Bingung pilih Bahasa Pemograman apa? Yuk simak 6 pilihan terbaik di 2021(part 1)

Untuk menentukan bahasa pemograman apa yang harusnya kita pelajari pasti sering membuat kita bingung dan akhirnya membuat kita tidak konsisten dalam belajar, yang membuat kita tidak bisa mendalami satu bahasa pemograman. Ketika ngomongin bahasa pemograman apa sih yang terbaik buat kita pelajari? Untuk menjawab hal tersebut tergantung definisi terbaik kalian seperti apa terbaik dalam hal kemudahan untuk dipelajari atau terbaik untuk fokus kalian saat ini, namun jika definisi terbaik dibenak kalian adalah apa sih pemograman yang paling sering dan lebih banyak digunakan saat ini, nah untuk menjawab pertanyaan itu artikel kali ini akan membahas 3 dari 6 pilihan bahasa pemograman yang bisa jadi pilihan kalian untuk pelajari di tahun ini, meskipun bentar lagi sudah penghujung tahun hihi tapi tenang saja beberapa list di bawah ini akan terus berkembang kedepannya dilihat dari permintaan pasar yang tinggi dan karena banyaknya perusahaan yang memakai bahasa pemograman tersebut. List berikut ini merupakan rangkuman dari berbagai artikel di internet.

1. C++

Siapa sih yang disini sering bermain game seperti PUBG, Valorant, atau yang lainnya ? Game-game yang kalian mainkan saat ini kemungkinan besar dibuat dan dikembangkan oleh bahasa pemogramaan satu ini, yaitu C++. C++ merupakan salah satu bahasa pemograman yang sangat efisien dan fleksibel yang merupakan perluasan dari bahasa C. Meskipun bahasa ini merupakan bahasa yang sudah sangat lama dan sulit untuk di pelajari, namun C++ masih sering digunakan dalam pengembangan game hingga saat ini, hal tersebut disebabkan karena C++ memiliki tingka performance dan realibilitas yang tinggi di bandingkan beberapa bahasa lain, selain itu C++ juga dibuat untuk mencakup pemograman OOP(object-oriented-programming). C++ banyak digunakan dalam industri teknologi untuk berbagai tujuan seperti pengembangan aplikasi desktop, aplikasi mobile, pengembangan game, manajemen sistem database, aplikasi medis dan pembuatan embedded system hingga pengembangan sistem operasi. Beberapa perusahaan besar yang memakai C++ sebagai bahasa pemograman mereka antara lain adalah Adobe,Microsoft, Opera, Amazon, Google dan masih banyak lagi. Berdasarkan situs indeed.com rata-rata gaji bagi programmer C++ di Amerika Serikat yang sudah berpengalaman dapat menghasilkan sekitar $118K/tahun.

2. java

Kalau di tanya bahasa terpopuler dan terkenal kepada para programmer kemungkinan besar mereka bakal menjawab bahasa pemogramman ini, yaitu Java. Java diciptakan oleh James Gosling pada tahun 1995, merupakan bahasa pemograman tingkat tinggi dan mendukung OOP(object-oriented-programming). Satu sloggan yang melekat pada bahasa pemograman ini adala WORA yang memiliki kepanjangan write once, run anywhere yang memiliki maksud jika saat kita membuat program menggunakan java kita dapat menjalankan kode tersebut ke berbagai macam platform/sistem operasi yang mendukung Java tanpa perlu kita kompilasi ulang. Menduduki peringkat 3 sebagai bahasa pemogramaan paling populer di 2021 versi TIOBE membuat Java menjadi bahasa pemograman yang paling banyak digunakan saat ini . Java banyak di gunakan dalam pengembangan aplikasi android dan aplikasi web, pengembangan aplikasi desktop, dan aplikasi ilmiah tidak hanya itukarena karakteristik keamanan dan skalabilitasnya yang tinggi Java banyak di gunakan untuk pengembangan aplikasi perusahaan serta layanan keuangan dan perbankan dan juga aplikasi cryptocurrency. Perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan java antara lain adalah eBay, Uber.Google, IBM, HCL, Infosys , Bank of America  dan masih banyak lagi. Berdasarkan situs indeed.com rata-rata gaji bagi programmer Java di Amerika Serikat yang sudah berpengalaman dapat menghasilkan sekitar $100K/tahun.

3. Python

Apakah kalian penasaran kenapa google bisa menyimpan banyak sekali informasi di seluruh dunia hingga membantu kita dalam mencari referensi atau bahkan mereka dapat menampilkan iklan tentang sesuatu yang sedang kalian cari saat ini? Big data dan machine learning berperan dalam kondisi tersebut, tapi apa bahasa pemograman yang mereka pakai? Jawabannya terletak pada bahasa pemograman ini yaitu Python. Python merupakan bahasa pemograman yang sangat cepat berkembang dan paling populer saat ini. Memiliki syntax yang praktis dan menyediakan library yang banyak membuat python mudah untuk dipelajari dan dibaca tidak hanya itu python juga sangat terkenal di kalangan para komunitas di github maupun stackoverflow, sehingga membuat referensi belajar kita semakin luas. Sejauh ini python merupakan bahasa terbaik yang dipakai dalam penerapan machine learning, deep learningm artificial intelligence, data analysis, big data dan pembuatan web development.Beberapa perusahaan besar yang memakai python untuk pengembangan aplikasi mereka antara lain adalah Instagram, Intel, Spotify, Netflix, Amazon, Facebook dan masih banyak lagi. Berdasarkan pada situs indeed.com gaji seorang programmer Python tingat pemula di Amerika Serikat adalah seikitar $65K/tahun , sedangkan untuk tingkat menengah sekitar $82K/tahun dan untuk programmer Python profesional dan berpengalaman memiliki rata-rata gaji sekitar $114K/tahun.

Bagaimana pendapat kalian? Apakah kalian setuju dengan 3 bahasa pemograman diatas? karena isinya yang terlalu panjang kita akan lanjutkan 3 bahasa pemograman lagi di artikel yang terpisah. Mungkin ada hampir seribu bahasa pemograman yang dibuat di dunia, namun hanya beberapa dari mereka yang sering digunakan.

  22 Views    Likes  

Persiapkan Diri Kamu! 5 Beasiswa Luar Negeri Ini Dibuka Pada Awal Tahun 2022

previous post

5 AKUN INSTAGRAM YANG BERISI INFORMASI PENDIDIKAN DAN BEASISWA
Persiapkan Diri Kamu! 5 Beasiswa Luar Negeri Ini Dibuka Pada Awal Tahun 2022

next post

Persiapkan Diri Kamu! 5 Beasiswa Luar Negeri Ini Dibuka Pada Awal Tahun 2022

related posts