Tips Agar Tugas Tidak Menumpuk Sampai minggu Depan

Halo Lagi!

Kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang bisa berguna bagi siswa atau mahasiswa. Sekarang ini, hampir semua sekolah atau universitas masih melaksanakan sekolah atau kuliah secara daring. Memang jadwalnya lebuh sedikit dai pada sebelumnya saat pembelajaran tatap muka. Tapi karena itu tugas yang diberikan menjadi banyak. Melihat tugas yang banyak itu membuat para siswa atau mahasiswa menjadi malas untuk mengerjakan, dan akhirnya tugas menumpuk sampai waktu deadline. Akhirnya tugas tidak terselesaikan dan tidak mendapatkan nilai tugas. Oleh sebab itu, saya memiliki beberapa tips agar hal itu tidak terjadi:

1. Mandi dan Sarapan dahulu Sebelum Kelas Dimulai

Mandi pagi dan sarapan dapat memperhemat waktu luang atau istirahat saat pembelajaran dimulai. Mandi pagi juga dapat memberikan energi agar tetap bugar dan tidak mengantuk saat pembelajaran.  

2. Memanfaatkan Waktu Luang

Karena sudah mandi pagi dan sarapan, waktu luang saat selesai kelas atau sebelum kelas selanjutnya dimulai dapat digunakan untuk mengerjakan tugas. Tugas yang baru didapat langsung dikerjakan saat waktu luang, walau deadline tugas itu masih minggu depan.

Pasti ada waktu istirahat atau kosong setelah kelas selesai. Karena sudah memasuki sesi sekolah atau kuliah, maka dibuat hanya fokus ke pembelajaran. Tapi bukan berarti melupakan waktu penting seperti sholat maupun makan siang. Kalau sesi pembelajaran selesai, bisa digunakan waktu istirahat sepenuhnya atau tetap mengerjakan tugas jika tugasnya masih banyak.

Kalau memang sudah tidak ada tugas lagi atau tugas sudah selesai semua, waktu luang tersebut bisa digunakan belajar, bermain, atau mengerjakan perkerjaan rumah. Kalau saya sih lebih digunakan untuk bermain jika tugas memang sudah selesai semua, agar dapat merelaksasikan pikiran.  

3. Meluangkan Waktu Malam

Maksudnya bukan meluangkan waktu malam untuk mengerjakan tugas, tapi untuk waktu istirahat atau waktu pribadi. Setelah memasuki waktu maghrib, alangkah baiknya tidak lagi memikirkan tentang sekolah atau kuliah. Gunakan waktu malam untuk bersantai. Hal ini untuk mencegah timbulnya rasa stress.

Jika ada kelas yang dilaksanakan di malam hari, lebih baik minta pengajuan untuk merubah jadwal kuliah itu. Kalau tidak bisa, waktu kosong paling banyak dapat digunakan waktu santai selain malam. Tapi tetap waktu malam masih bisa dipakai waktu santai.  

4. Menggunakan Sedikit Waktu Saat Hari Libur

Waktu libur yang saya maksud disini bukanlah hari minggu, tapi hari lain jika pembelajaran hanya 3-5 hari perminggu. Di hari libur itu dapat diluangkan waktu sebentar entah itu pagi, siang, atau sore untuk mengerjakan tugas. Bisa langsung menyelesaikan semua tugas jika tugasnya sedikit. Kalau tugasnya banyak, saya sarankan hanya menyelesaikan 1-2 tugas. Karena hari libur lebih baik meluangkan banyak waktu untuk santai, tapi bukan berarti melupakan semua tugasnya.  

Itulah beberapa tips dari saya agar tugas tidak menumpuk sampai minggu depan. Memang jika memakai tips ini, saat kuliah nanti rasanya akan lebih berat. Tapi itu dapat meringankan beban tugas anda dan bisa mendapatkan nilai raport yang baik. Hal ini juga untuk meluangkan penuh hari minggu anda. Di hari minggu dapat bersantai-santai tanpa memikirkan tugas karena tugasnya sudah selesai semua. Kalau dipikir-pikir lagi hasilnya cukup memuaskan, bukan?

Apalagi kalau tugas sudah selesai semua sebelum hari jum’at maupun sabtu. Bakal dapat waktu santai selama 3 hari, dan itu benar-benar memuaskan hati. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencoba tips-tips di atas. Saya juga melakukan tips-tips itu dan hasilnya hari minggu saya selalu kosong tanpa tugas.  

Terimakasih telah membaca! Sampai jumpa lagi!

Image source: iqt.unida.gontor.ac.id

  643 Views    Likes  

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

previous post

Bingung pilih Bahasa Pemograman apa? Yuk simak 6 pilihan terbaik di 2021(part 1)
Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

next post

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

related posts