banner

Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama Belajar Di Rumah

Di masa pandemi ini, sebagian aktivitas dialihkan ke rumah, salah satunya yaitu pembelajaran sekolah, kita yang terbiasa bertatap muka di sekolah sekarang diharuskan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh menggunakan sistem online atau daring. Kebijakan ini dikeluarkan guna mengurangi potensi penyebaran  COVID -19. Belajar dengan metode online mengharuskan siswa untuk sering menatap layar ponsel/laptop.Oleh karena itu intensitas mata untuk menatap layar akan lebih tinggi dari biasanya. Namun perlu diingat terlalu lama menatap layar gadget, juga akan mempengaruhi kesehatan pada mata. Tentunya untuk tetap menjaga kesehatan mata kita perlu menerapkan beberapa kebiasaan baik, guna menjaga kesehatan mata kita. Berikut beberapa tips agar mata kita tetap terjaga.

Jaga jarak layar

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menjaga jarak antara mata kita ke layar, karena jika terlalu dekat dengan layar akan mengakibatkan mata tegang. Pastikan jarak mata ke layar setidaknya 50 cm.  

Atur pencahayaan

Usahakan cahaya laptop/gadget yang sedang kita gunakan lebih redup dari cahaya pada ruangan. Karena jika cahaya gadget lebih terang, membuat mata bekerja lebih keras dalam melihat.

Istirahatkan mata 

Biasanya saat mengerjakan sesuatu di depan laptop, kita seakan dibuat lupa oleh waktu, oleh karena itu kita sering lalai untuk mengistirahatkan mata. Setiap 20 menit kita perlu mengalihkan mata kita ke objek lain guna untuk mengistirahatkan mata, cukup tatap objek tersebut 20 detik, lalu lanjutkan pekerjaannya.

Kedipkan mata secara teratur 

Mata yang kurang berkedip biasanya menyebabkan mata menjadi kering. Oleh karena itu kita harus rajin berkedip karena dengan begitu akan menghasilkan air mata, yang berfungsi untuk melembapkan mata kita. Sehingga akan memberi rasa nyaman pada mata itu sendiri. 

Gunakan kacamata anti radiasi

Kacamata anti radiasi juga akan melindungi mata kita dari radiasi layar laptop yang kita gunakan. Karena dari radiasi itu dapat mengakibatkan mata kita minus. Tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati bukan. Sebelum mata kita terlanjur rusak.

Rajin mengonsumsi buah dan sayur

Menjaga kesehatan mata tidak hanya dilakukan dari luar saja, namun juga dari dalam diri kita, contohnya dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin A. Vitamin tersebut dapat menjaga kesehatan mata kita.  

Poin diatas merupakan beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata kita terlebih di masa pandemi ini. Jika dilakukan secara rutin atau sudah menjadi kebiasaan, maka mata kita akan terjaga kesehatannya. Namun jika ada beberapa keluhan sakit pada mata, langsung periksakan pada dokter, sebelum terjadi hal yang tidak diingankan. Stay safety, healthy, and happy. Terimakasih atas kunjungannya.  

  0 Views    Likes  

banner
cara Belajar Produktif & membangun motivasi belajar buat beasiswa Gimana sih ?

previous post

Cara Konsisten dalam menulis cerita pada wattpad
cara Belajar Produktif & membangun motivasi belajar buat beasiswa Gimana sih ?

next post

cara Belajar Produktif & membangun motivasi belajar buat beasiswa Gimana sih ?

related posts