10 Universitas terindah di Dunia versi THE World University Ranking 2021

Hai, Sobat OSC!

Gimana nih kabarnya? Semoga dalam keadaan baik dan sehat terus ya!

Bagi teman-teman yang bakal atau sedang menempuh pendidikan di bangku perkuliahan, pastinya sebagian besar waktu dalam jangka 24 jam sehari lebih banyak dihabiskan di kampus ya. Mulai dari mengikuti kelas akademik, organisasi, UKM, kompetisi kemahasiswaan, terlibat dalam riset di laboratorium dan masih banyak lagi aktivitas menarik lainnya yang menyita seluruh perhatian kamu untuk berlama-lama di kampus nih. Sehingga kita perlu memperhatikan sisi kenyamanan dari fasilitas yang ditawarkan kampus itu sendiri agar kita betah berlama-lama disana. 

Tahu ngga sih, sebenarnya ada banyak banget kampus yang menawarkan fasilitas lengkap dan menarik serta menjamin kenyamanan para mahasiswa agar dapat menikmati bagaimana mereka dibentuk dan tumbuh perlahan dari waktu ke waktu semasa mengenyam pendidikan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri. Bisa jadi dengan desain arsitektural bangunannya yang beragam. Sebut saja kampus bercorak kastil batu tua ala abad pertengahan sampai yang bergaya modern dan futuristik seperti bangunan dari masa depan. Semuanya telah ada dan hadir. Tinggal pilih deh, temen-temen mau yang mana. Dijamin ngga bakal nyesel, apalagi kampusnya juga bisa dijadikan spot yang tepat untuk menghiasi feed instagram temen-temen dengan jepretan foto yang memukau view-nya.

Nah, kalau yang terlintas dalam benak temen-temen sekarang tentang apa sih kampus yang paling cantik dan indah viewnya seantero dunia, tepat sekali nih! Jadi, baru-baru ini THE World University Ranking 2021 merilis daftar The Most Beautiful Universities in the World 2021. Bisa jadi referensi nih bagi temen-temen yang pengen berwisata ke luar negeri, mengunjungi universitas terkemuka dunia tanpa melupakan kesan estetik dan artistik, Sobat!

Penasaran? Kuy, simak artikel berikut

Heidelberg University

Kenalin nih sobat, Heidelberg University di Jerman yang siap menyuguhkan pemandangan yang indah dan cantik sejauh mata memandang. Sekilas, Heidelberg University ini tampak seperti bangunan yang muncul dalam cerita dunia dongen dengan bangunan, menara, dan jembatan yang tersusun dari bata merah tua yang kental akan ciri khas gaya Baroque di daratan Eropa.

Heidelberg University resmi didirikan tahun 1386 dan menjadi salah satu universitas tertua di dunia dengan beragam sejarah yang tergurat di dalamnya. Kampus ini punya sisi historikal yang menarik perhatian dan mempesona. Bukan hanya good-looking doang nih, kualitas Heidelberg University yang termahsyur akan kecantikannya juga dikenal sebagai salah satu universitas prestisius yang mampu melahirkan 29 para pemenang penghargaan Nobel dari masa ke masa. Widih, patut diacungi jempol ya!

Sorbonne University

Paris bukan hanya dikenali oleh kemegahan dan keindahan Menara Eiffel aja lho, Sobat. Ternyata, negara dengan ibukota pusat mode dunia ini juga menyimpan pesona tersembunyi lain yang belum banyak diketahui jutaan pasang mata. Deskripsi keindahan yang melekat pada Paris juga cocok disandingkan dengan salah satu Universitas di sana, yakni Sorbonne University. 

Sorbonne University adalah universitas negeri di Paris, Prancis, yang secara resmi didirikan pada tahun 2018 setelah penggabungan Universitas Paris-Sorbonne dan Universitas Pierre dan Marie Curie. Bisa dilihat nih dari satu foto landmark dari kampus ini sendiri, betapa mengagungkannya bangunan bergaya abad pertengahan Eropa ini. 

