurma Lulu memiliki ukuran yang lebih kecil dari kurma Ajwa.

3. Kurma Amer Hajj

Kurma Amer Hajj atau Amir Haji ini juga berasal dari Irak. memiliki daging yang sangat lembut dan juga tebal. Kurma Amer Hajj berasal dari Irak dan sering disebut dengan "welcome kurma", karena sering diberikan untuk menyambut tamu.

4. Kurma Palmfruit

Jenis kurma ini paling sering diperjual belikan. Kurma Palmfruit berasal dari Tunisia. Ciri-ciri kurma ini memiliki bentuk yang lonjong dan panjang, memiliki warna coklat kemerahan, dan cenderung kenyal. Kurma Palmfruit juga terkenal dengan rasanya yang cukup manis.

 

5. Kurma Muda

Seperti namanya, kurma muda memang dijual ketika belum matang. Kurma ini memiliki warna kuning gading dan memiliki tekstur agak keras. Kurma muda biasanya dimanfaatkan untuk obat kesuburan wanita, dan cocok untuk dikonsumsi kepada wanita yang sedang melakukan program hamil.

Itulah beberapa jenis kurma yang ada di Indonesia hingga manfaatnya yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi. Namun karena kadar gula yang cukup tinggi, alangkah baiknya jika mengkonsumsi kurma dengan sewajarnya saja. Jika kurma dikonsumsi dengan tidak wajar atau berlebihan, bisa saja tubuh akan mengalami kegemukan. Berikut manfaat dari kurma bagi kesehatan.

1. Mengurangi risiko kanker usus

Jika sitem pencernaah berjalan dengan baik, maka segala mecam resiko penyakit yang menyerang usus tidak akan terjadi. Kurma adalah salah satu buah yang jika dikonsumsi secara teratur mampu meningkatkan kesehatan usus. Kurma akan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang berfungsi untuk memelihara kesehatan usus.

2. Meningkatkan energi

Kurma mengandung gula alami yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang menyebabkan rasa dari buah ini menjadi manis. Ketiga gula ini akan mendongkrak energi dengan cepat sehingga dapat menjaga komponen dalam tubuh tetap tinggi dan memberikan asupan energi untuk tubuh.

3. Memperbaiki sistem pencernaan

Mengkonsumsi kurma juga bisa mengurangi sembelit yang kamu derita, karena kurma mengandung serat yang tinggi. Mengkonsumsi kurma kurang lebih 12 gram akan memenuhi kebutuhan tubuh akan serat agar dapat meningkatkan kemampuan untuk mencerna makanan lebih baik.

 

4. Memperkuat tulang

Kurma yang telah diolah dengan cara dikeringkan mengandung selium, mangan, tembaga, dan magnesium yang penting untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Anak-anak dengan masa pertumbuhan cocok sekali untuk mengkonsumsi kurma agar membantu proses tumbuhnya.

5. Mengontrol tekanan darah

Potasium dan mineral yang terkandung dalam kurma dapat menurunkan tekanan darah. Terlebih kurma juga mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat menstabilkan level gula darah dalam tubuh. Kandungan magnesium juga dapat melemaskan otot jantung dan pembuluh darah yang membuat tekanan darah lebih terkontrol.

  65 Views    Likes  

banner
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

previous post

Cara Mudah dan Cepat Menghafal 16 Tenses Bahasa Inggris
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

next post

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

related posts