banner

TIPS MEMILIH PERGURUAN TINGGI DAN JURUSAN FAVORIT

Hai Sobat OSC, gimana ? Ada yang masih pusing buat menentukan jurusan dan perguruan tinggi pilihan ? Jangan bingung jangan sedih yuk ikuti tipsnya

1. Tentukan Target atau Tujuan

Langkah pertama yang amat penting untuk diperhatikan adalah menentukan target dan tujuan. Sebaiknya kalian harus mulai memikirkan, menilai dan menimbang beberapa pilihan yang terbaik untuk kalian ambil sebagai masa depan kalian. Pilihan itu dapat kalian list mulai dari tujuan universitas, jurusan, ruang lingkup pembelajaran, hingga prospek kerja jurusan yang kalian pilih tersebut. Tentunya pilihan ini harus sesuai dengan minat dan kemampuan kalian yah guys. Intinya jurusan dan univesitas yang kita ambil tidak boleh membuat kita menyesal di kemudian hari. 

2. Ukur Kemampuan Diri

Setelah menentukkan tujuan perguruan tinggi dan jurusan yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah mengukur seberapa besar kemampuan diri kalian pada beberapa pilihan tersebut. Bandingkan kemampuanmu di setiap pilihan dan jangan lupa pertimbangkan banyaknya peminat yang akan menjadi pesaing, serta passing gradenya ya sobat. Jika kalian rasa memungkinkan jangan ragu untuk melanjutkannya. Bersikaplah optimis dan aku yakin kalian pasti bisa.

3. Tetapkan Alternatif Pilihan atau Plan-B

Yaps hidup memang soal pilihan yah guys, benar bukan ? Didalam hidup ini terdapat banyak pilihan yang baik bagi kalian. Oleh karena itu, kita tidak boleh langsung puas dengan satu pilihan saja. Tetapkan beberapa alternative pilihan. Pilihan alternative ini tentunya sangat berguna apabila kalian gagal pada pilihan pertama. Namun tetap usahakan pilihan alternative yang kalian pilih tetap dalam batas minat kalian yah.

4. Jangan Malas Cari Informasi

Yang satu ini juga tidak kalah penting lhoo, jangan sampai perencanaan yang matang gagal hanya karena kurang informasi ya sobat. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin jauh-jauh hari sebelum menghadapi dunia kampus.

5. Stay Healthy dan Jaga Kondisi Tubuh

Ini nih salah satu hal penting yang sering dilupakan oleh kalian. Yaps hidup sehat dan menjaga kondisi tubuh. Seringkali kita focus pada tujuan dengan mengabaikan kesehatan tubuh. Belajar non stop tanpa diiringi dengan olah raga akan berdampak buruk bagi kesehatan badan kita. Sehebat apapun persiapan yang telah kalian lakukan bisa gagal bila kondisi tubuh tidak fit. So, tetap semangat dan jaga selalu kesehatan ya sobat.

Oke, semoga tulisanku ini bermanfaat yah sobat. Dan jangan lupa selalu memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga apa yang kita harapkan mendapatkan ridho-Nya. Tetap semangat dan semoga sukses !!

  66 Views    Likes  

banner
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

previous post

Cara Mudah dan Cepat Menghafal 16 Tenses Bahasa Inggris
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

next post

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

related posts