Kampus pusat universitas terletak di Latin Quarter Paris, Kampus Jussieu - secara resmi Campus Universitaire de Jussieu - terletak di arondisemen ke-5 Paris dan merupakan kampus utama Universitas Pierre dan Marie Curie (juga dikenal sebagai Paris VI). Sementara itu, kampus Maison de la Recherche di lembaga ini menampung departemen sejarah dan geografi dan Perpustakaan Serpente, yang menawarkan lebih dari 50.000 karya dan sekitar 300 majalah Prancis dan internasional.

Universitas ini memiliki sejumlah koleksi ilmiah bergengsi. Sebut saja ada delapan koleksi ilmiah terkenal, termasuk tampilan 1.500 mineral; koleksi hampir 50 piring fotografi yang dibuat oleh Gabriel Lippmann dalam studi fotografinya; dan perpustakaan Charcot, yang menampung koleksi perpustakaan pribadi ahli saraf Jean-Martin Charcot.

Sorbonne University terdiri dari tiga fakultas: seni dan humaniora; ilmu pengetahuan dan teknik; dan obat-obatan. Pada tahun 2008, Paris-Sorbonne University Abu Dhabi didirikan di Uni Emirat Arab, yang mengajarkan berbagai kualifikasi dalam bahasa Prancis.

 

Flagler College

Nah, di lokasi ketiga muncul Universitas dari daratan Amerika Serikat nih. Ini dia, Flagler College. Universitas swasta yang terkenal dengan pusat seni liberal yang terletak di pesisir St Augustine. Bangunan utama yang didominasi nuansa warna krim yang menakjubkan dan konstruksi gaya renaisans Spanyol dengan susunan dinding bata merah lengkap dengan jendela melengkung dan atap miring. Pelataran kampusnya berhias deretan pohon palem dan kolam air mancur yang menambah keindahan area seluas 19 hektar ini. Awalnya dibangun pada 1800-an sebagai hotel, yang akan menjelaskan tangga marmer menyapu dan lampu gantung, kemudian disulap dan dialihfungsikan menjadi kampus. Sekarang, bangunan ini berada di Daftar Nasional untuk Tempat Bersejarah di dunia. Keren kan?

Berdiri di tahun 1968,  Flagler College menawarkan berbagai kursus untuk para siswa yang mencakup bidang keilmuan misalnya bisnis, pendidikan, desain, seni rupa, psikologi, komunikasi, dan managemen olahraga. Juga ada beberapa kelas yang baru diresmikan dan inovatid sesuai perkembagan zaman seperti ilmu lingkungan pesisir.

Flagler College bahkan menerbirtan surat kabarnya sendiri yang dikelola oleh mahasiswa yang tertarik dengan kegiatan jurnalistik yakni The Gargoyle yang mulai bergerak di tahun 2010 secara online. Bahkan di tahun 2012, salah satu makalah yang dirilis universitas ini mendapatkan tempat pertama dalam publikasi online independen terbaik di Society of Professional Journalists 'Mark of Excellence Region dan menyabet 3 penghargaan sekaligus. Terhitung sejak awal berdiri, The Gargoyle sudah mengantongi 9 penghargaan bergengsi, Sobat. Widih!

Tak tanggung-tanggung, Flagler College juga senantiasa mendukung mahasiswa untuk mengembangkan keahlian dan bakat non-akademis mereka terutama dalam bidang olahraga seperti golf, sepak bola, bola basket, serta tenis. Di tahun pertama menjadi mahasiswa, Flagler College menetapkan peraturan bahwa seluruh mahasiswa harus tinggal di asrama kampus sepanjang tahun terkecuali bagi yang jarak rumahnya bisa dijangkau komuter dengan tujuan mempererat solidaritas antar mahasiswanya lho. Bahkan, kampus juga memberikan trip bersama ke Disney World untuk menyokong tumbuhnya persahaban di antara mereka. Keren banget ngga sih program kampusnya?

