banner

tips mengirim pesan dengan baik kepada dosen via whatsApp

Hallo teman-teman OSC kali ini saya akan membahas cara mengirim pesan dengan baik kepada dosen via WhatsApp, saya rasa ini penting untuk teman-teman ketahui karena mengirim pesan kepada dosen pasti akan dilakukan via WhatApp. Dikarenakan teman-teman tidak bisa ketemu langsung dengan guru ataupun dosen, seperti saat ini teman-teman sedang mengalami social distancing. Mengirim pesan via WhatsApp saya rasa lebih sering digunkan oleh masiswa atau pun dosen.  Pesan dengan dosen yang kita anggap penting sebaiknya menggunakan tata cara yang baik dan benar agar dosen mau membalas, sesuai tujuan teman-teman. Berikut berpalangkah yang perlu teman-teman lakukan :

Pilih waktu yang tepat

Memilih waktu yang tepat adalah hal utama yang harus teman-teman lakukan karena dosen akan merasa terganggu bila teman-teman mengirim chat pada waktu yang tidak tepat. Seperti ketika saat tengah malam waktunya dosen untuk beristirahat teman-teman jangan mengirim pesan. Waktu yang tepat untuk mengirim pesan sebaiknya dilakukan pada saat siang hari yang teman-teman kira tidak mengganggu dosen.

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Berikutnya penggunakan bahasa yang baik dan benar sangant penting untuk isi pesan kepada dosen. Bahasa yang baik dan benar adalah menggunakan bahasa yang formal tidak disingkat-singkat contohnya seperti slmt, yg dan lain-lain.

Ucapan Salam sebagai pembukaan

Setiap pengiriman pesan gunakan salam sebagai kata pembukan, contoh nya “selamat pagi pak/buk” dan lain-lain. Agar pesan teman-teman sopan dan lebih menghormati dosen. Pemberian salam merupakan hal wajib yang dilakukan.

Perkenalkan diri

Perkenalan diri sangat penting untuk pesan pertama kali kepada dosen supaya dosen mengetahui siapa teman-teman. Perkenalan diri yang baik biasa nya menyebutkan nama, dan hal yang berhubungan dengan dosen tersebut misalnya kelas dan lain-lain.

Sampaikan tujuan

Setelah perkenalan diri selanjutnya menyampaikan tujuan pesan teman-teman. Menyampaikan tujuan yang baik dan benar adalah langsung kepada inti tujuan tanpa berbelit-belit, karena dosen lebih mengutamakan tujuan tanpa alasan.

Akhiri dengan ucapan terimakasih

Akhiri dengan ucapan “terimakasih pak/buk” ini juga bagian dari kesopoan teman-teman yang wajib dilakukan.

Berikut contoh isi pesan kepada dosen :

“Selamat pagi pak/buk, saya Agisius Wandra kelas TI200A. saya ingin bertanya mengenai pengumpulan tugas yang bapak/ibu berikan, apakah menggunakan file word atau pdf. Termikasih pak/buk”

Sekian cara mengirim pesan yang baik kepada dosen. Dijamin kalau teman-teman melakukan hal yang saya tulis, pesan teman-teman bakalan direspon oleh dosen. Sebaliknya kalau teman-teman melakukan pesan yang salah seperti tidak sopan dan menggangu bagi dosen, maka diri teman-teman dapat dipastikan tidak aman seperti nilai dan lain-lain wkwk. Semoga membantu, terimakasih.

  0 Views    Likes  

banner
Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

previous post

Udah yakin Lolos SBMPTN 2020?
Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

next post

Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

related posts