Rumus Rumus Dasar Microsoft Excel

Bagi pemula rasanya wajib banget kamu harus tahu rumus rumus dasar untuk excel ini loh sobat. Dan kali ini aku mau share ke kalian 7 rumus dasar Excel yang kalian wajib tahu. Adapaun ke tujuh rumus tersebut, diantaranya yaitu :

1. SUM

Sederhanya rumus SUM ini digunakan untuk menjumlahkan data pada range tertentu. Misal Ketika kamu ingin menjumlahkan data pada cell A1 hingga A5 maka rumus Sum yang kamu gunakan adalah seperti ini :

=SUM(A1:A5)

=SUM(Cell data awal yang ingin dijumlahkan:cell data akhir)

 

2. AVERAGE

Rumus Average ini digunakan untuk mencari rata rata dari suatu data, dengan menggunakan rumus ini kamu tidak perlu menjumlahkan seluruh data dan membaginya dengan jumlah data secara manual. Misal kamu ingin mencari rata rata data yang berada pada cell A1 sampai A5, maka kamu bisa menggunakan rumus ini dengan cara :

=AVERAGE(A1:A5)

=AVERAGE(Cell pertama yang ingin dirata rata:cell terakhir)

 

3. MAX

Rumus ini digunakan untuk mencari nilai data terbesar. Rumus terbilang sangat simple, dengan rumus ini kita tidak perlu mengamati data satu persatu untuk mencari mana yang terbesar.

=MAX(nilai pertama yang ingin ditampilkan:nilai terkahir yang ingin ditampilkan)

 

4. MIN

Sama seperti rumus yang sebelumnya, namun rumus excel yang ini digunakan untuk mencari nilai data terkecil.

=MIN(cell nilai data yang ingin dicari awal:cell nilai data akhir)

 

5. COUNT

Rumus ini digunkan untuk mengihitung jumlah data yang ada pada range tertentu. Misal kamu ingin menghitung jumlah data yang ada diantara cell A1 sampai dengan D5, maka bisa menggunakan rumus ini seperti ini :

=COUNT(A1:D5)

 

  91 Views    Likes  

belajar memimpin dari diri sendiri

previous post

Hal-Hal Wajib yang Harus Dilakukan Mahasiswa di Dunia Kampus
belajar memimpin dari diri sendiri

next post

belajar memimpin dari diri sendiri

related posts