banner

Resep Seblak ala Rumahan

Seblak dikenal sebagai makanan khas Jawa Barat, khususnya Bandung. Seblak mulai digandrungi masyarakat umum sekitar tahun 2000-an. Menurut salah satu pedagang seblak yang ada di daerah Kalapanunggal, Sukabumi, Anita, ia menjelaskan bahwa seblak bermula dari anak kost yang kekurangan bahan makanan saat membuat camilan. Ia menjelaskan:

“ceunah mah, awal mula Seblak di Bandung teh dari anak kost yang lagi lapar, tapi bahan makanan yang mereka punya cuman kerupuk. Jadi, si anak kost buat camilan dari kerupuk itu, terus jadilah seblak.” Jika melihat sejarah, seblak sudah ada di daerah Cianjur sejak zaman sebelum kemerdekaan RI, di mana seblak merupakan makanan alternatif masyarakat ekonomi lemah sebagai pengganti jajanan (Armadani, 2014). Hal ini sejalan dengan konsep “Guilt versus Pleasure” di mana konsep ini menjelaskan makanan sebagai kenikmatan dan pemenuhan kebutuhan. Sehingga, suatu makanan dapat tercipta dari kebutuhan manusia itu sendiri yang pada hakikatnya memerlukan makan untuk bertahan hidup. Zaman sekarang, seblak sudah bertranformasi menjadi jajanan yang dijajakan hampir di seluruh Indonesia. Bahkan, banyak sekali jenis-jenis dari seblak itu sendiri, seperti seblak kerupuk, seblak aci, seblak macaroni dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, saat ini seblak juga dikenal dengan berbagai macam pilihan toping, seperti ceker, bakso dan sosis. Menurut salah satu pedagang seblak di kota Bandung, ia menyebutkan bahwa seblak merupakan olahan kerupuk kuning yang dimasak dengan rasa yang pedas. Namun, seiring berjalannya waktu seblak divarisikan dengan memakai bahan makanan lainnya seperti mie dan makaroni.

Tak hanya mudah ditemukan di daerah manapun, seblak juga sangat mudah jika dibuat di rumah, karena bahan yang diperlukan juga terbilang mudah dan pastinya ada di setiap dapur rumah. Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat seblak ala rumahan. 1. Kerupuk 2. Cabe rawit 3. Bawang putih 4. Kencur 5. Sayuran 6. Minyak goreng 7. Air 8. Garam 9. Gula 10. Penyedap rasa Untuk lebih jelas bagaimana pembuatannya, silahkan simak video di bawah ini!

Mudah kan? Selamat mencoba.
  0 Views    Likes  

banner
cara Belajar Produktif & membangun motivasi belajar buat beasiswa Gimana sih ?

previous post

Cara Konsisten dalam menulis cerita pada wattpad
cara Belajar Produktif & membangun motivasi belajar buat beasiswa Gimana sih ?

next post

cara Belajar Produktif & membangun motivasi belajar buat beasiswa Gimana sih ?

related posts