Waspadai Penggunaan Gawai Pada Kesehatan Mata

Halo Sobat OSC!

Penggunaan gawai atau gadget pada kehidupan sehari-hari memang sudah menjelma menjadi kebutuhan yang penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Sekali, tanpa sadar, saat bangun tidur saja kita sudah mencari dimana terakhir kali gawai tersebut kita tinggalkan. Penggunaan gawai dari bangun, sampai dengan menjelang tidur, seperti sudah menjadi teman menjalani hari, atau mungkin perannya menjadi lebih penting dari itu? Untuk menghadapi ketergantungan ini, Anda dituntut untuk terus waspada dan berhati-hati menimbang dampak yang akan diterima pada kesehatan mata.

Yuk, ketahui bahaya yang akan membuat mata rusak akibat dari bermain gawai terlalu lama berikut ini.

1. Mata Lelah Mata akan menjadi Lelah, tegang, dan pandangan menjadi kabur dalam waktu yang lama.

2. Sindrom Mata Kering Saat mata menjadi kering, kemungkinan ini menunjukkan adanya gangguan pada system produksi maupun distribusi air mata. Gangguan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam penyakit (multifactorial). Pada kondisi mata yang kering ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata dan menyebabkan pandangan menjadi buram.

3. Rabun Jauh Rabun jauh merupakan kondisi dimana penglihatan yang buram saat melihat benda-benda yang berjarak jauh. Meski begitu, mata tetap mampu melihat benda di jarak dekat. Keadaan ini, menurut para ahli, adalah bentuk penyebab dari penggunaan handphone atau gadget dalam waktu yang lama dan jarak yang cukup dekat.

4. Degenerasi Sel Retina Mata Apabila penggunaan gawai atau gadget dilakukan secara berlebihan dan berkelanjutan, maka akan timbul risiko penyakit kerusakan sel retina atau Age Related Macular Degeneration. Kondisi ini disebabkan oleh sinar biru yang dipancarkan oleh layer gadget, yang ketika diteliti secara in vitro dapat merusak sel-sel macula yang ada di retina.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pengistirahatan mata saat melakukan aktivitas di depan gawai Anda, seperti memejamkan mata sejenak ketika sudah mulai terasa lelah, memberlakukan batasan maksimal waktu penggunaan gawai atau bila sangat diperlukan, siapkan obat tetes mata untuk meredakan tanda-tanda mata Aand menjadi kering.

Semoga membantu Sobat OSC!

  2 Views    Likes  

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

previous post

Bingung pilih Bahasa Pemograman apa? Yuk simak 6 pilihan terbaik di 2021(part 1)
Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

next post

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

related posts