Tips Manajemen Waktu Untuk Memaksimalkan 24 jam Dalam Satu Hari

Pernahkah kamu merasa jika 24 jam dalam sehari itu masih kurang?

Contohnya ketika kamu mengerjakan tugas dari dosen, tapi setelah sudah lama dikerjakan seharian, ternyata tugas belum berkembang secara signifikan. Padahal ada banyak tugas lain yang seharusnya kamu kerjakan hari ini, seperti tugas dari dosen lain, rapat organisasi, webinar, asistensi tugas besar dan sebagainya.  Apalagi jika kamu rasa semua kegiatan atau tugas itu penting, dan kamu hanya punya waktu 24 jam untuk mengerjakan itu semua.

Hal ini mungkin akan membuatmu bingung untuk memprioritaskan tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu, dan tugas mana yang bisa dikerjakan kemudian. Selain itu, kamu pun merasa ragu untuk menyelesaikan semuanya dalam 24 jam. Padahal ketika kamu lihat teman-teman kamu,  ternyata mereka bisa mengerjakan banyak hal dan hasilnya bisa maksimal. Kalau begitu, mungkin ada yang harus diubah dari manajemen waktumu.

Kunci manajemen waktu yang baik adalah seberapa kuat motivasi kita dalam mengatur waktu. Berikut adalah tips manajemen waktu supaya kamu tetap termotivasi untuk produktif di tengah kesibukan kamu saat ini dan supaya bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Mungkin kamu sudah membuat jadwal sehari-hari, tetapi masih saja tetap banyak hal yang terlewat, atau tertunda karena tidak sempat kamu kerjakan. Ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan.  Solusi pertama adalah dengan membuat jadwal yang lebih spesifik dalam bentuk checklist. Tulislah kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan dan batas waktunya.

Lalu Solusi kedua adalah, disamping jadwal kegiatan tersebut, buatlah kotak kecil disamping masing-masing kegiatan sebagai tempat untuk checklist jika kegiatan sudah dilakukan. Biasanya, ada rasa puas dan lega ketika kita men-checklist kegiatan-kegiatan yang ada di jadwal itu. Hal ini akan menambah semangat untuk menyelesaikan tugas-tugas yang lain.

Dan solusi ketiga adalah berilah reward (hadiah) kepada diri sendiri. Setelah semua kegiatan selesai sesuai dengan batas waktunya, kamu bisa gunakan waktu yang ada untuk istirahat atau hiburan. Contohnya seperti menonton serial favoritmu, makan camilan, atau tidur lebih cepat. Kita cenderung melakukan tindakan yang menghasilkan dampak positif, karena dengan itu kita akan dengan senang hati melakukannya lagi.

Mengatur jadwal memang tidak mudah, oleh karena itu kita harus membiasakan diri untuk mengasah keahlian kita dalam mengatur waktu. Dengan manajemen waktu yang baik, 24 jam akan terasa cukup untuk menyelesaikan semua kegiatan kita.

 

Sumber gambar : forbes.com

  754 Views    Likes  

SOFT SKILL YANG HARUS KAMU MILIKI!!!

previous post

Jadi Mahasiswa Aktif : Tips Sukses di Perkuliahan
SOFT SKILL YANG HARUS KAMU MILIKI!!!

next post

SOFT SKILL YANG HARUS KAMU MILIKI!!!

related posts