banner

Selain buahnya, daun jambu biji juga ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan.

        Buah jambu biji terkenal dengan khasiatnya sebagai buah yang baik untuk penderita demam berdarah. Namun, tak hanya buahnya, manfaat hebat daun jambu biji pun perlu Anda ketahui dan coba.Pohon jambu biji selama ini kita anggap sebagai tanaman buah biasa saja. Bahkan, ada yang menganggapnya sebagai gulma. Namun, pikiran seperti itu harus segera diubah karena ternyata di dalam daun jambu biji banyak kandungan yang bermanfaat. Beberapa kandungan yang terdapat pada daun jambu biji antara lain saponin, flavanoid, polifenol, alkaloid, karoten, steroid, kuinon, anti-oksidan, minyak atsiri, dan tannin.

         Melansir Boldsky.com, Rabu (14/3/2018) daun jambu juga memiliki sifat analgesik, anti-inflamasi, antimicroba dan antioksidan yang membantu menyembuhkan masalah kecantikan kulit dan rambut. Berikut adalah  manfaat  dari daun jambu biji untuk kesehatan :

1. Daun Jambu Mencegah Gatal pada Kulit

Daun jambu mengandung zat yang dapat mencegah dan mengobati peradangan, gatal pada kulit. Daun jambu dapat juga digunakan untuk mengatasi kulit terbakar dan alergi kulit sebab bakteri. Gunakan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Mencegah diare

Manfaat daun jambu biji yang pertama bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mencegah diare. Pasalnya, ekstrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Jenis bakteri ini ialah penyebab umum terjadinya diare. Cara menggunakannya mudah. Tambahkan daun dan akar jambu biji ke dalam secangkir air mendidih, kemudian saring airnya. Minumlah dengan keadaan perut kosong.                                     

3. Mencegah obesitas

Masalah berat badan memang paling sensitif bagi kebanyakan orang. Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satu penyebab obesitas ialah karbohidrat berlebih yang bisa berubah menjadi gula. Daun buah ini dapat mencegah karbohidrat kompleks berubah menjadi gula.

4. Melawan berbagai macam kanker

Tahukah Anda manfaat daun jambu biji dapat melawan berbagai macam kanker? Tentunya, kanker menjadi musuh paling berbahaya bagi kesehatan setiap orang. Kandungan lycopene antioksidan dalam jumlah tinggi pada daun jambu biji dapat membantu melawan kanker. Terutama kanker payudara, prostat, dan mulut.

5. Menjaga kesehatan kulit.

 Ekstrak daun jambu biji diyakini dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan memperlambat proses penuaan. Antimikroba dan anti-inflamasi yang dimiliki oleh daun jambu biji yang dapat melindungi, dan menyehatkan kulit.

6. Menurunkan kolesterol

Banyak orang yang memiliki kolesterol tinggi, tidak peduli umur mereka. Tenang saja, daun jambu biji dapat menurunkan kadar kolestrol Anda. Sebuah artikel yang dipublikasikan Nutrition and Metabolism menjelaskan sebuah penelitian di mana para koresponden yang meminum air saringan daun jambu biji. Hasilnya kadar kolestrol mereka menurun setelah 8 minggu.

 

      Itulah manfaat ldaun jambu biji yang luar biasa. Mulai sekarang daun jambu biji bisa menjadi alternatif kesehatan Anda. Semoga bermanfaat!                                                                                             

  56 Views    Likes  

banner
 what is your "MOTIVATION?"

previous post

Peran Pemuda Sebagai Pionir Dalam Pengurangan Sampah Plastik Dengan Zero Waste
 what is your "MOTIVATION?"

next post

what is your "MOTIVATION?"

related posts