Halo sobat OSC! Ada beberapa tips agar kita sukses dalam memasuki dunia kerja, salah satunya adalah dengan mematangkan skill dan keterampilan yang kita miliki, karena pada era seperti sekarang, penting bagi kita untuk memiliki skill agar peluang untuk masuk ke sebuah perusahaan akan lebih besar. Yuk simak tips berikut! Check it out!
Mematangkan skill dan keterampilan
Setiap perusahaan pasti memiliki kriteria tertentu dalam mencari karyawan dan kebanyakan karyawan yang diterima adalah mereka yang memiliki skill dan keterampilan yang beragam serta matang. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mempersiapkan diri sendiri dengan baik untuk mencari tahu hal apa sajakah yang perlu ditingkatkan. Caranya antara lain dengan mengikuti seminar, pelatihan online, atau lewat platform seperti youtube, dlI.
Mengamati lingkungan kerja yang baik
Mengamati lingkungan kerja yang baru membutuhkan kesabaran dan kerendahan hati, oleh sebab itu kemampuan dalam beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan adalah prioritas utama saat bersosialisasi dengan rekan-rekan kerja di tempat baru. Dan pastikan kehadiran kalian tidak menciptakan beban yang baru atas performa tim kerja yang sudah berjalan dengan baik.
Mempersiapkan mental dengan baik
Buatlah mental kalian sekuat mungkin, karena jika tidak maka akan mudah jatuh ketika mungkin saat sedang dimarahi oleh atasan. Siapkan mental dengan baik dan redam emosi ketika hal itu terjadi. Ketahuilah bahwa mentalitas yang tangguh dibutuhkan dalam segala hal, tidak hanya dibutuhkan dalam dunia wirausaha saja, mentalitas yang tangguh sangat dibutuhkan termasuk dalam dunia kerja. Karyawan mentalitas pengusaha adalah mereka yang dibutuhkan oleh semua perusahaan.
Mencintai pekerjaan
Untuk menghindari tekanan dan stres akibat pekerjaan, maka berusahalah belajar mencintai pekerjaan yang dimiliki sekarang. Belajar mencintai pekerjaan memang bukan hal yang mudah, terutama jika pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan minat kalian. Namun, belajarlah untuk tetap mencintainya dan cukup nikmati saja. Tanamkan dalam diri bahwa semua hal yang dikerjakan dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan merupakan suatu pembentukan dan persiapan dalam meraih sebuah hasil yang berlipat ganda pada masa mendatang. Buat komitmen mulai hari ini untuk selalu memberikan yang terbaik, apa pun yang kalian kerjakan setiap harinya.
Belajar berkomunikasi secara aktif
Salah satu kunci sukses di dalam dunia kerja adalah mau untuk terus beiajar, khususnya dalam berkomunikasi. Caranya, jangan menjadi orang yang pasif. Sebaliknya, jadilah orang yang aktif bertanya kepada rekan kerja yang lain yang lebih dulu bekerja di sana ataupun pimpinan jika kalian mengalami suatu kebingungan.
previous post
Jadi Mahasiswa Aktif : Tips Sukses di Perkuliahan