Dengan serangkaian programnya yang inovatif tersebut, tidak mengherankan jika salah satu kampus tercantik di dunia ini berhasil melahirkan banyak sosok terkemuka yang berkecimpung di bidangnya masing-masing. Robert Reyes (Pemain bola basket professional NLEX Road Warriors), Theresa Meeker (Aktris dan penulis), Scott Lagasse Jr. (Pembalap mobil professional Amerika yang bersaing di NASCAR Xfinity Series) adalah beberapa nama tersohor yang merupakan alumni dari kampus ini, Sobat OSC. Minat ngga nih lulus dengan almamater yang sama? 

Royal Roads University

Di awal artikel tadi, kayanya aku udah sebutin bahwa ada lho salah satu kampus di dunia yang bercorak mirip seperti kastil-kastil negeri dongeng. Nah, kampus tersebut adalah bangunan untuk Royal Roads University yang berlokasi di Kanada, Sobat. Terletak di situs bersejarah Nasional Hatley Park. Kalau temen-temen merasa bangunan ini terlihat familiar. Yap, kampus ini pernah menjadi lokasi syuting untuk berbagai film terkenal, sebut saja yang paling tersohor diantara yaitu X-Men dan Deadpool.

Berdiri di lahan seluas 260 hektar, kampus ini memiliki jalur hiking dan bersepeda, taman jepang serta menyuguhkan keindahan pemandangan laut terdekat dan pegunungan Olimpiade. So, cocok banget nih buat dikunjung jikalau kamu singgah/mampir ke Kanada, Sobat OSC!

University of Otago

Tak mau kalah dari Eropa dan Amerika serikat, ternyata benua terkecil di dunia sekelas Australia dan Oceania juga punya kampus andalan yang selalu memamerkan keindahan yang memikat mata. Dibangun di lingkungan Selandia Baru yang indah dan asri, menyatu alami dengan hamparan tanaman hijau yang luas dan sungai Leith yang mengalir melintasi kampus, kampus ini meninggalkan stereotipe klasik bahwasanya keindahan hanya dapat kamu temukan dalam dimensi modernitas dan tak pernah jauh dari lingkup perkotaan.

Mengusung arsitektur bergaya neo-Gothic tradisional dan memadukan unsur modernis di dalamnya, universitas yang berdiri di tahun 1869 ini merupakan universitas pertama dan tertua di daratan Selandia Baru. Kampus utama berpusat di Dunedin, sementara itu kampus terdekat di Invercargill dan dua kampus lebih lanjut di Christchurch dan Wellington, yang keduanya fokus pada ilmu kesehatan. ‎

‎Ada sekitar 20.000 siswa di universitas, mewakili lebih dari 100 negara di seluruh dunia.‎ ‎Universitas ini diatur menjadi empat divisi: ilmu kesehatan, ilmu pengetahuan, humaniora dan Otago Business School, juga dikenal sebagai divisi perdagangan. Ada struktur yang fleksibel untuk gelar sarjana dan siswa dapat mengikuti kursus gaya utama dan kecil yang memungkinkan mereka untuk belajar di sejumlah mata pelajaran yang berbeda.‎ Selain itu, University of Otago juga menawarkan pilihan untuk studi pascasarjana yang memiliki proporsi tertinggi mahasiswa PhD di setiap universitas di seluruh negara Selandia Baru. ‎

The Hongkong University of Science and Technology, Hongkong

Lihat nih gambar kampus megah dengan dominasi arsitektur modern berwarna putih ini, Sobat. Kalau kamu mengira ini berada di daratan Eropa, Amerika, atau Australia. Oops, kamu salah besar! Kamu tahu ngga sih, universitas ini berada di Asia lho, tepatnya di negara Hongkong. Nih, kenalin The Hongkong University of Science and Technology. Wah, kampus teknik nih!

