Tips Buat Kamu yang Ingin Memulai Magang

     Halo Sobat OSC, Taufiq disini seperti biasa di tulisan-tulisan yang bermanfaat lainnya. Hari ini saya kembali mendapatkan kesempatan untuk menulis lagi sambil menunggu semester baru dimulai, ohiya bagaimana liburan teman-teman semua? Apakah sudah siap untuk menyambut semester baru? Atau ada yang tetap produktif dengan mengikuti program magang? Ngomong-ngomong soal magang disini Taufiq akan memberikan sedikit tips untuk sobat OSC yang ingin mulai mengikuti program magang, disimak yaaa.

     Dilansir dari beberapa sumber, magang atau internship adalah upaya dalam pelatihan kerja, biasanya magang dikerjakan oleh mahasiswa pada tingkat akhir, tugas dari magang pada umumnya menjadi salah satu syarat utama dalam memenuhi SKS kalian yang diberikan dalam universitas masing-masing. Syarat periode yang ditentukan berbeda-beda tergantung instansi dan pihak universitas.

     Pada aktivitas magang biasanya mahasiswa akan diberikan jobdesk yang menyerupai karyawan full time tetapi dengan bobot pekerjaan yang berbeda. Karena inilah banyak dikalangan mahasiswa yang menjadikan program magang sebagai pelatihan dan simulasi untuk dunia kerja ketika telah lulus nanti. Ada beberapa instansi yang juga memberikan gaji kepada mahasiswa magang. Meskipun pekerjaan yang diberikan tergolong ringan, kamu harus tetap berusaha untuk professional di pkerjaan kamu selama magang, jika kamu bisa melakukannya maka biasanya perusahaan akan menawarkan kamu untuk bekerja dan menjadi pegawai tetap saat lulus kuliah nanti. Sangat menguntungkan bukan? 

 

 1. Mengikuti Peraturan di Perusahaan

     Yang paling pertama dan utama adalah mengikuti aturan yang diterapkan di perusahaan tempat kamu magang, agar bisa mengikuti magang dengan baik, kamu bisa menanyakan perihal aturan perusahaan kepada pihak HRD ketika sudah diterima untuk mengikuti magang seperti misalnya dresscode yang dipakai, agenda perusahaan dll. Dengan begini, kamu sudah bisa mengetahui peraturan peusahaan dengan baik meskipun biasanya di hari pertama diberi kelonggaran untuk beradaptasi.

 

2. Berpakaian yang Rapi

     Disaat memasuki lingkungan baru dan bertemu orang-orang baru, penampilan mu akan menjadi sampul utama sebagai penilaian kualitas kamu, maka karena itu meskipun sederhana, berpakaian yang rapi menjadi lomptan pertama yang bagus untuk memulai magang kamu. Ingat! first impression itu penting.

 

3. Bekerja Dengan Totalitas

     Saatnya memasuki inti dari magang ini, yup bekerja. Meskipun kamu hanya diberikan pekerjaan yang lebih ringan dari karyawan lain, tetapi kamu harus tetap totalitas dan bersungguh-sungguh dalam melakukan tugasmu. Bekerjalah dengan sepenuh hati dengan menggunakan seluruh kemampuan kamu. Jika kamu sewaktu-waktu diberikan pekerjaan yang sulit dan diluar kemampuan kamu maka sebaiknya kamu jangan menolak, bersikap jujurlah dengan rekan kerja dan mulailah mempelajari apa yang tidak kamu ketahui karena pada dasarnya magang juga dapat dikatakan sebagai pelatihan untuk dunia kerja. 

 

4. Berbaur dengan Karyawan Lain

     Berpakaian rapi sudah, Bekerja bersungguh-sungguh juga sudah. Jangan lupa untuk bergaul dengan karyawan lain, hal ini tentunya tidak kalah penting karena selain untuk membuatmu nyaman bekerja hal ini juga menjadi nilai plus untuk kamu setelah magang. Di akhir magang biasanya manager akan menanyakan bagaimana sikap kita terhadap karyawan lain sebagai penilaian, oleh karena itu berbaur dengan karawan lain sangat bermanfaat. Di samping itu, hal ini juga sangat diperlukan untuk menambah relasi untuk meningkatkan jenjang karir kamu kedepan tentunya.

     Magang merupakan momen penting di masa perkuliahan kamu, maka karena itu kamu harus bersungguh-sungguh untuk menjadi yang terbaik didalamnya. Dengan mengikuti tips-tips ini, semoga membantu teman-teman OSC semua bagi yang ingin mengikuti program magang sampai jumpa ditulisan berikutnya dan enjoy liburannya ya!

 

Muhammad Taufiqul Hidayat

Universitas 17 Agustus 1945

 

 

Referensi

https://sarjanaekonomi.co.id/magang/

https://www.freepik.com/free-photo/top-view-person-writing-laptop-with-copy-space_10570571.htm#query=internship&position=31&from_view=search

https://www.rasmussen.edu/student-experience/college-life/6-most-important-internship-tips/

  28 Views    Likes  

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

previous post

Mengenal Kampus Almamater Para Idol Kpop, Dari Anggota BTS hingga Seventeen.
Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

next post

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

related posts