banner

Tari Pa'Gellu Melambangkan Kebahagiaan

                Halo sobat osc,nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai budaya dari indonesia.  Bicara soal budaya indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Keragamannya mulai dari agama, suku, etnis, tarian dan masih banyak lagi dan dari wilayah ke wilayah lainnya sudah berbeda adat istiadatnya. Hal ini juga yang sering menarik perhatian dunia. Wisatawan asing yang berkunjung ke indonesia pasti akan terkesan dengan keragaman budaya di indonesia ini. Tapi pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu tarian yang berasal dari salah satu suku yang sangat terkenal di Sulawesi Selatan, Suku apakah itu ? nah benar sekali suku Toraja,berbicara mengenai Toraja,mungkin   kita semua sudah pernah mendengar nama daerah ini. Di identik dengan kebudayaan dari leluhur yang sangat kental serta keindahan alamnya yang sangat memukau.

            Toraja dengan kebudayaan yang sangat kuat , sehingga sampai saat ini masih sering di jumpai salah satunya yaitu Tari Pa’Gellu . Tari Pa’Gellu merupakan  tarian tradisional masyarakat suku Toraja,tarian ini bersifat hiburan serta dibawakan oleh beberapa penari wanita dan di iringi oleh musik tradisional yang khas. Mungkin kalian yang tinggal di sulawesi selatan sudah sering atau pernah mendengar nama tarian ini ataubahkan melihatnya, karena tarian ini  biasanya akan di tampilkan di acara-acara seperti penyambutan, pernikahan, pesta rakyat dan masih banyak lagi.

          Mungkin sobat osc pernah berpikir, apasih maksud atau makna dari tarian ini! Nah berbicara mengenai makna dari tarian Pa’Gellu ini itu dapat dilihat dari cara penari penari wanita mengerakkan tangan dan kakinya serta ekspresi yang perlihatkan saat sedang menari. Bagi masyarakat Toraja, tarian ini dimaknai  sebagai ungkapan rasa syukur akan kebahagiaan yang telah didapatkan. Hal tersebut terlihat dari ekspresi para penari dengan wajah penuh senyum yang melambangkan keceriaan dan kegembiraan.

         Bagi sobat osc yang pernah menyaksikan pertunjukan tarian ini secara lansung, mungkin melihat sebuah alat musik yang dimainkan untuk mengiringi penari-penari tersebut. Alat musik tersbut merupakan alat musik tradisional berupa gendrang khas Toraja.  Nah di gendrang ini juga biasanya  salah satu penari  menari diatas gendrang tersebut dan  ini merupakan salah satu ciri khas dari Tari Pa’Gellu.

7

          Selain Gendrang yang menjadi ciri khas dari tari Pa’Gellu , yang menjadi ciri khas dari tarian ini yaitu kostum yang dikenakan oleh penari –penari. Kostum tersebut merupakan busana adat dari Toraja dan juga ditambahkan dengan aksesoris-aksesoris khas Toraja.

Terimah kasih telah membaca artikel ini semoaga pengetahuan kita mengenai budaya indonesia semakin bertambah, serta jangan lupa like dan share artikel ini.

Sember gambar : tikapasamman

  121 Views    Likes  

banner
GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

previous post

Sejarah Rafflesia arnoldii, Bunga Raksasa dari Bengkulu
GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

next post

GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

related posts