Sulit Kenali Wajah Orang? Mungkin Anda Mengalami Prosopagnosia

Umumnya kita lebih mudah mengingat dan mengenali wajah seseorang dibanding dengan mengingat namanya. Tetapi, bagaimana jika kita  mengalami kesulitan saat mengenali wajah seseorang? Apakah sahabat OSC pernah mengalaminya?

Kondisi tersebut dikenal dengan istilah Prosopagnosia. Prosopagnosia adalah sebuah kondisi dimana seseorang kesulitan mengenali wajah orang lain, bahkan terkadang beberapa dari mereka juga kesulitan mengenali wajahnya sendiri.

Prosopagnosia juga dikenal sebagai kebutaan wajah atau agnosia wajah. Istilah prosopagnosia berasal dari kata Yunani untuk "wajah" dan "kurangnya pengetahuan". Beberapa derajat prosopagnosia sering muncul pada anak autis dan sindrom Asperger, dan mungkin menjadi penyebab gangguan perkembangan sosial mereka hadir saat lahir tanpa adanya kerusakan otak.

Umumnya, prosopagnosia disebabkan oleh adanya gangguan pada otak, baik itu karena bawaan genetik sejak lahir atau saat seseorang mengalami cedera otak. Bagian otak yang terganggu adalah fusiform gyrus, yaitu bagian yang bertanggung jawab untuk mengenali wajah orang lain dan berkaitan pula dengan memori. Namun, penelitian telah menemukan bahwa lebih banyak orang memiliki prosopagnosia karena bawaan genetik sejak ia lahir.

Diagnosis prosopagnosia ini seringkali sulit dibuktikan, karena mengidentifikasi wajah adalah proses yang cukup kompleks pada otak manusia.

 

Apa yang Dialami Seseorang Dengan Prosopagnosia?

Mereka dapat memandang wajah orang lain secara keseluruhan, namun mereka hanya bisa mengidentifikasi bagian-bagian tertentu saja. Setelah orang tersebut sudah pergi dari pandangan, mereka tidak dapat mengingatnya lagi.

Seseorang yang mengalami prosopagnosia juga dapat menghindari interaksi sosial dan memicu adanya gangguan kecemasan sosial, ketakutan yang luar biasa terhadap situasi sosial. Sehingga mereka mungkin mengalami kesulitan dalam membentuk hubungan atau mengalami masalah dengan karir mereka. Perasaan depresi adalah hal biasa bagi mereka. Seseorang dengan prosopagnosia mungkin khawatir apabila mereka tampak kasar atau tidak tertarik ketika mereka gagal dalam mengenali seseorang.

 

Apakah Prosopagnosia Dapat Disembuhkan?

Sayangnya, hingga saat ini belum ada obat untuk prosopagnosia. Perawatan yang ditawarkan hanya dapat membantu mereka untuk mengenali orang lain dari karakteristik uniknya, misalnya suara atau hal-hal mencolok lainnya. Tidak jarang pula, orang dengan prosopagnosia mengalami kecemasan bahkan depresi sehingga membutuhkan bantuan profesional untuk mengatasinya.

Maka dari itu, jika sahabat osc mengenali seseorang yang memiliki prosopagnosia, sebaiknya jangan menjahili atau berlaku curang atas kondisi mereka, ya!  Dimana seharusnya, kita dapat mendukung mereka untuk menemukan keunikan pada diri sendiri maupun orang lain dengan cara mereka sendiri

  7 Views    Likes  

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

previous post

Perjalanan menjadi awardee beasiswa OSC 2020
BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

next post

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

related posts