banner

Robot line follower

               Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi ya dengan yang namanya robot. Robot merupakan suatu alat yang dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Semakin hari, teknologi yang satu ini semakin berkembang dan semakin canggih. Saat ini robot telah dilengkapi dengan kemampuan untuk belajar sendiri (AI).

                Robot dibuat untuk mengerjakan tugas tertentu, sehingga ada banyak jenis robot yang telah diciptakan oleh manusia. Salah satu contoh jenis robot yang sering digunakan adalah “line follower”. Robot line follower dimasukkan dalam jenis robot yang memiliki prinsip kerja sederhana. Sesuai namanya, robot ini akan bergerak mengikuti garis yang telah dibuat oleh manusia.

Robot ini mendeteksi garis dengan menggunakan sensor infrared yang terpasang padanya. Data hasil pembacaan sensor dikirim ke mikrokontroler, kemudian mikrokontroler akan menggunakan data tersebut untuk memutuskan arah gerak robot. Pada programnya juga dapat ditanamkan logika fuzzy dan PID untuk meningkatkan responsibilitas robot satu ini.

                Dalam industri, robot ini dimanfaatkan untuk mengangkut barang dalam jumlah kecil maupun besar dalam satu jalur yang tidak memiliki percabangan. Desain dan spesifikasi robot line follower dibuat dengan menyesuaikan fungsi yang akan dijalankannya. Jika robot line follower dirancang untuk mengangkut barang yang berat, maka kapasitas motor yang digunakan juga harus besar agar robot ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

 

(Felix)

  1010 Views    Likes  

banner
Nasionalisme di Generasi Milenial

previous post

Mengenal Lebih Jauh Tentang Taijiquan
Nasionalisme di Generasi Milenial

next post

Nasionalisme di Generasi Milenial

related posts