banner

(Tips) Untuk Anak Kos

Halo Sobat OSC 

Di artikel ini aku akan kasih tips nih, buat kalian para anak kos yang bingung gimana sih cara tips ala anak kos ? Oke langsung aja.

 

1. Siapkan biaya

Kita harus mulai dari biaya nya dulu teman, contoh saja sekarang akhir bulan, dan kalian harus sudah mulai menyiapkan biaya untuk 1 bulan kedepan.

 

2. Alokasikan biaya

Nah alokasi disini maksudnya kita membagi uang yang sudah kita siapkan untuk 1 bulan kedepan itu untuk apa saja. Contoh saja kalian membedakan mana uang untuk makan, untuk main, untuk belanja bulanan, dll.

 

3. Jangan memakai uang dari alokasi lain

Misal nih, kalian mau beli makan tapi kalian malah pake uang yang di alokasikan untuk main uang Nah kalau bisa sebisa mungkin uang untuk main ya hanya untuk pergi main, jangan digunakan untuk hal lain, kecuali memang keadaannya mendesak. Kenapa seperti itu ? Karena kalau terjadi hal seperti itu, biasanya akan membuat kalian bingung sendiri, dan akhirnya pengeluaran menjadi tidak jelas.  

 

4. Siapkan bahan masakan untuk beberapa hari kedepan

Nah untuk tips ini buat kalian anak kos yang sering masak nih, coba kalian beli bahan makanan sekaligus untuk beberapa hari kedepan, Kenapa ? Karena dengan cara seperti itu setiap pagi kita tidak lagi dipusingkan hari ini akan masak apa dan juga ini akan sangat menghemat pengeluaran uang kalian.

 

5. Bermain sekaligus belanja

Maksudnya jika kalian mau pergi keluar untuk bermain, usahakan lah kalian mampir ke swalayan untuk membeli keperluan sehari - hari kalian atau mungkin membeli bahan makanan. Biasanya buat anak kos yang tidak ada transportasi di kos mereka cenderung memakai ojol, nah dengan cara ini kalian akan menghemat biaya transportasi. Jadi tidak 2 kali keluar, sekarang bermain dan besoknya pergi belanja.

 

6. Beli yang dibutuhkan bukan yang diinginkan

Kalau misal kalian lagi pergi main atau belanja, dan kalian pengin beli sesuatu, coba pikir lagi deh apakah barang itu emang lagi dibutuhkan atau cuma pengin, kalau cuma pengin mending lebih baik jangan dulu, karena anak kos kebutuhan bulanan nya banyak, dan untuk membeli barang yang masih kurang dibutuhkan itu sama aja cuma cuma, kecuali memang dana nya ada dan kalian tidak eman eman. 

 

7. Usahakan bisa menabung

Nah kalau kalian punya sisihan uang entah itu dari uang makan, uang belanja atau main, jangan langsung kalian habiskan untuk hal lain, coba kalian simpan atau tabung siapa tau di lain waktu kalian perlu tambahan uang, maka kalian bisa ambil dari situ.

 

Nah mungkin itu aja sih tips dari aku, yang emang saat ini aku juga anak kos. Intinya berhematlah sebisa mungkin, atur keuangan mu sepintar mungkin.

Tapi jangan terlalu hemat juga teman, kalian harus tetap buat diri kalian bahagia dan enjoy, namun tetap ingat orang tua kalian dirumah susah payah mencari uang, harusnya kalian sebagai anak kos bisa menghargai dan latihan prihatin, dengan cara itu tadi, tidak menghabiskan untuk hal yang kurang penting.

 

Oh iya ketinggalan nih, jangan kebanyakan makan mie ya teman, hehe kurang baik buat kesehatan. Harus selalu cukupi gizi kalian karena, bagaimanapun juga kesehatan tetap nomor satu.

Kalian juga bisa baca artikelku disini aorinka.blosgspot.com

 

Sekian artikelku kali ini, tunggu next artikel ya..

See you, semoga bermanfaat..

 

  20 Views    Likes  

banner
Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

previous post

Keuntungan Menabung di Reksadana
Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

next post

Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

related posts