banner

Upgrade Fokus dan Kekuatan Otakmu dengan Deretan Cemilan Ini!

Terlalu lama terkurung dalam rumah barangkali membuat sebagian besar orang merasa tidak bisa menghasilkan ide apapun dari otaknya—yang mana juga penulis alami. Rasa jenuh berpadu dengan degradasi aktivitas di luar rumah sepertinya berdampak besar membuat kita semakin malas, tidak terinspirasi, dan melemahkan kinerja otak.

Padahal sebagaimana yang kita tahu, di masa pandemi ini kita memerlukan otak kita berada dalam keadaan paling fit demi membantu kita bertahan hidup—untuk menyelesaikan tugas sekolah dan kuliah yang terasa lebih sulit karena tidak dapat bertatap muka secara langsung dengan guru dan dosen, misalnya.

Karena itu, di bawah ini penulis telah merangkum deretan cemilan yang mudah ditemukan serta dianjurkan untuk dikonsumsi demi memacu kesehatan serta kekuatan otak kita.

1. Bluberi

Tidak hanya enak, buah bluberi juga rendah kalori dan kaya akan Vitamin C, Vitamin K serta Mangan. Dibandingkan buah lain, bluberi efektif membantu melindungi otak dari gejala stress dan mendorong pendewasaan otak secara sehat. Studi menemukan bahwa memakan bluberi sehari-hari dapat meningkatkan kesehatan dan kinerja otak serta memperkuat ingatan.

2. Kopi

Favorit banyak orang yang satu ini dikenal dengan kandungan kafeinnya yang tidak hanya memberikan energi namun juga mencegah rasa lelah. Tidak banyak yang tahu bahwa kopi juga mengandung antioksidan bernama polifenol dalam jumlah besar, yang penting untuk mengurangi radang di otak dan menjaga energi otak. Selain itu kopi juga melindungi otak dari tekanan dan kerusakan, meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, serta memperkuat ingatan.

3. Kacang Kenari

Walnut, atau kacang kenari, adalah jenis terbaik dari kacang-kacangan untuk kesehatan otak. Kandungan melatonin dalam walnuts dapat meregulasi tidur berkualitas yang berpengaruh pada kesehatan serta performa otak.

4. Telur

Biasanya kita menemukan telur dalam piring sarapan, dan bukannya untuk cemilan. Namun berkaitan dengan topik ini, telur, terutama bagian kuningnya, memainkan peran penting dalam suasana hati, ingatan dan kecerdasan. Kuning telur juga dapat mencegah peningkatan radang, brain fog, kesulitan berkonsentrasi, serta kelelahan.

5. Cokelat

Akhirnya, cemilan favorit penulis! Dan akan semakin menjadi favorit setelah mengetahui bahwa cokelat, terutama cokelat hitam (dark chocolate), sangat bagus untuk otak. Cokelat meningkatkan aliran darah menuju otak yang mana akan membantu peningkatan ingatan, perhatian, fokus dan waktu reaksi. Cokelat hitam sendiri bermanfaat untuk menenangkan dan mengistirahatkan otak.

6. Alpukat

Buah hijau yang penuh dengan nutrisi berbagai karbohidrat, lemak dan vitamin. Alpukat mengandung Vitamin B6 yang penting untuk perkembangan otak normal serta Vitamin E yang mendukung kesehatan otak.

7. Teh Hijau

Teh hijau sangat populer dengan manfaat antioksidan-nya yang kuat, yaitu membantu meningkatkan fungsi otak, mengurangi lemak, serta mengurangi resiko kanker. Dan siapa yang bisa menolak pesona teh hijau?

8. Tomat

Selain antioksidan, buah kenyal ini ternyata juga memiliki tambahan manfaat yakni Likopen yang meregulasi gen dalam otak serta berkontribusi dalam pertumbuhan otak. Kalau tidak biasa memakannya langsung, dibuat jus juga enak banget, lho!

Selain memperhatikan makanan yang wajib di pagi, siang dan malam hari, cemilan juga memerlukan pertimbangan demi kebaikan diri kita sendiri. Otak kita adalah mesin yang mengatur segalanya. Selain disuapi ilmu pengetahuan, otak kita juga berhak disuapi dengan nutrisi yang sesuai. Karenanya kita perlu tahu bahan bakar mana yang menjamin otak kita dapat memperoleh semua nutrisi yang dibutuhkannya demi beraktivitas sebaik mungkin dalam berbagai situasi.

Jadi, sudah siap memilih cemilan sehat untuk waktu santai berikutnya?

  5 Views    Likes  

banner
Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

previous post

Udah yakin Lolos SBMPTN 2020?
Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

next post

Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

related posts