Telkom University berhasil meraih 2 juara pada Kontes Robot Indonesia

Tim mahasiswa Telkom University berhasil meraih dua kedudukan juara pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 tingkat Nasional yang berlangsung mulai dari 12 – 17 Oktober 2021 yang dilaksanakan secara daring dengan tuan rumah Universitas Gadjah Mada (UGM). Dua tim yang berhasil meraih gelar juara ini bersaing pada dua kategori lomba yaitu Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) yakni tim Arjuna dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) yaitu tim Titanium.

Menurut Koordinator Tim Robotik Tel-U, yang juga merupakan mahasiswa Fakultas Teknik Elektro, Felix, mengungkapkan raihan juara ini tidak lepas dari persiapan rekan-rekan yang dilakukan jauh hari sebelum kompetisi berlangsung.

Tim pertama yaitu Tim Arjuna yang berlomba pada kategori KRSRI, menciptakan sebuah robot SAR (Search & Rescure) yang tujuannya adalah untuk melakukan evakuasi korban ketika terjadi bencana alam atau kebakaran pada suatu wilayah. Robot ini akan berjalan secara autonomous (tanpa awak) melakukan pencarian sumber api untuk dipadamkan pada sebuah area berbentuk labirin. Setelah api berhasil dipadamkan, korban di dekat sumber api akan langsung dievakuasi ke area save zone. Penilaian utama pada kategori ini adalah kecepatan waktu dalam menetralisir bencana dan evakuasi korban.

Untuk tim kedua yaitu Tim Titanium yang berlomba pada kategori KRTMI. Pada kontes tematik ini selalu mengalami perubahan setiap tahunnya. Khusus pada tahun ini, KRTMI memainkan permainan tradisional yaitu Dam-daman. Kontes ini diterapkan dengan mengadopsi teknologi Digital-Twin yang menghadirkan proses desain berbasis sistem yang digital dan canggih.

Permainan ini akan dimainkan oleh dua tim yang menggerakan robot masing-masing di lapangan fisik untuk memindahkan koin di lapangan digital menggunakan teknologi virtual digital-twin tadi. Penilaian didasarkan pada misi meletakkan 3 koin pada titik yang segaris. Permainan dilakukan dalam 3 menit per gamenya. Jika setelah 3 menit tidak ada tim yang berhasil menyelesaikan misi, maka pemenang akan ditentukan berdasarkan jumlah koin yang berhasil diletakkan.

“Dukungan institusi sangatlah berpengaruh terhadap langkah tim untuk menjadi juara. Dukungan tersebut dibuktikan dengan adanya dosen-dosen pembimbing yang setia mendampingi tim untuk berlomba. Selain itu, dukungan berupa pendanaan untuk memenuhi kebutuhan perlombaan juga diberikan sehingga kami bisa menciptakan robot dengan perfoma yang bagus.” Jelas Felix.

Sebagai informasi, KRI 2021 telah diselelenggarakan sejak tanggal 22 September 2021 untuk tingkat wilayah I dan II. Bagi para peserta yang lolos, akan mengikuti perlombaan pada tingkat nasional yang saat ini masih berlangsung dari tanggal 17-22 Oktober 2021.

Pada KRI 2021, ada 6 kategori yang dilombakan, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI); Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda; Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid; Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

 

Sumber gambar dan referensi: Telkom University

  22 Views    Likes  

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

previous post

Bingung pilih Bahasa Pemograman apa? Yuk simak 6 pilihan terbaik di 2021(part 1)
Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

next post

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

related posts