TAHAP SELEKSI BERKAS ONLINE SCOLARSHIP COMPETITION

Halo Sobat OSC ? Apa kabar ? Semoga dalam keadaan baik dan sehat selalu ya. Kali ini kita akan membahas salah satu tahapan penting dalam seleksi beasiswa OSC (Online Scolarship Competition), yaitu tahapan seleksi berkas. Dimana dalam seleksi berkas ini, sobat OSC sudah disaring atau sudah lolos dari tahapan sebelumnya yaitu tes online OSC. Jadi, apakah kamu penasaran bagaimana sih tips dalam seleksi berkas di seleksi beasiswa Online Scolarship Competition ? Yuk, simak artikel ini sampai habis ya, sobat OSC.

Berikut merupakan berkas-berkas yang harus dikumpulkan dalam tahapan seleksi berkas seleksi beasiswa OSC Medcom :

Persiapkan CV dan Data Diri

Dalam setiap seleksi berkas beasiswa, pasti memerlukan CV dan data diri, agar memudahkan saat seleksi. Data diri akan berguna untuk kedepannya, sehingga harus disesuaikan dengan kartu tanda pengenal yang sobat OSC miliki. So, jangan sampai CV dan data diri yang diserahkan, tidak sesuai dengan identitas pribadi ya, sobat OSC!

Persiapkan transkip nilai raport

Salah satu hal yang menjadi seleksi di dalam berkas ini, ialah nilai rapot.Untuk peserta yang masih duduk di bangku kelas 12, nilai rapot yang dikumpulkan ialah nilai dari kelas 10, dan kelas 11. Nilai rapot menjadi tolak ukur, apakah kamu layak untuk dipertimbangkan untuk lolos ke tahapan seleksi berikutnya atau tidak. Kemudian, apabila kamu sudah lulus sekolah, atau gapyear, kamu pun perlu mengumpulkan transkip nilai ijazah asli.

Persiapkan sertifikat lomba dan kejuaraan

Untuk menjadi poin plus dalam seleksi beasiswa OSC ini, sobat OSC bisa mengumpulkan sertifikat lomba atau kejuaraan di bidang apapun. Karena, sertifikat kejuaraan akan menjadi tolak ukur dalam tambahan poin plus nantinya. Selain itu, apabila tidak ada sertifikat kejuaraan, bisa menggunakan sertifikat yang menunjang dan bermanfaat, semisal pengalaman PKL, pengalaman organisasi atau kepanitiaan, dll.

Mempersiapkan Surat Keterangan Bebas Narkoba dan SKCK

Surat Keterangan Bebas Narkoba diperlukan, untuk memastikan bahwa calon penerima beasiswa, terbebas dari penggunaan NAPZA. Untuk mendapatkan SKBN ini, sobat OSC bisa mengunjungi puskesmas, atau rumah sakit terdekat untuk melakukan tes pemeriksaan. Selain SKBN, SKCK juga diperlukan untuk tahap seleksi berkas ini loh, sobat OSC. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (disingkat SKCK), adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Polri yang berisikan catatan kejahatan seseorang. SKCK ini berguna  sebagai bukti bahwa calon penerima beasiswa nanti berkelakuan baik dan tidak pernah terjerat dengan perilaku kejahatan atau kriminal dalam bentuk apapun.

 

Berkas – berkas yang sudah disebutkan diatas, sobat OSC bisa mengumpulkannya dengan scan masing-masing berkas, kemudian dijadikan satu kedalam bentuk pdf. Jangan sampai ada satu berkas yang tertinggal ya sobat OSC. Karena, bisa berpengaruh untuk penilaian juri. Bila sudah lengkap, bisa langsung dikirim sesuai dengan ketentuan yang sudah diinformasikan dalam website OSC Medcom atau Instagram @beasiswaosc, dan jangan lupa berdoa ya, sobat OSC! Karena, walaupun segala keputusan kembali ke tangan juri, bila sudah berusaha secara maksimal, selalu sertakan pula jalur langit, karena segala bentuk hasilnya merupakan jawaban dari Tuhan Yang Maha Esa.

Sekian artikel kali ini, terima kasih sudah menyimak sampai akhir ya, sobat OSC!

Untuk sobat OSC, yang akan mengikuti seleksi berkas ini, semangat selalu, jangan lupa berdoa, dan semoga hasil terbaik memihak pada teman-teman!

 

 

Salam Manis,

Putri Suci Nur Cholisah – Awardee OSC Medcom 2020

  170 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts