banner

Tempat Menarik di Kota Pontianak

Hai Sobat OSC. Adakah dari kalian yang sudah pernah berkunjung ke Kota Pontianak? Di Pontianak ada apa aja sih?

Pontianak dikenal sebagai kota Khatulistiwa karena dilewati oleh garis Khatulistiwa yang membelah bumi menjadi 2 bagian. Pontianak terletak di Provinsi Kalimantan Barat, dan sekaligus merupakan ibu kota provinsi. Banyak orang bilang di Pontianak itu panas. 

Kebetulan aku tinggal di Pontianak. Nah, disini aku mau kasi tau beberapa tempat menarik yang terdapat di Kota Pontianak. Yuk,disimak...

 

1. Tugu Khatulistiwa

Ini adalah tugu yang sangat dikenal oleh banyak orang, Tugu Khatulistiwa. Tugu ini terletak dipinggir kota Pontianak. Tugu ini terdiri dari 4 pilar yang terbuat dari kayu belian dan ada tulisan AVENAAR pada dua pilar belakang. Yang kalian llhat diatas merupakan Tugu Khatulistiwa palsu. Yang asli berada didalam bangunan Tugu Khatulistiwa. Ini dimaksudkan untuk menjaga tugu yang asli dari kerusakan. 

Selain itu, didalam bangunan tugu terdapat musium dan toko souvenir. Untuk masuk ke sini, kalian tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

sumber gambar: indonesia.travel

2. Keraton Kadriah

Keraton ini dibangun oleh sultan pertama Pontianak yaitu Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie pada tahun 1771 Masehi. Keraton ini berada di jalan Tritura Kota Pontianak, didekat jembatan Kapuas. Bangunan ini didominasi oleh warna kuning dan terbuat dari kayu belian yang biasa disebut sebagai kayu besi oleh masyarakat sekitar. 

Di halaman terdapat meriam peninggalan penjajah dan dibagian dalam kalian dapat menjumpai singgasana kerajaan, lukisan, foto-foto kerajaan dan berbagai benda milik sultan.\

Sumber gambar: Backpacker Jakarta

3. Rumah Betang panjang radakng Khas Suku Dayak

Rumah Betang atau Radakng ini merupakan rumah tradisional milik suku Dayak. Disebut rumah betang panjang karena rumah ini memang panjaaaaaang. Panjang bangunan ini mencapai 138meter dengan lebar 5 meter. Untuk naik keatas kalian dapat melewati tangga yang terbuat dari batang pohon utuh. Sebagian besar rumah ini terbuat dari kayu ulin dengan hiasan khas suku Dayak.

Rumah Radakng sengaja dibangun oleh pemerintah Kota Pontianak di pusat kota, tepatnya di jalan Sultan Syahrir, Kota Baru, Pontianak untuk menjadi ikon dan tempat wisata. Tempat ini juga seringkali digunakan sebagai tempat pertunjukan tari.

Sumber gambar: Amazing Borneo Indonesia

4. Taman Alun Alun Kapuas

Alun alun ini terletak tepat didepan Kantor Walikota Kota Pontianak, di jalan Rahadi Usman dan berada di pinggiran sungai Kapuas. Taman ini memiliki luas sekitar 3 hektar dengan sebuah replika Tugu Khatulistiwa di salah satu sisinya. 

Tempat ini menjadi tempat nongkrong warga sekitar maupun wisatawan yang datang. Biasanya pada malam hari, tempat ini akan ramai dengan orang-orang. Disini juga terdapat pertunjukan air mancur yang menarik. Kemudian kita bisa berdiri di tepian sungai Kapuas sambil menikmati pemandangan sungai ini.

Sumber gambar: Kompasiana

5. Aloe Vera Center

Siapa sih yang ga tau tanaman lidah buaya? Di Aloe Vera Center, kalian akan menemukan banyak sekali tanaman lidah buaya. Tempat ini merupakan tempat budidaya lidah buaya yang terletak di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak.

Disini kita bisa menemukan lidah buaya dengan ukuran raksasa, yang satu pelepahnya saja bisa seberat 1,2kg. Kita juga bisa melihat proses pengolahan lidah buaya menjadi berbagai macam makanan, seperti dodol, permen, jelly, dan lainnya yang tentu saja boleh kalian beli untuk dibawa pulang. Selain itu, tumbuhan satu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai krim kulit loh.

Sumber gambar: Homestay Pontianak

Nah, itu dia beberapa tempat menarik yang ada di Kota Pontianak. Tapi selain itu, masih banyak lagi loh tempat menarik yang bisa kita kunjungi saat berada di Kota Pontianak, seperti Musium Kalimantan Barat, Tugu Digulist, Taman Makam Kesultanan, Masjid Jami dan lainnya.

  56 Views    Likes  

banner
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

previous post

Cara Mudah dan Cepat Menghafal 16 Tenses Bahasa Inggris
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

next post

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

related posts