Rekomendasi Gudeg di Yogyakarta yang Wajib Dicoba

Yogyakarta, selain dikenal sebagai kota pelajar, juga terkenal dengan kuliner khasnya yang menggugah selera. Salah satu hidangan ikonik dari kota ini adalah gudeg, sajian manis berbahan dasar nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Bagi Anda yang ingin menikmati gudeg asli Yogyakarta, berikut beberapa tempat yang patut Anda kunjungi:

Gudeg Yu Djum Gudeg Yu Djum adalah salah satu gudeg legendaris di Yogyakarta. Berdiri sejak tahun 1950, tempat ini sudah memiliki banyak cabang di seluruh kota. Gudeg Yu Djum terkenal dengan rasa manis dan gurih yang pas, disajikan dengan krecek, ayam kampung, telur, dan sambal krecek. Lokasi utamanya berada di Jalan Wijilan, dekat dengan Keraton Yogyakarta, membuatnya mudah diakses oleh wisatawan.

Gudeg Pawon Berbeda dari yang lain, Gudeg Pawon menawarkan pengalaman unik dengan suasana rumah tradisional Jawa. "Pawon" dalam bahasa Jawa berarti dapur, dan di sini, Anda bisa langsung melihat proses memasak gudeg di dapur tradisional. Gudeg Pawon buka mulai pukul 22.00 WIB, dan meskipun larut malam, tempat ini selalu ramai dikunjungi. Lokasinya berada di Jalan Janturan, Warungboto.

Gudeg Bu Tjitro 1925 Berdiri sejak tahun 1925, Gudeg Bu Tjitro menawarkan cita rasa gudeg yang otentik dan lezat. Tempat ini tidak hanya menyajikan gudeg nangka, tetapi juga gudeg manggar (bunga kelapa) yang unik. Dengan berbagai pilihan lauk seperti ayam, telur, dan krecek, Gudeg Bu Tjitro menjadi favorit banyak orang. Lokasinya berada di dekat Tugu Yogyakarta, tepatnya di Jalan Janti No. 330.

Gudeg Mbah Lindu Gudeg Mbah Lindu memiliki sejarah yang panjang, karena Mbah Lindu sendiri sudah berjualan gudeg sejak sebelum masa kemerdekaan Indonesia. Meskipun Mbah Lindu telah wafat, warung gudeg ini tetap dilanjutkan oleh keluarganya. Terletak di Jalan Sosrowijayan, tempat ini terkenal dengan rasa gudeg yang tidak terlalu manis, cocok bagi mereka yang menyukai cita rasa seimbang.

Gudeg Permata Berlokasi di dekat Bioskop Permata di Jalan Gajah Mada, Gudeg Permata adalah salah satu tempat makan gudeg yang buka hingga tengah malam. Tempat ini sering menjadi pilihan para penikmat kuliner malam di Yogyakarta. Dengan harga yang terjangkau dan porsi yang memuaskan, Gudeg Permata menjadi favorit banyak kalangan, mulai dari mahasiswa hingga wisatawan.

Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk terletak di Jalan Affandi (Gejayan). Nama "Bu Tekluk" berasal dari kebiasaan Bu Tekluk yang selalu mengantuk ketika melayani pembeli di malam hari. Gudeg di sini dikenal dengan cita rasanya yang mantap dan berani. Tempat ini buka mulai pukul 23.00 WIB, menjadikannya destinasi kuliner malam yang populer.

Gudeg di Yogyakarta menawarkan berbagai variasi rasa dan suasana, mulai dari yang manis legit hingga yang gurih. Setiap tempat memiliki keunikan dan sejarahnya sendiri, membuat perjalanan kuliner Anda di Yogyakarta semakin berkesan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi gudeg di beberapa tempat rekomendasi di atas saat Anda berkunjung ke kota yang penuh dengan budaya ini!

  18 Views    Likes  

Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

previous post

Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Era Digital
Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

next post

Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

related posts