Situs Jurnal Yang Bisa Diakses Secara Gratis

Sebagai mahasiswa ataupun pelajar, seringkali kita memerlukan berbagai macam referensi untuk membuat skripsi, karya tulis atau hanya untuk sekedar belajar saja. Karena itulah, kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah jurnal. Bahkan mungkin mencari jurnal ilmiah dan jurnal akademik sudah menjadi makanan sehari-hari kita. 

Mencari jurnal umumnya bisa di perpustakaan, atau sumber yang terpercaya memuat berbagai jurnal ilmiah atau jurnal akademik yang dapat dipertanggung jawabkan hasilnya. Ada bermacam-macam topik bahasan jurnal yang tersebar, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Terdapat juga berbagai jurnal nasional dan internasional yang dapat kamu jadikan acuan. 

Selain itu, kita juga dapat mencari jurnal ilmiah dan jurnal akademik di internet loh. Beberapa orang mungkin belum begitu paham bagaimana cara mengakses jurnal secara online dan apa saja situs yang menyediakan jurnal ilmiah. Nah, berikut ini ada beberapa situs yang dapat kamu akses untuk mencari jurnal-jurnal ilmiah dan akademik baik itu jurnal lokal bahkan internasional.

1. E-resources.perpusnas.go.id

Untuk menggunakan situs ini, kamu diwajibkan untuk membuat akun terlebih dahulu. Lalu setelah akunmu sudah jadi, bisa login kembali dengan nomor anggota yang telah terdaftar. Apabila kamu sudah resmi terdaftar, maka kamu bisa mengunduh jurnal dimanapun dan kapanpun secara gratis.

2. Lipi.go.id

Situs ini merupakan situs resmi yang dimiliki oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Lipi) yang dikoordinatori oleh Kemenristekdikti. Kamu bisa dengan mudah mengunduh semua jurnal yang tersedia di situs tersebut secara gratis.

3. Sciencedirect.com

Selanjutnya ada sciencedirect.com yaitu situs yang menyediakan berbagai jurnal internasional yang bisa kamu gunakan. Dan situs ini juga bersifat open access yang artinya semua pengunjung situs ini berhak secara gratis mengakses jurnal dan karya tulis ilmiah yang tersedia di dalam situs ini. Cukup buat akun dan akses jurnal yang kamu butuhkan.

4. Google Scholar

Pasti kamu sudah sering menggunakan situs yang satu ini untuk mencari jurnal penelitian. Situs berikut adalah Google Scholar. Situs ini juga dikenal dengan google cendekia yang berfokus menyajikan berbagai karya tulis dan karya ilmiah dari berbagai bahasa. Tentu saja ada beberapa jurnal yang berbayar di situs ini.

5. Oxford Academic

Jurnal yang tersedia di situs berikut seakan menjadi penyelamat bagi mahasiswa yang sedang menjalani masa akhir semester dengan mengerjakan tugas akhir. Oxford Academic menyediakan berbagai jurnal ilmiah yang dapat diakses secara gratis dan dapat diunduh oleh seluruh pengunjung situs nya. 

 

Nah, itu dia beberapa website yang dapat kalian akses untuk mendapatkan jurnal ilmiah secara gratis. Selamat mencoba!!

 

Sumber gambar: Tokopedia

  18 Views    Likes  

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

previous post

Bingung pilih Bahasa Pemograman apa? Yuk simak 6 pilihan terbaik di 2021(part 1)
Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

next post

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

related posts