TIPS WAWANCARA AGAR TERLIHAT MENARIK UNTUK MASUK ORGANISASI KULIAH

Kebanyakan organisasi menggunakan tes wawancara untuk menyeleksi mahasiswa yang ingin menjadi pengurus organisasi. Biasanya tes wawancara ini menjadi sesuatu yang menakutkan bagi para calon pengurus dikarenakan banyak yang gugur dalam penyeleksian di tes wawancara ini. Tapi, ada beberapa tips loh agar kalian tidak takut lagi saat tes wawancara berlangsung. Tips-tips ini membuat kalian menjadi lebih menarik dan tidak gugup ketika tes wawancara sedang berlangsung. Mau tau apa saja tipsnya? Yuk simak pembahasan berikut ini!

Pahami Dirimu Sendiri dengan Mengetahui Alasan Dirimu Masuk Organisasi.

Sebelum wawancara berlangsung, hendaknya kamu telah mempersiapkan informasi-informasi menarik tentang diri sendiri seperti soft skill dan hard skill apa yang kamu miliki, kelebihan atau prestasi yang kamu miliki, motto hidup yang kamu miliki, alasan kamu masuk organisasi, mengapa kamu tertarik masuk organisasi yang kamu tuju, dan informasi-informasi lainnya yang menurutmu membuat dirimu semakin menarik. Kamu harus paham tentang informasi-informasi tersebut agar terlihat menguasai informasi saat ditanya saat wawancara berlangsung.

 

Komunikatif Saat Wawancara Berlangsung.

Usahakan saat menjawab pertanyaan, jawaban kamu tidak singkat dan membosankan. Buatlah kata-kata penjelasan informasi yang panjang dan menarik namun tidak berbelit-belit sehingga orang yang bertanya akan tertarik dan mendengarkan jawaban atau penjelasan dari dirimu.

 

Tunjukkan Semangat dan Antusias Kamu Ingin Bergabung dengan Organisasi.

Antusiasme bisa ditunjukkan dengan cara kamu menanyakan kepada pengurus organisasi mengenai hal-hal apa saja yang ada di organisasi dan bagaimana sistem kerja yang ada di dalam organisasi. Dengan begitu, pengurus organisasi bisa tahu jika kamu sangat tertarik bergabung ke dalam organisasi. Namun, ada baiknya diusahakan jangan terlalu banyak bertanya, bertanya saja hal yang menarik dan secukupnya. Biasanya kamu bisa menanyakan informasi-informasi organisasi saat akhir-akhir wawancara (jika masih ada waktu mengobrol) atau bisa juga di luar aktivitas wawancara.

 

Bersikap Ramah Sopan Santun Kepada Sesama Calon Anggota dan Pengurus Organisasi.

Bersikap ramah dan sopan santun merupakan hal yang mendasar ketika kamu melangsungkan wawancara. Biasanya caranya adalah dengan mulai tersenyum dan menyapa duluan pengurus organisasi yang akan mewawancarai kamu. Namun, terkadang jika kamu tersenyum duluan maka biasanya pewawancara akan langsung menanyakan siapa nama kamu dan informasi-informasi yang lainnya. Usahakan menjawab pertanyaan dengan nada yang lembut dan sertai dengan senyum antusias.

 

Perhatikan Penampilanmu!!

Jika wawancara diadakan secara offline atau langsung, hendaknya kamu menggunakan pakaian yang sopan sesuai dengan aturan, rambut teratur dan rapi, menggunakan parfum atau pewangi pakaian untuk pakaian yang kamu gunakan, usahakan juga agar wajahmu terlihat fresh saat akan mengikuti wawancara organisasi, dan yang terakhir gunakan sepatu bersih yang sesuai dengan outfit yang kamu gunakan.

Namun saat pandemi seperti ini, biasanya wawancara dilakukan secara online. Dengan begitu penampilan hanya dapat dilihat dari gaya berpakaian, tatanan rambut, serta riasan wajah.

 

Perbanyak Latihan Berbicara

Sebelum wawancara, kamu bisa nih lebih banyak mengobrol mengenai hal-hal yang berbobot dengan orang-orang di sekitarmu. Kamu bisa obrolin hal-hal yang sedang booming di sosial media ataupun mengenai permasalahan kuliah. Tujuannya selain kamu menjadi lebih percaya diri dalam berbicara, kamu juga akan lebih berpikir kritis dalam menanggapi suatu masalah dan dapat mengetahui juga sudut pandang solusi dari lawan bicaramu.

Nah, tips-tips diatas juga tidak hanya dapat digunakan saat wawancara masuk organisasi saja, tapi bisa juga kalian gunakan saat ingin wawancara beasiswa, wawancara masuk kuliah, atau bahkan wawancara kerja. Semoga bermanfaat!!

sumber gambar: cleanPNG

  5972 Views    Likes  

Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

previous post

6 Manfaat Mengikuti Pertukaran Mahasiswa Di Dunia Perkuliahan
Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

next post

Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

related posts