Yuk Cari Tahu Perbedaan English Proficiency Test yang dipakai Untuk Apply IISMA!

Kalian pasti sudah tahu apa itu IISMA, IISMA sendiri baru saja menutup pendaftarannya untuk tahun ini. Namun bagi kalian yang belum mengetahui apa itu IISMA, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) adalah skema beasiswa Pemerintah Republik Indonesia untuk mendanai mahasiswa Indonesia untuk program mobilitas di universitas terkemuka di luar negeri. Singkatnya, IISMA adalah program pertukaran pelajar yang bisa diikuti oleh mahasiswa semester 4 dan 6. Salah satu persyaratan IISMA adalah skor EPT atau English Proficiency Test. Namun sayangnya tidak semua jenis EPT diterima oleh IISMA, berikut adalah jenis EPT yang diterima oleh IISMA. Yuk simak!

TOEFL iBT

TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris dengan logat Amerika. Ujian ini diselengarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh di dunia. Pada umumnya tes TOEFL diminta oleh universitas di Amerika Serikat dan Kanada. Tes TOEFL iBT meliputi Reading, Listening, Speaking dan Writing. Nilai tes TOEFL iBT yang terbaru memiliki nilai maksimum 120, dengan rata-rata nilai yang diminta adalah 90. Tes TOEFL berlangsung selama hampir 4 jam.

IELTS

Pada umumnya tes IELTS diteima oleh institusi di negara Australia, Inggris dan Selandia Baru. IELTS adalah uji coba kemampuan bahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia. Pada tes IELTS, bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa Inggris Britania atau British. Tes IELTS menilai setiap bagian dengan skor 0-9, yang kemudian akan diratakan untuk skor akhir dalam skala 0-9.

Berbeda halnya dengan tes TOEFL, tes IELTS semua jawaban akan ditulis tangan. Terdapat empat bagian, yaitu Speaking, Writing, Listening dan Reading. Pada speaking section, peserta tes akan diminta untuk berbicara dengan seorang penilai secara langsung dengan durasi 12-14 menit. Peserta akan ditanya beberapa pertanyaan tentang dirinya sendiri dan sebuah topik. Tes IELTS berdurasi lebih lama dibandingkan TOEFL yaitu dapat mencapai 2 jam 45 menit.

Duolingo English Test (DET)

DET (Duolingo English Test) merupakan sertifikasi bahasa inggris yang diberikan oleh platform pembelajaran bahasa populer yakni Duolingo. Saat ini sertifikasi bahasa dengan menggunakan DET sudah diterima lebih dari 3000 universitas di seluruh dunia.

DET memiliki sistem test berbasis online yang artinya bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Waktu tes yang dibutuhkan untuk menyelesaikan test sekitar 1 jam dengan hasil test yang dapat diterima dalam waktu 2 hari saja. Sedangkan untuk biaya, DET menawarkan biaya tes sebesar 49 USD yang cukup terjangkau dan lebih murah dari TOEFL dan IELTS. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa mengakses di https://englishtest.duolingo.com/home.

Nah, itu tadi jenis EPT yang kalian bisa pakai untuk apply IISMA tahun depan. Untuk informasi mengenai minimal skor dan lain-lain, kalian bisa mengeceknya di website IISMA berikut https://site.iisma.id/host-universities-list/

Good luck!

  72 Views    Likes  

Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

previous post

6 Manfaat Mengikuti Pertukaran Mahasiswa Di Dunia Perkuliahan
Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

next post

Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

related posts