TIPS & TRIK MENDAPATKAN BEASISWA OSC

Hallo sobat OSC

Diantara kalian yang sekarang sedang membaca artikel ini mungkin siswa kelas 12 atau gapyear yang sudah mendaftar beasiswa OSC 2022. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya sebagai awardee beasiswa OSC 2021 di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, berupa tips and trik mulai dari tahap online test, pengisian berkas, dan terakhir final test.

Tips and Trick

1. Online Test

Online test adalah tahap pertama yang pasti akan teman-teman laksanakan sebagai peserta beasiswa OSC. Dalam online test setiap peserta akan mengerjakan sebanyak 50 soal pilihan berganda yang soal testnya sendiri disesuaikan oleh universitas yang teman-teman pilih, waktu pengerjaan online test sebanyak 120 menit (2 jam). Tips and trik bagi teman-teman yang akan melaksanakan online test yaitu :

Izin kepada orang tua

Izin kepada orang tua merupakan hal yang tidak bisa disepelekan, tujuan izin tersebut agar orang tua tahu dan saat mengerjakan soal teman-teman bisa lebih fokus. Selain itu teman-teman juga bisa meminta doa kepada orang tua supaya diberi kelancaran dalam melaksanakan online test.

Koneksi internet

Beasiswa OSC adalah beasiswa yang dilakukan secara online tentunya memerlukan jaringan internet dalam pengerjaannya. Pastikan dalam mengerjakan soal jaringan teman-teman baik dan stabil. Jika daerah tempat kalian tinggal sukar untuk mendapatkan sinyal kalian bisa datang ke tempat yang menyediakan WIFI misalnya teman-teman datang ke café atau warung yang terdapat wifi untuk kelancaran test yang akan teman-teman kerjakan.

Baterai laptop

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan yaitu baterai laptop, karena online test dilaksanakan selama 2 jam tentunya teman-teman memerlukan daya yang cukup agar dapat menyelesaikan soal-soal di online test. Jangan sampai laptop mati saat teman-teman sedang mengerjakan soal ya.

Pasang alarm

Agar tidak terlambat dalam melaksanakan online test teman-teman bisa memasang alarm sebagai pengingat.

Kerjakan terlebih dahulu soal yang dianggap mudah

Untuk dapat menyelesaikan semua soal teman-teman memerlukan strategi dalam mengerjakan soal-soal tersebut. Strategi yang paling mungkin teman-teman lakukan adalah dengan mengerjakan soal dari yang teman-teman anggap mudah terlebih dahulu. Dengan itu diharapkan teman-teman dapat mamaksimalkan jawaban yang dengan pilihan yang tepat dan mendapatkan nilai yang tinggi dalam online test.

2. Pengisian Berkas

       Setelah pengumuman tahap pertama, teman-teman yang dinyatakan lulus tahap online test selanjutnya mengikuti tahap dua yaitu tahap pengisian berkas. Ditahap kedua ini teman-teman akan diminta untuk melengkapi beberapa berkas diantaranya nilai rapor, SKCK, SKBN dan untuk berkas-berkas yang lain bisa teman-teman lihat di Instagram @beaiswaosc. Pada tahap ini teman-teman bisa melampirkan berkas berupa sertifikat-sertifikat yang teman-teman punya baik dalam bidang akademik maupun nonakademik untuk mendukung kelengkapan berkas. Jika sertifikat tersebut adalah sertifikat pemenang maka itu lebih baik bagi teman-teman.

3. Final Test

       Bisa dikatakan tahap ketiga ini adalah penentuan diterima atau tidaknya teman-teman di beasiswa OSC. Tahap final test ini berupa tahap wawancara (interview) secara online dan yang akan menginterview kita adalah pihak dari universitas yang kita tuju, untuk itu kita perlu mempersiapkan dengan sebaik-baiknya agar bisa maksimal pada tahap penentuan ini.

Beberapa tips dan trik untuk wawancara online beasiswa OSC :

Bertanya pada awardee sebelumnya

Bertanya kepada awardee-awardee sebelumnya dapat menjadi salah satu pilihan teman-teman agar sedikit banyaknya mendapatkan gambaran bagaimana proses interview di beasiswa OSC.

Mencari pertanyaan-pertanyaan seputar beasiswa di internet

Agar tidak bingung bagaimana cara menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pewawancara sebaiknya teman-teman cari tahu lebih dulu pertanyaan apa yang sering muncul saat tes wawancara beasiswa. Teman-teman bisa mencari info tersebut dari youtube ataupun tiktok.

 Berlatih di depan cermin

Setelah mencari dan mendapatkan pertanyaan yang sering muncul saat tes wawancara teman-teman kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi setelah itu berlatih di depan cermin agar saat tes wawancara teman-teman tidak nervous. Selain berlatih di depan cermin teman-teman juga bisa minta tolong bantuan orang lain untuk latihan wawancara, mintalah orang lain untuk seolah-olah menjadi pewawancara dengan memberikan pertanyaan kepada teman-teman agar terbiasa.

Fokus melihat ke depan

Saat wawancara dimulai pandangan mata teman-teman fokus ke depan kepada pewawancara jangan melirik ke kanan ke kiri karena itu menjadi salah satu penilaian saat wawancara.

Mengenakan pakaian yang rapi Berdoa

  46 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts