Halo sobat OSC? kalian pasti sudah tidak asing lagi bukan mendengar tentang istilah Copywriting? Bagaimana sih penjelasan lebih lengkapnya? Yuk simak bareng aku!!
Copywriting sendiri terdiri atas 2 kata, yaitu Copy yang artinya naskah iklan atau promosi dan Writing yaitu kegiatan menulis. Maka dapat diartikan bahwa Copywriting adalah suatu kegiatan menulis tentang naskah iklan atau promosi dengan tujuan untuk mempromosikan suatu produk barang atau jasa agar khalayak mau menggunakan atau melakukannya. Untuk contoh penerapannya, kalian bisa liat di Iklan Koran, Majalah, Website Page dan Social Media Post.
Copywriting memiliki 3 karakteristik, yaitu Ringkas, Spesifik dan Mengarahkan.
Ringkas, artinya disampaikan dengan kalimat yang ringkas padat dan jelas. Spesifik, artinya spesifik pada audiens, problem atau benefit tertentu. Mengarahkan, artinya bertujuan mengarahkan pembaca untuk melakukan suatu tindakan (visit, beli, dsb)Selain itu, copywriting juga memiliki 3 Anatomi Umum yang terdiri atas Heading, Description dan CTA.
Heading, sebagai bait atau umpan utama dari copywriting yang akan dibuat. Description, memberikan detail informasi kepada khalayak CTA / Call To Action, berisi dorongan kepada khalayak untuk melakukan sesuatuMenjadi seorang copywriter baru-baru ini menjadi pekerjaan yang banyak diminati. Setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai copywriting apakah kalian tertarik untuk menjadi seorang copywriter?
previous post
Jadi Mahasiswa Aktif : Tips Sukses di Perkuliahan