banner

TIPS MENABUNG/INVESTASI CERDAS DI USIA MUDA

Hi... Sobat ini artikel pertamaku, tujuan ku supaya kita sama-sama membangun jaringan positif dalam memberitakan informasi

Siapa sih yang tidak kenal kata "Menabung dan Invertasi?" dan umur berapa bisa melakukan ini?

Yess aku rasa teman-teman sudah tau ya artinya, etttss.. tunggu dulu, ternyata arti Investasi dan menabung beda lho teman teman, mau tau perbedaannya?

Menabung 

1. Dapat dicairkan kapan saja

2. Resiko kerugian rendah dan Keuntungan Rendah

3. Bisa digunakan dalam jangka panjang/ pendek

Investasi

1. Pencairan membutuhkan waktu

2. Resiko kerugian tinggi & Keuntungan lebih besar

3. Memutar uang untuk mendapatkan keuntungan lebih (biasanya dalam jangka panjang)

Setelah tau perbedaannya, langkah apa yang mau kita lakukan? apakah umur jadi kendala? TIDAK !

siapapun, umur berapapun bisa menabung / invertasi

"Jangan Tunggu uang/penghasilan banyak baru menabung, tetapi seberapapun yang kita punya, sisihkan itu sebagai tabunganmu"

Apakah invertasi harus punya uang banyak? Jawabannya "TIDAK" sudah banyak Aplikasi/saham resmi yang lebih bersahabat untuk besarnya kita dapat menabung, kita pun bisa ber investasi mulai dari "10.000" rupiah , aku rasa bukan jadi penghalang buat kita untuk melatih sejak dini dalam hal menabung untuk masa depan

Menabung adalah dimana kita mengumpulkan uang dari waktu ke waktu yang dimana isinya tidak akan berkembang jika kita tidak menambahkan saldo kedalamnya, berbeda dengan menabung di Bank, jika kita menabung di bank kita akan mendapatkan bunga yang tidak terlalu besar, kita bisa mencairkan kapan saja, dan resikonya pun rendah dalam hal kerugian.

Investasi adalah proses dimana perputaran uang untuk menghasilkan keuntungan lebih dari saldo sebelumnya, misalnya deposito, emas, beli saham, reksan dana. Salah satu contoh Investasi adalah beli "emas" jadi uang kita berpengaruh pada naik turunnya harga emas.Seiring keuntungan lebih besar yang didapat, tapi resiko kerugian juga lebih besar dari menabung. Tapi teman-teman tidak perlu khawatir, sudah banyak jenis investasi yang memiliki resiko rendah dan teman-teman bisa mengetahui lebih lanjut dengan melihat situs situs Investasi yang resmi dan aman. Dan Investasi membuat uang bekerja untuk kita, bukan sebaliknya.

 

Bagaimana sih TIPS CERDAS untuk menabung / Investasi yang baik:

Baik Pekerja/ Pelajar bisa melakukan ke dua hal diatas, tapi kita juga harus pandai dalam melakukannya

1. Komitmen pada diri sendiri, tujuan dari melakukan itu untuk apa

    Tujuan setiap orang berbeda-beda, tanamkanlah pada diri masing-masing, tujuan dari tabungan itu untuk apa, dan berusahalan        komitmen dalam menjalankannya, kalian bisa memulai dari memiliki perhitungan keuangan, agar dapat menjalani dengan tidak berat.

2. Dari penghasilan/ uang jajan sisihkan terlebih dahulu untuk Tabungan, sisanya untuk pengeluaran

    Yuppsss.. Jangan sekali kali menabung hasil sisa pengeluaran kalian, tapi sebaliknya, yang harus dilakukan adalah Ambil dahulu persenan untuk tabungan kalian, sisanya untuk pengeluaran, inilah kunci sukses dalam menabung

3. Tahan diri untuk tidak membeli kebutuhan yang tidak mendesak

    Jangan jadikan gaya hidup kita jadi menjatuhkan kita, SAY NO! untuk beli barang hanya untuk gaya hidup diluar jangkauan kita, INGAT masih panjang perjalanan kehidupan kita, maka itu pandai pandailah mengatur keuangan.

4. Kenali jenis investasi/ tabungan sesuai kebutuhan dan kesanggupan kita

   Sesuaikan jenis menabung dan investasi sesuai kebutuhan kita, banyak sekali program atau jenis yang sudah dilakukan oleh lembaga resmi, dan lakukan itu sesuai kebutuhan dan keuangan yang kalian miliki, jangan memaksakan diri dengan mengikuti orang lain. Carilah info dari situs-situs resmi, situs resmi ya, bukan yang lain.

5. Jika semangat kalian menabung mulai kendor, segeralah ingat kembali tujuan kalian menabung untuk apa dan carilah video atau hal yang memotivasi kalian untuk bangkit.

Sebagai anak Indonesia yang Cerdas, kita harus bisa mempersiapkan pembekalan untuk di masa Tua nanti, mungkin kita tidak bisa merasakan hasil itu sekarang, tapi percayalah, dengan kebiasaan seperti ini, kita lebih merasa aman dalam menjalani hidup.

Tetap semangat dan optimis dalam menggapai Mimpi yang kalian harapkan, semoga artikel ini menjadi dampak positif buat diri kita dimanapun diri kita berada

Jadilah anak muda yang bisa berdampak positif bagi sekitar -

Salam Hangat,

 

    Prada

 

sumber foto: https://id.pinterest.com/pin/97320041935827156/

Keajaiban Menabung dan Investasi

  0 Views    Likes  

banner
10 Langkah Membangkitkan Kegeniusan Mengelola Uang ala Robert Kiyosaki

previous post

Gaya Hidup Sehat di tengah pandemi covid-19
10 Langkah Membangkitkan Kegeniusan Mengelola Uang ala Robert Kiyosaki

next post

10 Langkah Membangkitkan Kegeniusan Mengelola Uang ala Robert Kiyosaki

related posts