Tanda dan gejala Anemia

halo sobat OSC!!!

diartikel kali ini aku mau bahas terkait tanda dan gejala yang sering dialami oleh orang yang menderita anemia, yuk simak!!

Anemia atau biasa dikenal dengan kekurangan darah merah merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah yang menyebabkan tubuh tidak mendapatkan suplay oksigen dengan cukup. Fungsi utama dari darah sendiri selain untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubh juga berfungsi untuk mendistribusikan nutrisi pada tubuh. jika terdapat gangguan fungsi pada sel darah merah maka akan menyebabkan kinerjanya menjadi terhambat dan akhirnya tubuh menjadi terasa lemas, letih, lesu, dan juga wajah tampak menjadi lebih pucat.

berikut ini beberapa gejala orang yang tengah mengalami anemia atau rentan mengalami anemia, antara lain:

tubuh terasa lemas dan cepat lelah sering mengalami sakit kepala dan juga pusing lebih sering mengantuk walaupun telah beristirahat dengan cukup kulit penderita anemia terlihat pucat atau kekuningan konjungtiva penderita anemia terlihat pucat dan cenderung putih detak jantung tidak teratur sering mengalami nyeri dada tangan dan kaki sering kali terasa dingin

Anemia sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kekurangan zat besi sehingga membuat kadar hemoglobin menurun, terjadi anemia pada masa kehamilan, anemia yang disebabkan karena pendarahan, atapun anemia yang disebabkan oleh penyakit turunan seperti talasemia.

terdapat beberapa solusi yang dapat dilakukan oleh penderita anemia untuk mennggulangi keadaannya agar tidak menjadi sakit yang kronis diantaranya:

mengkonsumsi obat penambah darah dapat membantu meningkatkan produksi darah merah pada tubuh. mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi, hal ini dapat meningkatkan kadar  hemoglobin. contohnya seperti konsumsi bayam dan sejenisnya. untuk ibu hamil lebih rentan mengalami anemia sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak zat besi, vitamin B12, dan juga asam folat yang tidak hanya berfungsi untuk mencegah anemia pada ibu namun juga untuk menunjang perkembangan sel pada janin.

okay sobat, itu sedikit informasi yang dapat aku sampaikan terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel berikutnya...!!!

  2 Views    Likes  

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

previous post

Rekomendasi Lagu Untuk Menemani Menulis Skripsi
MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

next post

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

related posts