‎Kampus yang akrab disapa dengan panggilan HKUST terletak di bagian utara Semenanjung Clear Water Bay di Distrik Sai Kung, dengan pemandangan panorama teluk pirus yang jernih di bawahnya. Kampus ini terletak di lereng, dan bangunan dan fasilitas dibangun di teras yang telah diukir dari lereng bukit. Fasilitas akademik berada di teras atas. Ada aula sarjana, tempat tinggal, dan fasilitas olahraga berada di dekat tepi laut. Semua ‎bangunan kampus semuanya berwarna putih seragam, berkerumun di sekitar gedung pusat berbentuk setengah bulan utama.‎

Didirikan pada tahun 1991, The Hong Kong University of Science and Technology (HKUST) adalah universitas riset internasional kelas dunia yang didedikasikan untuk pendidikan dan penelitian mutakhir. Universitas ini didirikan dengan misi untuk memajukan pembelajaran dan pengetahuan melalui pengajaran dan penelitian, terutama dalam ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, manajemen dan studi bisnis dilengkapi dengan humaniora dan ilmu sosial, dan untuk membantu pembangunan sosial-ekonomi Hong Kong. Hanya dalam waktu 30 tahun, Universitas muda dan berprestasi tinggi ini telah melesat jauh untuk mengambil tempatdi antara lembaga-lembaga elit, naik ke puncak penghargaan internasional dan menerima banyak penghargaan dan penghargaan.‎

‎Bicara soal prestasi, kampus kebanggaan benua Asia ini juga tidak pernah main-main. HKUST menduduki peringkat ke-56 di antara 1.500 universitas dan ‎ke-3 diantara 400 universitas muda‎ teratas di dunia oleh Times Higher Education (THE) pada tahun 2021. HKUST siap bersaing secara global, menelurkan lebih banyak para pemimpin dan pengembang dunia di masa depan.

University of Catania, Sisilia

University of Catania yang berlokasi di pulau Mediterania Sisilia ternyata menyimpan pesona yang tak kalah elok, Sobat! Universitas ini merupakan universitas utama di pulau itu tersebut.  ‎Bangunan utama berdiri dengan struktur Renaissance yang mencolok dan bersalju putih, yang awalnya dibangun sebagai biara. Sisa bangunan tersebar di seluruh kota, melengkapi sisa arsitektur pulau yang indah. Fitur lain dari universitas yang patut dikunjungi adalah piazza universitas dengan lantai ubin mosaik.‎

‎Universitas Catania didirikan pada tahun 1434, ketika raja Spanyol dan Sisilia, Alfonso dari Aragon, dan Paus Eugenius IV memberikan otorisasi mereka. Saat ini bangunan universitas tersebar di seluruh kota, dengan kontras antara kota universitas hi-tech modern dan banyak bangunan bersejarah di pusat kota tua. University of Catania menawarkan portofolio judul akademik dan terlibat dalam menciptakan "laboratorium" di mana pengetahuan kuno tentang budaya Mediterania memenuhi teknologi baru untuk menawarkan pengalaman pelatihan asli dan lanjutan.

University of Catania memiliki 18 departemen dan tiga sekolah, dengan 89 "corsi di laurea triennali" dan 91 "corsi di laurea specialistica", dan 93 program PhD di bidang pertanian, arsitektur, ekonomi, ilmu pendidikan, teknik, bahasa asing, hukum, sastra dan filsafat, kedokteran, farmasi, ilmu politik, dan matematika, ilmu fisika dan alam. Universitas ini sangat terkenal di bidang fisika (terutama teoritis, nuklir dan astro-fisika), kimia (dengan referensi khusus untuk biokimia dan kimia industri), kedokteran (kardiologi, pediatri, onkologi, endokrinologi, operasi), pertanian (terutama untuk keberlanjutan dalam tanaman Mediterania dan manajemen sumber daya alam), geologi (terutama vulkanologi, tentu saja).

