Sobat OSC ada yang tau apa itu Johari Window? Johari Window adalah sebuah teori yang berkaitan dengan komunikasi dan psikologis, teori ini sudah ditemukan sejak tahun 1955 oleh Joseph Luft dan Harry Igham namun masih relevan sampai sekarang. Teori ini bisa digunakan untuk mengenali diri sendiri ataupun untuk kegunaan lain misalnya Branding bisnis.
Seperti namanya Johari Window, teori ini mengidentifikasikan sifat, perasaan, karakter, kelebihan, kekurangan, dll dalam 4 bagian "jendela" yaitu Open Self Area Adalah area tentang diri kalian, dan kalian tunjukkan ke semua orang, yang berarti berarti bisa dibilang hampir semua orang tau mengenai hal tersebut. Contoh kejadiannya ketika memposting konten di sosial media. Hidden Self Area Nah ini kebalikan dari open self area nih, yaitu suatu keadaan yang kamu tahu tetapi tidak orang lain ketahui, kebanyakan karena memang ditutup-tutupi sih!. Misalnya suatu hal yang mengandung aib dan menyimpan rahasia oleh karena itu,daerah ini juga disebut sebagai faktor yang mempengaruhi pengungkapan diri, tapi hati-hati pengungkapan diri tidak selalu berdampak positif. Dampak negatif contohnya: penolakan pribadi, penolakan sosial, kerugian material. Blind Self Area Daerah ini berisi informasi yang orang lain ketahui tentang diri kita namun kita sendiri tidak menyadarinya. Misalnya saat kita sedang tegang atau situasi gugup kita menarik ujung baju kita atau saat sedang marah kita menggenggam tangan erat-erat. Untuk mengetahui daerah ini kalian bisa tanya ke orang-orang terdekat kalian, misalnya tanya "eh, menurutmu aku gimana?". Unknown Self Area Untuk mengetahui hal ini sedikit lebih susah karena, nggak ketahuan oleh diri sendiri maupun orang lain. Untuk mengetahuinya ada pengaruh dari obat maupun hipnotis. Daerah ini juga termasuk daerah pengungkapan diri jadi hati-hati ya sobat OSC. Sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian ya sobat OSC! Sumber Gambar: https://images.app.goo.gl/8juRaoCFGDUdpepi6