“kak aku pengen ikut organisasi, tapi bingung bagi waktunya bagaimana ? “
“kak cara dapetin IPK 4 tuh gimana sih ?”
Belakangan banyak nih maba maba yang tanya keseimbangan waktu antara organisasi dan akademi di aku. Dan sebenernya jadi aktivis bisa ngambis juga ga sih ?
Isi nih sob, kunci dari itu semua adalah manajemen waktu.
Manajemen waktu dapat diartikan sebagai cara untuk memanfaatkan dan mengatur setiap waktu yang kita punya untuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah kita rencanakan dengan jangka waktu yang sudah ditetapkan.
Jadi, sebagai mahasiswa kita harus pinter pinter nih waktunya. Boleh kok ikut organisasi dan kepanitiaan ini, tapi tetep diperhatiin juga ya akademisnya.
Adapun beberapa cara agar kita dapat melakukan semua pekerjaan sesuai tenggat waktu dan memaksimalkan apa yang kita kerjakan, yakni di antaranya :
1. Buat Perencanaan
Nah guys, biasakan untuk selalu mencatat tugas tugas atau hal hal yang harus kita kerjakan, kemudian mulai menyusun strategi bagaimana caranya agar tugas ini bisa selesai tepat waktu dan bekerja semaksimal mungkin. Jadi kuncinya agar kita terorganisir dengan baik adalah dengan perencanaan. Perencanaan ini dapat kita buat dengan memprioritaskan tugas yang deadline nya dalam waktu dekat atau tugas penting yang harus ekstra pengerjaannya.
2. Disiplin Waktu
Salah satu kunci penting dari manajemen waktu adalah DISIPLIN. Percuma dong kalo kita sudah buat perencanaan sedemikian rupa, tapi kita tidak disiplin. Nah disiplin waktu ini bisa kita usahakan dengan terus tanpa diri kita untuk selalu disiplin dan menghargai waktu, hingga nantinya kita akan terbiasa dengan kebiasaan ini.
3. Fokus pada apa yang sedang Anda lakukan
Fokus dengan apa yang sedang kamu kerjakan, ketika mengerjakan suatu pekerjaan kamu bisa membuat hal-hal yang bisa mengalahkan fokus, seperti mematikan notifikasi HP, tidak tergoda bermain game, dan menolak ajakan ketika tugas kalian masih banyak yang harus diselesaikan. Untuk melatih fokus ini Anda bisa menggunakan beberapa teknik fokus belajar seperti teknik pomodoro.
4. Berani Ambil Keputusan dan risiko
ketika kalian sudah menerapkan manajemen waktu maka kalian harus berani mengambil keputusan. Karena manajemen waktu tidak akan berkembang jika kalian tidak bisa mengambil keputusan untuk diri sendiri. oleh karena itu kita harus belajar untuk berani mengambil keputusan dengan bijak dan benar, serta tidak merugikan siapa pun.
5. Jaga Kesehatan
Meskipun kalian mengerjakan banyak tugas, dan melakukan banyak aktivitas, jangan lupa untuk selalu memprioritaskan kesehatan. Disiplin waktu boleh saja, tapi terlalu ketat juga ya guys, karena kalau kita sakit atau nanti malah banyak tugas yang tidak bisa kita selesaikan kedepannya.
Nah dengan manajemen waktu yang baik, kita tetep bisa kok ngambis dan jadi aktivis. Karena Organisasi itu perlu untuk melatih soft skill kita. Dengan berorganisasi kita jadi tau nih cara koordinasi baik, hal hal administrasi, jam terbang di depan umum, dan bagaimana cara diskusi dan keterampilan komunikasi yang baik, dengan organisasi pula kita bisa menambah wawasan dan menjalin banyak relasi.
Tapi sesibuk apapun kalian dalam Organisasi, karena kalian adalah mahasiswa maka akademis jangan pernah dilupakan.
Tetap semangat dan jaga kesehatan :)
previous post
Jadi Mahasiswa Aktif : Tips Sukses di Perkuliahan