To Grow Yourself, You Must Know Yourself

To Grow Yourself, You Must Know Yourself

Apakah maksud dari pernyataan “To Grow Yourself, You Must Know Yourself” ?

Maksudnya adalah untuk membuat diri kita berkembang, kita harus mampu mengenali diri kita sendiri. Untuk mengetahui apakah kamu sudah mengenal dirimu sendiri, cobalah jawab pertanyaan berikut ini :

 

Apakah kamu tidak tahu apa yang kamu inginkan? Apakah kamu bingung dengan kelebihan dan kekuranganmu? Apakah kamu ragu dengan diri sendiri?

 

Jika kamu masih bingung untuk menjawab pertanyaan diatas berarti kamu masih belum begitu mengenal dirimu sendiri. Nah, Bagaimana cara kita mengenali diri ? Ada 2 cara yang bisa kita lakukan untuk mengenali diri.

 

Dari diri sendiri

Kita bisa mengenali diri kita dengan cara introspeksi diri. Kita bisa menggunakan analisis

SWOT untuk lebih mengenali diri kita.

 

Strenght

Disini kita dapat menuliskan kekuatan atau kelebihan yang kita miliki

Apa bakat yang kamu miliki? Apa yang membuatmu beda dari orang lain? (dalam hal positif) Talenta atau skill apa yang kamu miliki? Bagaimana pandangan orang tentang kekuatan/kelebihanmu?

 

Weaknes

Di bagian weaknes ini kita dapat mengidentfikasi apa saja kekurangan atau kelemahan dari diri kita.

Apa yang menjadi kebiasaan burukmu? Apa yang membuat kamu down? Apa yang kamu hindari? Apa pandangan orang tentang kelemahanmu?

 

Opportunity

Kesempatan yang dapat membuat diri kamu berkembang

Coba lihat kelebihan dan tanya pada diri sendiri apa kelebihan dan potensi yang dapat menjadi peluang dalam karir? Apa ada cara untuk meminimalisir kekurangan? Apa yang bisa dilakukan untuk mengembangkan skill? Apa yang dapat diberikan  pada orang lain dengan skill yang kita miliki?

 

Threat

Bagian luar dari diri yang dapat menghambat diri untuk berkembang.

Kelemahan yang dapat menghalangi perkembangan? Apa ada bahaya dari luar yang dapat menghambat ? Seperti apa persaingan dunia kerja? Apa perubahan industri yang terjadi saat ini?

 

Dari Orang Lain

Kita bisa mengenali diri sendiri dari orang lain. Kita bisa bertanya kepada teman kita bagaimana pandangan mereka terhadap dirimu, Bagaimana kelebihan dan kekurangan dirimu menurut mereka. Dan kita tidak perlu tersinggung dengan apa yang dikatakan oleh teman kita. Kita jadikan hal itu sebagai bahan untuk introspeksi diri kita untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Sedikit cerita aku pernah mengalami hal itu, disuatu hari aku berkumpul dengan 4 orang temanku. Ada satu orang temanku yang meminta kita untuk menilai dirinya dari sudut pandang kita. Dia berkata katakan semua pandanganmu terhadap diriku, jika hal itu baik maka akan ku pertahankan, dan jika hal itu buruk maka aku akan introspeksi diri. Tidak apa-apa kamu mengatakan keburukan tentang diriku, aku jamin kita akan tetap berteman.

Nah, kita juga bisa melakukan hal seperti itu untuk membuat diri kita lebih berkembang dan menjadi pribadi yang lebih baik.

 

Apa sih manfaat manfaat yang kita dapat jika kita mampu mengenali diri kita sendiri?

Mudah meningkatkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan diri Lebih mencintai diri Lebih mudah bersyukur Mudah mencari dan menemukan solusi Meningkatkan kemampuan dalam membangun relasi dengan orang lain Mampu menentukan pilihan dan tujuan hidup

 

Nah, sekarang apakah kamu sudah lebih mengenal dirimu? Kenalilah dirimu sendiri agar dirimu bisa lebih berkembang dan punya arah yang jelas.

 

 

  12 Views    Likes  

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

previous post

Perjalanan menjadi awardee beasiswa OSC 2020
BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

next post

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

related posts