Terutama dianggap baik adalah kelompok yang beroperasi di departemen teknik, yang menawarkan pendidikan di hampir semua bidang spesialisasi, terutama ilmu komputer, teknik sipil, elektronik dan mekanik. Adapun ilmu manusia dan sosial, University of Catania juga kuat dalam hukum, dan studi sejarah dan arkeologi juga berkembang dengan baik, dengan kerjasama internasional aktif. 

Shoolini University of Biotechnology and Management Sciences, India

Terletak di pegunungan Himalaya yang masih terjaga keasriannya hingga saat ini, rasanya tidak aneh bila Shoolini University of Biotechnology and Management Sciences yang terletak di provinsi Himachal Pradesh, India, dibangun tepat di lingkungan alam. Kampus ini didaulah sebagai salah satu kampus universitas terhijau di India karena menghasilkan energi dua kali lebih banyak dari yang dikonsumsinya.‎ Membuat lingkungan alami bagi siswa untuk belajar. Bangunan-bangunannya hemat energi dan ada lebih dari 100 laboratorium modern, serta perpustakaan pemenang penghargaan. ‎

Keindahannya didukung dengan panorama hutan pinus yang mengelilinginya sehingga universitas ini berkomitmen untuk bekerja selaras dengan mahakarya alam luar biasa yang berada di sekelilingnya. Didirikan oleh pihak swasta dan berorientasi pada penelitian, universitas ini didirikan pada tahun 2009 di Kasauli, Himachal Pradesh, India. ‎‎Sejak didirikan, universitas telah diakui oleh Komisi Hibah Universitas, Dewan Farmasi India, serta dianugerahi nilai B ++ oleh Dewan Penilaian dan Akreditasi Nasional. ‎

Fasilitas yang ditawarkan kampus juga sangat lengkap. ‎Kompleks olahraga dan stadion menawarkan berbagai kegiatan olahraga kepada siswa, termasuk bulutangkis dan kriket. Masyarakat mahasiswa menawarkan kegiatan ekstrakurikuler, seperti tari, seni kuliner, pengkodean petualangan, dan yoga. Selain itu, ada juga berbagai program pembangunan komunitas bagi siswa untuk terlibat. ‎

‎Shoolini University terdiri dari 12 sekolah: pertanian; ilmu terapan dan bioteknologi; ilmu dasar; ilmu komputer; teknik dan teknologi; Sastra Inggris; manajemen hotel; jurnalisme dan komunikasi massa; hukum; ilmu manajemen; ilmu farmasi, dan yoga. Di seluruh sekolah ini, kursus ditawarkan di tingkat sarjana, master dan PhD. ‎ ‎Untuk membekali siswa dengan keterampilan penting dan membantu mereka dalam pekerjaan pascasarjana, universitas telah berkolaborasi dengan perusahaan seperti Price Waterhouse Cooper (PWC), Oliver Wyman, Samsung, Yamaha dan Reuters.‎

‎Pada tahun 2019, universitas mendirikan Pusat Keunggulan dalam Ilmu dan Teknologi Energi di Fakultas Teknik dan Teknologi. Pusat baru ini bertujuan untuk mendidik siswa dalam perkembangan terbaru dalam energi, melatih siswa dalam penelitian dan pengembangan dan penelitian kebijakan, dan memfasilitasi penciptaan lulusan yang sangat terampil dan dapat dipekerjakan untuk mengisi kesenjangan di pasar energi saat ini. Di pusat, siswa dapat mempelajari master dalam teknologi energi, dan PhD dalam ilmu energi dan teknologi.‎

Monterrey Institute of Technology, Meksiko

Jika kamu perhatikan baik-baik, hal yang paling mencolok ‎‎tentang salah satu kampus terindah di dunia yang berlokasi di Mexico ini adalah imajinasi dan keragaman arsitektur di 36 kampusnya di seluruh negeri. Salah satu bangunan yang paling dikenal adalah Rektorat di kampus utama di Monterrey, dihiasi dengan mural oleh seniman Jorge González Camarena.‎ Bangunan lain yang perlu diperhatikan adalah menara CETEC, yang merupakan struktur batu dan kaca besar yang terlihat seolah-olah dipasang ke tanah pada suatu sudut, dan Ignacio A. Santos Medical School.‎

