Tradisi "SIGAJANG LALENG LIPA"

Menjadi negara kepulauan, Indonesia memang memiliki memiliki banyak tempat-tempat unik. Dari Sabang sampai Merauke, setiap daerah di Indonesia memiliki beragam budaya yang berbeda antara satu dengan lainnya. Salah satu budaya unik yang tidak dimiliki negara lain adalah Sigajang Laleng Lipa. Tradisi ini terbilang ekstrem pasalnya, tradisi ini bisa memakan korban. Seperti apa tradisi Sigajang Laleng Lipa ini?

Sigajang Laleng Lipa adalah salah satu budaya yang ada di Sulawesi Selatan. Tradisi ini berarti saling tikam menggunakan badik dalam satu sarung. Tentu saja tradisi ekstrem ini menggunakan nyawa sebagai taruhannya.

Sebenarnya, tradisi ini adalah tradisi orang adat Bugis-Makassar untuk menyelesaikan sebuah masalah. Dua perwakilan keluarga yang bertikai menyelesaikan masalah akan saling tikam dalam sebuah sarung. Cara ini adalah cara paling terakhir apabila musyawarah mufakat tak menemui titik terang. Melansir dari berbagai sumber, Sigajang Laleng Lipa ini banyak terjadi pada masa lalu saat keluarga merasa harga dirinya terinjak. Seiring dengan kemajuan pendidikan dan teknologi, tradisi ekstrem macam ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat bugis makassar sendiri. Namun, tradisi Sigajang Laleng Lipa ini tetap menjadi warisan budaya leluhur Sulawesi Selatan. Bahkan, budaya ini masih dipentaskan di atas panggung sebagai hiburan semata tanpa harus menghilangkan nyawa.

 

Sumber Gambar : ig @dwijulianiksan

  16 Views    Likes  

Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

previous post

6 Manfaat Mengikuti Pertukaran Mahasiswa Di Dunia Perkuliahan
Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

next post

Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

related posts