banner

Rasa ingin tahu, apa bisa diciptakan?

Hallo Guyss..

Gimana nih kabarnya setelah beberapa bulan ini menghadapi pandemik Covid-19 ? tetap dirumah aja ya, stay safe!!

Untuk menemani kalian yang #DirumaAja, yuk kita sama-sama simak tentang “Rasa ingin tahu, apa bisa diciptakan?”

Kalian pasti tau kan kalo setiap manusia dibekali akal oleh Tuhan untuk senantiasa berpikir. Dengan akalnya, manusia mempunyai rasa ingin tahu (curiosity). Dari rasa ingin tahu inilah manusia selalu mempertanyakan segala hal yang dipikirkannya, menyangsikan segala sesuatu yang dilihat, dan mencari segala bentuk jawaban dari permasalahan yang dihadapi.

Dilansir dari kompas.com, berdasarkan pendekatan psikologis, ada 3 aspek dasar yang dimiliki manusia, yaitu: aspek kognisi (pengetahuan), aspek afeksi (pengaturan hasil), dan aspek motorik (pelaksanaan atau eksekusi). Rasa ingin tahu manusia mendasari segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia yang senantiasa mempertanyakan segala sesuatu yang ada di sekitar dirinya, bahkan yang berkaitan dengan manusia sendiri senantiasa menjadi pertentangan yang muncul dari rasa ingin tahu manusia. Rasa ingin tahu yang dimiliki oleh manusia merupakan tanda utama dari adanya masalah, dan pada dasanya setiap manusia yang hidup itu tidak terlepas dari masalah.

Keingintahuan manusia merupakan emosi yang dimiliki manusia dalam mendorong terwujudkan perilaku seperti eksplorasi, investigasi dan belajar. Hal ini termasuk sebagai mekanisme kejiwaan manusia dalam upaya mencari dan menemukan informasi dari interaksi kehidupan manusia dengan lingkungannya dan makhluk-makhluk lainnya. 

Selanjutnya, dilansir dari blog.kurio.co.id ada beberapa tips untuk menciptakan sendiri rasa ingin tahu, diantaranya :

1. Selalu berpikiran terbuka

Ini adalah kunci utama untuk mempunyai rasa ingin tahu. Selalu terbuka untuk belajar dan terus belajar. Beberapa hal yang kamu ketahui dan percayai mungkin saja salah dan kamu harus bisa menerimanya dan cobalah ubah pemikiranmu itu.

2. Berpikirlah dua kali

Jika kamu terima begitu saja hal-hal telah ada tanpa mencari tahunya lebih jauh lagi, artinya kamu tidak memiliki rasa ingin tahu. Berpikirlah dua kali, cobalah cari tahu lebih banyak mengenai hal tersebut baik dari hal-hal kecil hingga hal-hal yang lebih luas lagi.

3. Teruslah bertanya

Kunci utama untuk kamu bisa mencari tahu lebih banyak adalah dengan terus bertanya seperti; Apakah itu? Mengapa itu terjadi? Kapan itu terjadi? Siapa yang terlibat? Muncul dari manakah hal itu? Bagaimana hal itu terjadi? Tanyakan terus pertanyaan 5W + 1H dan inilah pedoman utama untuk rasa ingin tahu kamu.

4. Jangan cepat bosan

Ketika kamu cepat bosan akan sesuatu, kamu secara tidak langsung telah menutup peluang-peluangmu. Orang-orang yang memiliki rasa ingin tahu tidak mudah bosan karena mereka melihat suatu hal adalah sebuah peluang untuk menambah wawasanmu. Walaupun mereka tidak mempunyai waktu untuk mencari tahu, mereka akan terus menyimpan suatu hal tersebut untuk diselesaikannya kemudian hari.

5. Belajar adalah hal yang menyenangkan

Jika kamu melihat belajar adalah sebuah beban, maka kamu tidak mempunyai keinginan untuk mencari tahu lebih banyak. Dari hal itu maka sebetulnya membuat bebanmu semakin berat. Tetapi jika kamu berpikir bahwa belajar adalah suatu hal yang menyenangkan, maka kamu akan terpicu untuk mencari tahu lebih banyak lagi. Oleh karena itu, lihatlah belajar itu dengan sudut pandang yang berbeda sehingga kamu lebih dapat menikmati proses tersebut.

6. Banyak Membaca

Cobalah untuk habiskan waktu lebih banyak dengan membaca. Hal ini bisa memperkenalkan kamu dengan lebih banyak peluang dan hal menarik lainnya yang membuat kamu menjadi penasaran sehingga kamu ingin mencari tahu lebih jauh lagi. Cobalah habiskan beberapa waktu luang kamu dengan membaca beberapa artikel yang berbeda-beda setiap harinya, dengan itu akan membuatmu menjadi tertarik dengan hal-hal baru yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

Dari beberapa penjelasan di atas, sudah jelas yaa kalo rasa ingin tahu itu penting untuk dimiliki dan dilatih oleh kita.

CC :

 ?https://www.kompasiana.com/y.setiyohadi/552fbf166ea834cb2c8b45ca/rasa-ingin-tahu https://blog.kurio.co.id/inside-kurio/kurio-tips/4-tips-untuk-menciptakan-rasa-penasaran-2/

 

  0 Views    Likes  

banner
Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

previous post

Udah yakin Lolos SBMPTN 2020?
Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

next post

Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

related posts