Wi-Fi Kamu Sering Lemot? Ikuti Cara Ini Untuk Mengatasi Wi-Fi Lemot

Hallo Sobat OSC!

Sobat osc, koneksi nirkabel WiFi yang buruk bisa membuat orang merasa tertekan bukan? Terutama ketika internet telah jadi bagian dari hidup sehari-hari, mulai dari hiburan sampai soal pekerjaan. 

Banyak faktor yang menyebabkan jaringan WiFi menjadi lemot, diantaranya adalah gangguan pada sinyal WiFi, masalah pada Router, jumlah user yang sedang mengakses WiFi secara bersamaan dan masalah jaringan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi WiFi lemot agar internetan kembali lancar.

1. Pindahkan Router ke Dekat Perangkat

Siapa tahu yang membuat WiFi jadi lemot adalah jauhnya jarak router dengan perangkat. Sehingga untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan relokasi atau pemindahan router ke tempat yang lebih dekat dengan perangkat keras yang kamu gunakan. Atau jika ingin mengunjungi terlebih dahulu kamu bisa bermain internet di area dekat hotel WiFi yang terpasang untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih baik. 

2. Taruh Router di Tempat Terbuka

Menaruh router di posisi terbaik juga akan membuat jaringan koneksi internet jadi lebih baik dan stabil loh. Daripada menaruh router di tempat tertutup, coba deh taruh router di ruangan terbuka yang tidak berbatasan dengan dinding atau pintu. Cara paling gampang adalah posisikan router di tempat yang bisa kamu lihat dari berbagai sudut.

3. Atur Software Pada Router

Mungkin hal ini kamu lupakan, mengatur software router juga bisa membuat WiFi di rumahmu lebih stabil. Akses menuju software ini bisa dibuka dengan IP khusus yang bisa dilihat pada bagian bawah router.

Setelah memasuki mode pengaturan, coba untuk mengubah channel frekuensi pada router. Pilih lah channel 1, 6, dan 11 untuk koneksi WiFi yang lebih kencang. Oh ya jangan lupa juga untuk memeriksa update terbaru dari firmware-nya ya.

4. Restart Modem atau Router

Cara mengatasi WiFi lemot yang cukup efektif selanjutnya yaitu dengan merestart modem atau router. Untuk merestart router atau modem kamu dapat mematikannya melalui saklar maupun tombol power. Kamu juga dapat mencabut langsung adaptornya. Tunggulah 10 sampai 30 detik sebelum dinyalakan kembali.

5. Periksa Sistem Laptop atau Komputer 

Koneksi WiFi yang lemot terkadang bisa disebabkan karena perangkat atau sistem laptop maupun komputer yang kamu gunakan data lokal komputer pada layanan cloud atau lainnya.

Oleh sebab itu, sobat OSC harus melihat penyebabnya terlebih dahulu untuk bisa mempercepat internet pada laptop maupun komputer.

6. Ganti Internet Service Provider

Langkah terakhir ketika kamu sudah melakukan semua hal, namun WiFi masih tetap lemot dan sering terjadi yaitu dengan mengganti layanan internet service provider.

Oke sobat OSC, itulah beberapa tips untuk mengatasi WiFi yang sering lemot. Jikalau artikel ini bermanfaat, yuk share ke teman - teman kalian. Thanks for reading, see u later!

  19 Views    Likes  

Persiapkan Diri Kamu! 5 Beasiswa Luar Negeri Ini Dibuka Pada Awal Tahun 2022

previous post

5 AKUN INSTAGRAM YANG BERISI INFORMASI PENDIDIKAN DAN BEASISWA
Persiapkan Diri Kamu! 5 Beasiswa Luar Negeri Ini Dibuka Pada Awal Tahun 2022

next post

Persiapkan Diri Kamu! 5 Beasiswa Luar Negeri Ini Dibuka Pada Awal Tahun 2022

related posts