TIPS BELAJAR SEDIKIT DAN WORTH IT!

Saat ini banyak sekali media untuk memudahkan kita dalam  belajar. Tapi kita selalu berpikir belajar itu berat dan melelahkan bahkan kita lebih memilih untuk menghabiskan waktu untuk mengakses media sosial hingga berjam-jam. Karena hal tersebut, aku mau bagi sedikit tips nih untuk anak muda agar tertarik dan berpikir belajar itu mudah dan menyenangkan,belajar sedikit tapi tidak mudah lupa.

1.Pilih Waktu Yang Tepat Untuk Belajar Dan Hindari Distraksi

Mulailah belajar dipagi hari ketika otak masih fresh memudahkan otak menerima hal yang baru saja dipelajari. hindari distraksi agar belajar lebih efektif. Belajar 30 menit tanpa distraksi lebih bagus daripada belajar satu jam lebih tapi diselingi dengan bermain handphone dan distraksi lainnya.

2. Pakai Metode Belajar Feynman!

Metode feynman ditemukan oleh richards feynman

Pilih topik yang akan dipelajari          Pelajari dan pahami            Catat point penting dengan bahasa kita sendiri           Ulang pelajaran dan ajarkan kepada orang lain.  Ketika belajar pahami dan buat ringkasan dengan bahasa kita sendiri

 Supaya memudahkan dalam mengingat catat point penting dan berikan sedikit penjelasan dengan bahasa kita sendiri. Bisa buat catatan semenarik mungkin agar kita mudah memahaminya.

Ulang pelajaran dengan mengingat point pentingnya

ulas kembali pelajaran tersebut dan ingat point-point penting yang telah dicatat jabarkan dengan bahasa sendiri, dan lebih bagus lagi kalau kita sampaikan dan diskusikan kepada orang lain.

 

Sumber referensi:

Brainacademy,4 juni.2021,  https://www.brainacademy.id/blog/teknik-belajar-richard-feynman

Sumber gambar:

canva

https://bangsaid.com/2016/12/belajar-dari-crayon-sinchan.html/amp

  46 Views    Likes  

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

previous post

Perjalanan menjadi awardee beasiswa OSC 2020
BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

next post

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

related posts