Tips Agar Smartphone Lebih Awet

Halo lagi!

Kali ini saya ingin memberikan suatu informasi tentang HP atau smartphone. Tentunya bukan menjelaskan tentang definisi lengkap atau sejarah smartphone. Tapi, memberikan beberapa tips agar smartphone tahan lama. Banyak sekali orang-orang disekitar kita yang smartphone nya cepat rusak padahal tidak sampai 1 tahun setelah beli baru. Oleh karena itu, saya di sini akan memberikan beberapa tips yang berguna bagi anda pengguna smartphone.

1. Jangan Mengecas Samrtphone terlalu lama

Ini adalah hal utama yang perlu diperhatikan, karena banyak orang yang melupakan hal ini atau menganggap hal ini sepele. Padahal jika terlalu lama mengecas, akan terjadi overcharging yang dapat menyebabkan baterai mengembung. Memang seperti tidak berasa walau telah dilakukan beberapa hari. Tapi jika terus dilakukan lama-kelamaan akan terasa bagian belakang smartphone sedikit membesar dan baterai jadi cepat habis dari sebelumnya. Maka dari itu, berhentilah mengecas jika baterai sudah 100%, dan jangan mengecas semalam ditinggal tidur.  

2. Hindari Penggunaan Aplikasi Yang Terlalu Berat

Tidak semua aplikasi dapat digunakan oleh semua smartphone karena semua smartphone memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Jadi, jika suatu smartphone tidak memungkinkan untuk menggunakan suatu aplikasi yang berat. Maka jangan paksa untuk menggunakan aplikasi itu. Seperti, smartphone edisi lama RAM 2 tapi digunakan untuk bermain Genshin Impact. Memang masih bisa dimainkan, tapi aplikasi tidak akan berjalan dengan baik dan lancar. Juga akan berdampak buruk bagi smartphone karena akan terjadi overheat yang dapat merusak sistem dan perangkat lunak di dalam smartphone. Jika terjadi overheat, segera istirahatkan smartphone sampai dingin kembali.  

3. Jangan Terlalu Sering Mengecas

Makssudnya di sini adalah jangan selalu mengecas setelah selesai memakai smartphone. Apalagi kalau cuma memakai selama 10 menit lalu dicas lagi, terus dicabut lagi. 20 menit kemudian, di cas lagi, dan seterusnya. Itu dapat menyebabkan konektor charger menjadi cepat longgar. Sesekali biarkanlah smartphone mu istirahat tanpa dicas setelah memakainya.  

4. Jangan Digunakan Sambil Mengecas

Ini sangat sering dan bisa kita lihat dimana saja. Karena alasan kebanyakan orang melakukan ini adalah tidak sabar menunggu baterai terisi penuh. Makanya mereka ingin langsung menggunakannya walaupun masih dalam keadaan mengecas. Hal ini dapat membuat smartphone cepat panas dan terjadi overheat. Juga menyebabkan baterai cepat melembung.  

5. Taruh Smartphone di Tempat Yang Bersih

Debu, kotoran, atau semacamnya dapat membuat performa smartphone menurun atau tampilan smartphone menjadi buruk dan terlihat jelek, karena debu bisa masuk ke sela-sela smartphone atau menempel pada smartphone. Tanpa disadari itu akan merusak layar smartphone dan tubuh smartphone yang membuatnya jadi tidak nyaman digunakan. Makanya, taruh smartphone di tempat yang bersih, termasuk saat mengecas.  

6. Gunakan Case Tambahan

Case tambahan dapat melindungi dan memperkuat tubuh smartphone terutama saat terjatuh atau terbentur. Case juga dapat melingungi smartphone dari debu atau kotoran. Dengan menggunakan case, smartphone jadi lebih nyaman dipakai. Tapi ada satu hal yang diperhatikan saat memakai case tambahan. Jangan memakai smartphone sampai terlalu panas atau overheat karena hampir tidak ada ventilassi udara saat menggunakan case. Maka dari itu, gunakanlah case yang memiliki ventilasi dibagian dalamnya atau belakangnya.  

7. Lapisi Layar Dengan Tempered Glass

Tempered Glass ,adalah pelindung layar smartphone yang terbuat dari kaca dengan berbentuk lembaran. Memang tipis, tapi dapat melindungi layar dari debu ataupun goresan yang dapat menyebabkan LED atau touchscreen gagal fungsi. Makanya penting untuk menggunakan tempered glass. Jika tempered glass sudah terlihat usang, harus diganti lagi dengan yang baru.  

8. Hindari pemakaian Yang Berlebihan

Terlalu lama memakai smartphone tanpa adanya waktu istirahat dapat menyebabkan smartphone menjadi overheat dan menyebabkan performa atau sistem smartphone melemah. Maka dari itu, jangan gunakan smartphone dari baterai 100% sampai di bawah 5% tanpa henti. Tidak hanya merusak smartphone, tapi juga merusak kesehatan (terutama mata). Seperti halnya manusia, smartphone juga butuh istirahat.  

Itulah tips-tips dari saya yang mungkin bisa berguna bagi kalian yang membacanya. Tips-tips itu juga berguna untuk membatasi waktu penggunaan smartphone agar tidak terlalu bergantung ke smartphone. Memang di zaman sekarang smartphone merupakan keberadaan yang penting, tapi ada saatnya manusia bergantung kepada orang sekitar atau kepada diri sendiri. Jika kalian melakukan semua tips-tips tersebut, mungkin smartphone kalian dapat bertahan sampai 5 tahun lebih dengan keadaan yang masih baik. Walau mungkin performa smartphone sudah menurun karena dampak umur penggunaan. Tapi tampilan smartphone akan terlihat maih seperti baru.

Terimakasih telah membaca! Sampai jumpa lagi!

Image Source: thejakartapost.com

  2 Views    Likes  

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

previous post

Bingung pilih Bahasa Pemograman apa? Yuk simak 6 pilihan terbaik di 2021(part 1)
Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

next post

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

related posts