Mengatasi Prokrastinasi, Menghilangkan Kebiasaan Menunda-nunda

Halo sobat OSC, ada ga nih yang sering menunda-nunda pekerjaan, seperti tugas sekolah atau pekerjaan kantor, hingga mendekati batas waktu? Atau mungkin nunda-nunda pas bangun pagi? inilah yang disebut dengan prokrastinasi.

 

Prokrastinasi adalah kecenderungan untuk menunda-nunda yang muncul dalam berbagai situasi. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan, tetapi salah satu akar masalahnya adalah karena emosi negatif yang ada dalam diri kita sendiri lho sobat osc. Misalnya, ketika kita memiliki tugas yang harus diselesaikan, emosi negatif seperti malas atau keinginan untuk membuat semuanya sempurna dapat membuat kita cemas dan takut salah. Akibatnya, otak kita tepatnya dibagiaj hipotalamus mencari cara untuk mengalihkan perhatian dengan mencari distraksi, dan akhirnya, tugas tersebut terus ditunda hingga mendekati batas waktu (mepet deadline).

 

Kenapa ya kita bisa terjebak dalam pola perilaku ini?  prokrastinasi disebabkan oleh refleks emosional yang berubah menjadi kebiasaan. Kita terbiasa menunda-nunda sebagai respons otomatis terhadap situasi tertentu yang menimbulkan stres atau ketidaknyamanan. Seiring waktu, kebiasaan ini menjadi semakin sulit untuk diubah karena otak kita terprogram untuk merespons dengan cara tertentu terhadap situasi tertentu.

 

Solusi untuk mengatasi prokrastinasi melibatkan dua komponen utama yaitu kesadaran diri (mindfulness) dan perubahan kebiasaan.

 

Cara pertama adalah dengan meningkatkan kesadaran diri kita terhadap pola perilaku prokrastinasi. Dengan menjadi lebih sadar akan pikiran, emosi, dan tindakan kita, sehingga dapat mengenali kapan kita sedang terjebak dalam siklus prokrastinasi. Salah satu cara untuk melakukannya adalah melalui latihan pernapasan dan meditasi. Dengan fokus pada pernapasan kita, kita dapat merasakan emosi yang sedang kita alami dan memahaminya dengan lebih baik.

 

Selanjutnya, kita perlu mengubah kebiasaan kita. Salah satu cara efektif untuk melakukan ini adalah dengan memecah tugas-tugas yang berat menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Dengan cara ini, kita dapat memulai dengan langkah kecil yang dapat membangun kepercayaan diri kita saat kita menyelesaikan setiap bagian dari tugas tersebut.

 

Dengan menyadari apa yang sedang terjadi dalam diri kita dan mengubah kebiasaan, kita dapat mengatasi prokrastinasi dan membentuk kebiasaan yang lebih baik.

 

Referensi

Gunarya, A. (2011). TEKNIK MENANGANI PROKRASTINASI. Basic Study Skill, 1–6.

  26 Views    Likes  

Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

previous post

Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Era Digital
Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

next post

Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

related posts