Tips Anti Gugup Saat Interview

Setiap orang pasti pernah merasa gugup ketika akan melakukan interview. Perasaan senang akan peluang untuk mendapatkan pekerjaan bercampur aduk dengan perasaan takut akan salah ngomong atau takut gagal.

Gimana sih cara mengatasinya? Yuk simak penjelasan berikut

1. Cari tau mengenai perusahaan

Salah satu hal yang bisa kita siapkan adalah mencari tahu seluk beluk perusahaan seperti kultur budayanya, produk/jasa perusahaan tersebut apa aja, visi misi, pesaing, dan lain sebagainya. Hal ini penting untuk menyesuaikan ekspektasi dan meningkatkan motivasi kita untuk bisa bekerja di perusahaan yang akan mewawancarai kita.

2. Berpakaian yang rapih

Semakin rapi pakaian kamu untuk interview, maka hal tersebut akan meningkatkan self confident yang kamu miliki. Tips berpakaian untuk kamu, kamu bisa menggunakan kemeja dan celana bahan atau rok bahan yang rapih. Berusahalah membuat first impression yang bagus untuk sesi wawancara tersebut.

3. Cari tau pertanyaan yang sering ditanyakan berikut jawabannya

Meskipun pertanyaan interview bisa berbeda-beda, namun kamu bisa mempelajari pertanyaan-pertanyaan umum yang sering ditanyakan seperti kelebihan dan kekurangan, alasan ingin bekerja di perusahaan tersebut, dan sebagainya. Jangan lupa siapkan jawabannya supaya kamu tidak keluar jalur ketika menjawab pertanyaan tersebut.

Pelajari cara menjawabnya, bukan menghafal pertanyaannya.

4. Rekam suara kamu untuk Latihan

Kamu bisa berlatih sendiri dengan cara merekam suara kamu ketika menjawab pertanyaan interview. Tujuannya adalah untuk membuat kamu semakin terbiasa ketika berbicara dan menjawab pertanyaan.

Kita gugup karena kita belum terbiasa untuk melakukan itu. Jadi, yuk perbanyak latihan.

5. Latihan dengan teman paling tidak 2-3 jam sebelum interview

Ajak temanmu untuk berlatih interview 1-on-1 dengan dia menanyakan pertanyaan yang biasanya ditanyakan. Kamu akan mendapat input dari teman kamu dan bisa mempersiapkan diri lebih matang untuk bertatap muka dengan pewawancara.

6. Minta doa dan positif thinking

Minta doa dan restu akan membuat hati kamu menjadi lebih tenang. Selalu positif thinking bahwa kamu dapat menghadapi interview dengan lancar, apapun proses dan hasilnya nanti.

Sumber: Kinobi

  69 Views    Likes  

APA ITU SPK DAN MENGAPA SINDROM INI DAPAT MERUSAK PENGLIHATAN ?

previous post

Jurus jitu terhindar dari kebohongan orang lain di dunia sosial
APA ITU SPK DAN MENGAPA SINDROM INI DAPAT MERUSAK PENGLIHATAN ?

next post

APA ITU SPK DAN MENGAPA SINDROM INI DAPAT MERUSAK PENGLIHATAN ?

related posts