banner

TIPS DAN TRIK MENULIS ESAI

Tips dan Trik Menulis Esai

Hallo,……. Temen-temen

Kali ini aku akan kasih tips dan trik menulis esai. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) esai adalah suatu karangan prosa yang membahas suatu masalah secara pintas melalu sudut pandang pribadi penulisnya[1]. Dalam dunia perkuliahan esai sering menjadi tugas dari mata kuliah. Ada beberapa tips dan trik untuk menulis.

1. Tentukan tema yang akan dibahas. Menentukan tema apa yang akan dibahas hal ini berguna untuk mempermudah cakupan apa saja yang akan dibahas.

2. Membuat kerangka esai dengan metode IRAC

Issue : Tema yang akan dibahas

 Rules : Dasar argument untuk menguatkan analisis. Misalnya dalam menulis esai hukum maka Rulesnya adalah peraturan perundang-undangan ataupun bunyi pasal. Dari sini rules yang digunakan untuk pisau analisis

 Analisys: Opini atau asumsi penulis

 Conculision : Kesimpulan dari tema yang dibahas

 3. Lakukan riset untuk memperdalam materi. Cari bahan dari sumber yang kredibel seperti buku, jurnal ilmiah dan  tesis. (dapat diakses dilaman neliti.co)

4..Jangan sekali-kali menggunakan bahan yang berasal dari Wikipedia maupun blog orang karena belum tentu kredibitiasnya.

4. Lakukan paraf prahse. Jangan asal COPAS !!!!!! Jangan sekali-kali PLAGIAT !!!!!!! karena hal ini dapat merusak etika akademi.

Nah……itu beberapa tips dan trik dari aku semoga bermanfaat ………

 

 

[1] Esai, https://kbbi.web.id/esai  diakses pada  03 Maret 2020 , 21.24 WIB

  37 Views    Likes  

banner
GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

previous post

Sejarah Rafflesia arnoldii, Bunga Raksasa dari Bengkulu
GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

next post

GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

related posts