banner

Tingkatkan Self-Confidence kamu dengan 7 hal ini!

Sebagai manusia, terutama remaja seperti kita, terkadang ada masanya kita merasa tidak percaya diri dengan diri kita sendiri, bahkan mungkin seringkali kita membandingkan diri dengan orang lain hingga bertanya pada diri sendiri, “aku worthy gak sih?” “aku bisa tidak ya seperti dia?” Kali ini, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan setiap hari untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu!

 Memuji Diri Sendiri Setiap Hari

Langkah awal yang terlihat simple dan mungkin agak sedikit aneh tapi terkadang kita lupa dengan hal ini. Iya, memuji diri sendiri adalah salah satu cara berbuat baik pada diri sendiri. Kita bisa memulainya dengan bercermin dan melihat diri kita lalu katakan, “hari ini aku cantik ya.” “ternyata aku tambah manis kalau tersenyum.” Lakukan hal seperti itu setiap hari dan percaya deh! Kalian akan merasa lebih bersyukur dan lebih pede setelahnya.

      2. Berbuat Baik dan Tebarkan Aura Positif

Kalau boleh jujur, ini adalah cara yang ampuh loh untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri kita. Hal sederhana seperti menyapa orang, memberi makan kucing di jalan, dan membantu orang menyebrang jalan secara tidak langsung memberi kesenangan dan aura positif bagi diri sendiri dan orang lain sehingga membuat kepercayaan diri kita meningkat.

      3. Don’t Let Other People Define your Self-Worth  

Seringkali, orang-orang sekitar menjadi alasan utama kenapa kita merasa kurang percaya diri. Terlebih perkataan orang yang kadang membuat kita sakit hati. Percaya deh bahwa kita semua worthy! Jangan sampai kita kalah dengan perkataan buruk orang lain mengenai diri kita yang bahkan sama sekali tidak ada gunanya.

      4. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Kebiasaan yang satu ini perlu kalian hentikan, Guys. Kita terlahir dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Mungkin tanpa sadar kita sering bertanya-tanya, “dia kok hebat banget ya?” “kenapa sih aku enggak bisa seperti dia?” atau bahkan, “aku gak bakalan bisa deh kayak dia.” Pertanyaan seperti ini yang membuat kita lupa dan tidak bisa mencari kelebihan diri kita karena terfokus pada kelebihan dan pencapaian orang lain. Kita terlahir dengan bakat dan minat yang berbeda-beda, bukan? Teman kita mungkin pintar dalam bidang akademik, tapi belum tentu berbakat dalam bidang seni/olahraga sepertimu atau sebaliknya.

      5. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Yap! Penampilan adalah salah satu kunci kita merasa percaya diri setiap harinya. Dengan menggunakan pakaian yang nyaman dan sesuai gayamu sendiri akan sangat membuat mood kita naik dan tingkat kepercayaan diri pun meningkat. Gunakan outfit yang membuat kamu nyaman dan merasa keren ya!

      6. Selalu Ingat Bahwa Media Sosial bukan Kehidupan Nyata

Pengaruh media sosial saat ini bisa dikatakan sangat berpengaruh pada rasa kepercayaan diri seseorang. Terkadang kita masih sering berpatokan pada media sosial dimana jelas bahwa kehidupan semua orang dengan kehidupan nyatanya sangat berbeda. Apa yang kamu lihat di media sosial hanya yang bagus-bagusnya saja dari orang lain seperti prestasinya, pencapaiannya, kehidupan mewahnya dan lain sebagainya. Pasti ada hal buruk atau banyak kegagalan dibelakang itu semua. Kita tidak perlu merasa tidak percaya diri dengan itu semua karena jalan hidup setiap manusia berbeda-beda.

     7. Beri Reward Kecil untuk Diri Sendiri

Terakhir, berikan beberapa reward atau apresiasi pada dirimu sendiri karena sudah melakukan hal-hal kecil. Seperti membeli es krim kesukaanmu karena hari ini sudah membantu orang menyebrangi jalan, melakukan perawatan diri karena kamu sudah bangun lebih pagi selama satu minggu, dan sebagainya. Merayakan “pencapaian” kecil dalam keseharian adalah cara yang menyenangkan untuk membangun kepercayaan diri.

 

 

 

 

 

  90 Views    Likes  

banner
TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

previous post

Pelajar Jangan Down dari Pandemi
TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

next post

TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

related posts