Monterrey Institute of Technology merupakan universitas swasta terbaik se-Mexico yang berdiri tahun 1943 dengan fokus utama para agen perubahan yang bersedia menjadi lebih kompetitif untuk menguntungkan semua orang, mentransformasikan kehidupan menjadi lebih baik. Bertumpu pada 4 pilar utama yang terbagi dalam model pendidikan yang komprehensif, budaya kewirausahaan, tanggung jawab sosial, dan kegiatan penelitian yang berkelanjutan. ‎Tecnológico de Monterrey menawarkan PhD, master, sarjana, dan program sekolah menengah di bidang Teknik, Manajemen, Sosial, Seni dan Ilmu Pengetahuan Manusia, dan Kedokteran. ‎

‎Memiliki 31 cabang kampus yang tersebar di 25 kota di negara ini, dan 22 kantor penghubung di 15 negara. Di setiap kampus ada fasilitas modern dan inovatif, menciptakan keseimbangan antara belajar dan rekreasi.‎ Program akademiknya sudah terakreditasi oleh lembaga akreditasi internasional. 

KU Leuven, Belgia

KU Leuven merupakan universitas katolik tertua di dunia.  Kampus yang sarat akan sejarahnya ini dapat ditemukan di dalam bangunannya. Bangunan Renaissance yang dipulihkan, yang menampung perpustakaan universitas adalah pusat dari universitas, dikelilingi oleh jalan-jalan berbatu kuno dan taman hijau.‎

‎Didirikan pada tahun 1425, ‎‎KU Leuven‎‎ telah menjadi pusat pembelajaran selama hampir enam abad. Kampus ini merupakan kampus terbaik nomor 1 di negara Belgia dan salah satu pusat riset dan penelitian tertua, inovatif dan termahsyur di daratan Eropa. Universitas ini juga memprakarsai berdirinya Liga Universitas Riset Eropa (LERU) dan KU Leuven menawarkan berbagai program studi dalam bahasa Inggris, semuanya didukung oleh penelitian inovatif dan interdisipliner. ‎ ‎ 

Tidak hanya ada di Kota Leuven saja, KU Leuven juga memiliki kampus cabang di Brussels, ibukota Belgia dan 8 kota besar lainnya. Sistem pembiayaan perkuliahan yang disokong oleh pemerintah untuk seluruh mahasiswa baik lokal maupun internasional membuat biaya perkuliahan menjadi lebih ringan. KU Leuven memiliki ‎‎15 fakultas‎‎ dan menawarkan program gelar internasional di hampir setiap disiplin akademis, termasuk didalamnya sains, teknik dan teknologi hingga humaniora dan ilmu sosial.

Itulah Sobat OSC, 10 kampus terindah dan tercantik di seluruh penjuru dunia. Estetik dan artistik banget kan ya bangunannya! Itu baru dari satu foto doang lhoo. Mungkin kalau kamu benar-benar berkeliling di sana, kamu tidak akan berhenti berdecak kagum pada keindahan arsitektur yang dipamerkan oleh bangunan kampus-kampus ini. Kalau kamu tertarik untuk jadi bagian dari kampus tersebut, belajar dengan rajin ya! Jangan berenti berusaha karena ngga ada yang ngga mungkin. Dalam salah satu kutipan sosok terkenal yakni Nelson Mandela dalam suatu buku yang saya baca, beliau berkata seperti ini:

"It's always seems impossible until it's done." -Nelson Mandela

So, what are you waiting for? Have a nice journey of life for you all!

Referensi : The 10 most beautiful universities in the world | Student (timeshighereducation.com)

Picture : The 10 most beautiful universities in the world | Student (timeshighereducation.com)

  655 Views    Likes  

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

previous post

Bingung pilih Bahasa Pemograman apa? Yuk simak 6 pilihan terbaik di 2021(part 1)
Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

next post

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

related posts