banner

RAPUNZEL TERNYATA ADA DI INDONESIA

Siapa yang tidak tahu tentang RAPUNZEL dalam serial film TANGLED dimana ada seorang wanita muda dengan rambut panjang dan sangat indah yang dikurung di kastil hingga bertemu dengan pangerannya.

Tapi apakah kalian tahu bahwa RAPUNZEL nyata ada di INDONESIA…? Mungkin beberapa orang sudah tahu dan mungkin ada juga yang berpikir itu tidaklah betul dan juga pati masih banyak yang tidak tahu samasekali.

Namanya adalah  Datu Landorundun,Beliau berasal dari TANAH TORAJA di daerah  GUNUNG SESEAN (2100mdpl) beliau adalah seorang putri bangsawan TANAH TORAJA.

Saat Landorundun lahir terjadi keanehan karena Landorundun lahir tdak berbentuk seperti manusia melainkan sebuah batang pakis yang dililit rambut tebal, Hal ini membuat semua orang sedih terutama Orangtua Landurondun. Dan sepakat memanggil para Tua-Tua dari daerah itu dan melakukan ritual Doa bersama,setelah itu barulah terdengar tangisan seorang bayi dari dalam pakis itu.

Landorundun tumbuh menjadi gadis yang sangat cantik nan anggun, Ia memiliki rambut yang sangat panajng nan indah “sangpulo pitu da’panna,talluratu da’kanananna”  atau 25,5 meter, Rambutnya sangat tebal dan panjang .

Landorundun memiliki sumur mandi pribadi dan selalu mandi bersama dayang-dayangnya ,saat Landorundun menyisir rambutnya tiba2  sehelai rambut putus Ia langsung membukusnya dengan kulit jeruk dan dibuangnya ke aliran sungai diatas yang mengalis diatas sumurnya dari situlah rambut Landorundun di temukan oleh Datu Bendirana hingga mereka saling menemukan dan menikah,Sekedar info Datu Bendurana adalah seoarang pangeran dari  KERAJAAN BONE.

Meski memiliki banyak keindahan dan kaunikan istimewa Landorundun tetaplah manusia Ia meninggal selang beberapa waktu menikah dan memiliki keturunan,Landorundun dimakamkan di daerah Daya Makassar.

Landorundun juga diabadikan dengan MUSEUM LANDORUNDUN di TANAH TORAJA,Desa Landorundun dan Sumur Landorundun tepatnya di SESEAN TANAH TORAJA.

Demikian beberapa Info dari RAPUNZEL INDONESIA yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat menambah pengetahuan kita agar semakin cinta INDONESIA dengan berbagai Keragamannya.

  Gambar oleh : RUTH HANDAYANI

  33 Views    Likes  

banner
 what is your "MOTIVATION?"

previous post

Peran Pemuda Sebagai Pionir Dalam Pengurangan Sampah Plastik Dengan Zero Waste
 what is your "MOTIVATION?"

next post

what is your "MOTIVATION?"

related posts