Upgrade skill yuk !

Hallo teman-teman semuanya ? Selamat datang dan selamat membaca kembali di sesi artikel "Beropini".

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat cepat, dan menuntut kita untuk terus mengupgrade skill, agar kita dapat menyeimbangkan, memanfaatkan, serta mampu menyesuaikan perkembangan pada saat ini.

"keberuntungan adalah pertemuan antara persiapan dengan kesempatan (peluang)" Elmer Leterman.

Pada momen tertentu seringkali saya mendapati informasi perihal lowongan pekerjaan baik part time maupun full time. Terkadang sedikit merasa kecewa ketika mendapatkan sebuah peluang besar namun, belum ada pesiapan dalam diri saya untuk memanfaatkan peluang tersebut, artinya pada saat itu memang saya belum memiliki banyak bekal untuk meningkatkan kualitas hidup yang saya inginkan. Mungkin beberapa alasan yang mendasarnya adalah jika dilihat dari segi skill dan posisi yang di harapkan oleh perusahaan terkait, saya merasa tidak memenuhi kualifikasi. Momen tersebut akhirnya membuat saya berfikir dan memberikan motivasi untuk terus mengembangkan skill. Nah, untuk itu pada artikel kali ini, saya ingin berbagi informasi dan mengajak teman-teman semua untuk bersama-sama mengembangkan skill dan mengetahui beberapa skill atau keterampilan yang mesti di kembangkan agar dapat memperbesar peluang karir.

Berikut adalah beberapa skill atau keterampilan yang dapat kita kembangkan untuk memperbesar peluang kita dalam berkarir.

1. Digital Marketing

Seiring dengan kemajuan teknologi, trend di dunia bisnis semakin bervariasi, salah satunya adalah trend digital marketing. Definisi sederhana digital marketing adalah kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tentunya kita semua mengetahui, teknologi dan internet diterima oleh masyarakat luas akibatnya, banyak perusahaan-perusahaan yang menjadikan pemasaran berbasis digital dijadikan pilihan utama. 

2. Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah sebuah software yang memungkinkan pengguna (user) dapat mengelola dan mengitung data yang bersifat numerik (Angka). Saat ini, data telah menjadi hal penting yang dibutuhkan di banyak perusahaan. Jika kita mampu mengupgrade skill tersebut, seperti mampu mengelola data dengan baik. Hal ini akan membuka peluang karir kita menjadi lebih luas.

3. Copywriting

Copywriting sering dikenal sebagai sebuah metode pembuatan materi seperti tulisan yang bertujuan untuk mempengaruhi calon konsumen untuk membeli atau mengunakan barang/jasa yang di promosikan. Banyak perusahaan yang membutuhkan copywriter untuk memperkenalkan produk/jasa yang perusahaan tersebut miliki, yang harus dikemas secara menarik melaui tulisan, agar dapat menarik minat konsumen dalam jumlah yang besar.

4. Basic Design

Di era digitalisasi saat ini basic design banyak di cari oleh perusahaan, jika kita memiliki skill tersebut selain akan memperbesar peluang karir, hal ini juga akan mengasah cara berfikir kita mejadi kreatif.

5. Emotional Intelligence

Goleman, Daniel. Emotional Intelligence : Why it can matter more than IQ Bahwa kecerdasan emosional menyumbang 80% dari faktor kesuksesan seseorang, sedangkan 20%nya dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual (IQ).

Sederhananya, baik atau tidaknya pekerjaan yang kita lakukan secara tidak langsung dipengaruhi oleh kualitas kecerdasan emosional kita. Oleh karena itu, skill ini cukup di perhitungkan di dunia pekerjaan agar dapat memberikan kualitas hasil kerja yang baik untuk perusahaan. Skill ini tidak bisa di gantikan oleh robot, kecerdasan emosional membantu kita untuk mengatur emosi dan melatih empati. Dengan begitu, kita akan mampu bekerja dengan baik secara individu atau tim.

6. Public Speaking

Pada dasarnya, public speaking adalah kemampuan berkomunikasi untuk menyampaikan ide, gagasan, pesan, dan pendapat yang bertujuan untuk menginformasikan terkait suatu hal. Keterampilan ini tidak kalah penting, karena ketika kita memiliki sebuah ide atau informasi akan mampu kita sampaikan dengan baik dan lebih tertata. Perlu kita ketahui juga bahwa public speaking juga mengekspresikan kapasitas kemampuan kita.

7. Problem Solving

Ketika bekerja tentunya kita akan menemukan berbagai macam permasalahan dan kita dituntut agar mampu dalam menyelesaikan permasalahan dan menemukan solusi yang efektif dari permasalahan tersebut. Dengan memiliki kemampuan ini, kita akan lebih mudah dalam mengidentifikasi dan menemukan solusi pada setiap permasalahan yang kita hadapi. Oleh karena itu, peting bagi kita untuk terus melatih dan mengembangkan kemampuan dalam memecahkan setiap permasalahan.

8. Time Management 

Time Management merupakan salah satu soft skill yang harus dimiliki. Karena dengan memiliki kemampuan mengelola waktu dengan baik, secara tidak langsung akan menunjukan diri kita bahwa kita adalah pribadi yang bertanggung jawab terhadap waktu yang kita miliki. Dengan mengembangkan kemampuan ini juga kita akan terbiasa mengatur waktu dan kegiatan sesuai prioritas secara efektif. Mulai dari bekerja, belajar, hingga istirahat yang cukup. 

Nah, mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan terkait beberapa skill atau keterampilan yang harus dimiliki dan dikembangkan. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan penulisan yang kurang berkenan di hati teman-teman semuanya. Untuk kritik dan saran dapat teman-teman kirimkan melaui email pribadi saya (muhamadsilhi360@gmail.com), Saya berharap kritik dan saran yang teman-teman yang kirimkan kepada saya, dapat saya jadikan evaluasi untuk artikel selanjutnya.

 

Sumber :

https://www.canva.com/design/DAFPfXrwMvk/ZhyRbTYVJmlscHcFLrfopA/edit/, @myskillid, https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya, https://money.kompas.com/read/2021/10/07/082846126/apa-itu-copywriting-definisi-tugas-jenis-dan-contohnya?page=all, https://www.ruangkerja.id/blog/pentingnya-emotional-intelligence-di-dunia-pekerjaan, https://myrobin.id/untuk-pekerja/kemampuan-problem-solving. 

 

   

  85 Views    Likes  

Catat!!! Beasiswa Pelatihan Koding dari Kementerian agama dan Skilvul

previous post

Daftar beasiswa dari berbagai negara di dunia
Catat!!! Beasiswa Pelatihan Koding dari Kementerian agama dan Skilvul

next post

Catat!!! Beasiswa Pelatihan Koding dari Kementerian agama dan Skilvul

related posts