Sebagai pengguna media sosial, kita juga berperan sebagai Content Creator. Pasti pernah terbesit keiinginan untuk mendapatkan engagement rate yang tinggi atau hanya sekedar menjadi terkenal dalam lingkungan tertentu. Namun, hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Membutuhkan strategi serta ide yang menarik untuk menarik perhatian peselancar media sosial.
Dengan tujuan tersebut, kita juga harus tetap memperhatikan konten yang akan kita buat untuk menjaga nilai positif bermedia sosial. Lalu, bagaimankah caranya?
Jadikan kontenmu sebagai konten terpercaya! Konten terpercaya dalam hal ini yaitu memiliki isi dan makna positif yang menarik dan juga dapat memberikan solusi kepada pengguna media sosial lainnya.
Terdapat beberapa tahap yang harus dilakukan untuk mendapatkan engagement rate hingga berada di urutan teratas. Caranya yaitu:
1. Analisa demografi pengikut atau konsumen.
Dengan memperhatikan identitas serta minat konsumen Content Creator dapat menyediakan sarana atau solusi melalui konten yang diunggah sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi dengan audiens.
2. Riset data untuk ide dan konsep konten yang sesuai dengan minat konsumen.
Riset mengenai isu terkini di bidang yang berkaitan. konten yang sesuai dengan target audiens dapat menimbulkan ketertarikan para konsumen untuk mengikuti lebih lanjut mengenai konten yang disajikan.
3. Tetap update dengan berita terbaru.
Hal ini memiliki tujuan untuk tetap berkomunikasi dengan audiend dengan tetap memperhatikan makna dan isi konten untuk menarik perhatian audiens dengan membahas masalah atau topik yang sedang ramai diperbincangkan di media sosial.
4. Tetap menarik dengan konten yang asyik.
Dengan visualisasi yang menarik juga akan menambah minat konsumen untuk mengunjungi konten maupun akunmu. Selain menggunakan visuali, hal yang bisa ditunjukkan sebagai attraction yaitu menggunakan topik yang umumnya dibicarakan oleh publik.
5. Gunakan strategi yang tepat.
Setiap platform media sosial memiliki algoritma dengan sistemnya tersendiri. Dengan memperhatikan cara kerja suatu platform, content creator dapat menemukan cara mudah untuk membuat kontennya berada pada beranda target konsumen.
Dengan menerapkan hal tersebut, tentunya tidak akan memberikan hasil yang instan. Content Creator juga harus bisa konsisten untuk membuat nama mereka dikenal dengan spesifikasi tertentu. Melalui cara ini, content creator diharapkan untuk bisa menebarkan konten positif dan tetap bijak dalam bermedia sosial. Jadi viral memang akan dikenal, tapi apabila konten yang dikenalkan merupakan konten negatif, maka akan muncul nama negatif pada akun tersebut.
previous post
Jadi Mahasiswa Aktif : Tips Sukses di Perkuliahan