banner

Simak! Berikut Cara Mendapatkan Vaksin Covid-19

Dalam menanggulangi dampak dari pandemi Covid-19 di Indonesia, pemerintah telah siap untuk memberikan vaksin kepada masyarakat sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.02.02/4/1/2021, terkait bagaimana cara vaksin diberikan kepada masyarakat Indonesia.

Untuk saat ini penyuntikan vaksin akan difokuskan kepada para garda terdepan dalam penanganan Covid-19 seperti para tenaga kesehatan, POLRI, TNI, awak media, hingga para lansia.

Memasuki bulan Maret 2021, vaksinasi telah mencapai tahap kedua dan difokuskan pada para lansia yang memiliki kerentanan terhadap penularan Covid-19.

Pada pelaksanaannya terdapat dua pilihan dalam melakukan pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia. Pilihan pertama yaitu dengan melakukan vaksinasi di pelayanan kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit pemerintah atau swasta setempat. Lansia juga dapat mengunjungi website Kementerian Kesehatan dan website Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), atau juga bisa dengan telepon ke 119 ext 9.

Peserta vaksinasi juga dapat mendaftar melalui beberapa link yang telah disediakan pada masing-masing ibu kota berikut ini:

DKI Jakarta: dki.kemkes.go.id Serang: serang.kemkes.go.id Bandung: bandung.kemkes.go.id Semarang: semarang.kemkes.go.id Surabaya: surabaya.kemkes.go.id Yogyakarta: yogyakarta.kemkes.go.id Denpasar: denpasar.kemkes.go.id Banda Aceh: bandaaceh.kemkes.go.id Pangkal Pinang: pangkalpinang.kemkes.go.id Bengkulu: bengkulu.kemkes.go.id Gorontalo: gorontalo.kemkes.go.id Jambi: jambi.kemkes.go.id Pontianak: pontianak.kemkes.go.id Banjarmasin: banjarmasin.kemkes.go.id Tanjung Selor: tanjungselor.kemkes.go.id Palangkaraya: palangkaraya.kemkes.go.id Samarinda: samarinda.kamkes.go.id Tanjung Pinang : tanjungpinang.kemkes.go.id Lampung: lampung.kemkes.go.id Ambon: kotaambon.kemkes.go.id Ternate: ternate.kemkes.go.id Mataram: mataram.kemkes.go.id Kupang: kupang.kemkes.go.id Manokwari: manokwari.kemkes.go.id Jayapura: jayapura.kemkes.go.id Riau: pekanbaru.kemkes.go.id Mamuju: mamuju.kemkes.go.id Makassar: makassar.kemkes.go.id Palu: palu.kemkes.go.id Kendari: kendari.kemkes.go.id Manado: manado.kemkes.go.id Padang: padang.kemkes.go.id Palembang: palembang.kemkes.go.id Medan: medan.kemkes.go.id

Setelah melakukan pendaftaran, maka seluruh peserta akan diarahkan ke dinas kesehatan masing-masing provinsi. Kemudian Dinas Kesehatan akan menentukan jadwal serta lokasi vaksinasi kepada para lansia.

Tidak hanya lansia kita juga dapat mendapatkan vaksinasi dari organisasi atau instansi setempat yang sedang menyelenggarakan gerakan vaksinasi masal didaerah kamu.

Vaksinasi mandiri juga telah mendapatkan izin dari pemerintah, vaksinasi ini disebut sebagai vaksinasi Gotong Royong. Dalam hal ini bukan berarti kita dapat membeli sendiri vaksin tersebut, namun biaya vaksin sepenuhnya ditanggung oleh suatu perusahaan atau instansi tertentu.

Sembari menunggu giliran untuk mendapatkan suntikan vaksin sebaiknya kita tetap waspada dalam menjaga kesehatan dan selalu memenuhi protokol kesehatan yang ada. Kurangi interaksi langsung dengan orang lain di tempat umum dan selalu #stayathome jika tidak ada kebutuhan yang mendesak.

Dan jangan lupa untuk daftarkan keluarga lansia kamu untuk mendapatkan vaksinasi secepatnya.

 

 

Sumber:

Bagaimana Cara Mendapatkan Vaksinasi COVID-19? (t.t.). Diambil 6 April 2021, dari https://www.halodoc.com/artikel/bagaimana-cara-mendapatkan-vaksinasi-covid-19

CNBC Indonesia. Diakses pada 2021. Info Soal Vaksin Mandiri RI & Kapan Karyawan Bisa Disuntik.

Kompas. Diakses pada 2021. Kadin DKI: Sudah 6.644 Perusahaan Mendaftar Vaksin Mandiri.

Sehat Negeriku - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada 2021. Vaksinasi Lansia, Begini Pengaturannya.

 

  97 Views    Likes  

banner
TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

previous post

Pelajar Jangan Down dari Pandemi
TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

next post

TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

related posts