Apa itu Resesi Ekonomi dan Mengapa Sangat Ditakuti oleh Seluruh Negara di Dunia?

Resesi, inflasi, deflasi, krisis, dan segala macam permasalahan ekonomi adalah momok yang sangat menakutkan tidak hanya bagi negara kecil dan berkembang, melainkan bagi seluruh negara di dunia. Akhir-akhir ini, dunia sedang dikhawatirkan oleh adanya resesi ekonomi, tak terkecuali Indonesia yang juga perlu waspada. Lantas, apa itu resesi ekonomi dan apa yang menyebabkan resesi sangat berpengaruh terhadap perekonomian dan sangat ditakutkan?

Dikutip dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, resesi ekonomi adalah suatu kondisi dimana perekonomian suatu negara sedang memburuk yang terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, pengangguran meningkat, maupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia resesi diartikan sebagai kelesuan dalam kegiatan dagang, industri, dan sebagainya (seolah-olah terhenti); menurunnya (mundurnya, berkurangnya) kegiatan dagang (industri):

Resesi ekonomi sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti inflasi, deflasi, banyaknya utang dalam negeri, jumlah impor yang lebih banyak daripada jumlah ekspor, konflik di dalam dan luar negeri, dan lain sebagainya. Jika resesi ekonomi sudah terjadi, suatu negara akan dihadapi oleh berbagai macam dampak yang buruk.

Saat resesi ekonomi terjadi, hampir semua lapisan masyarakat, semua sektor bisnis, dan juga sektor pemerintahan akan terkena dampaknya. Baik bisnis dengan skala besar maupun bisnis dengan skala kecil berpotensi mengalami kebangkrutan dan mau tidak mau sebuah perusahaan akan memutus kontrak dengan para karyawannya (PHK), masyarakat yang terkena PHK otomatis kehilangan pekerjaannya. Bagi sektor pemerintahan, pendapatan negara yang berupa pajak akan mengalami penurunan, APBN yang dimiliki tidak cukup untuk melaksanakan pembangunan, akibatnya negara mengalami defisit anggaran.

Dampak-dampak tersebut yang menjadikan resesi ekonomi sebagai suatu fenomena perekonomian yang sangat ditakuti dan dihindari. Pencegahan resesi yang baik tentunya akan menekan dampak buruk resesi yang akan dialami suatu negara.

 

Referensi

Arti kata resesi [daring], tautan: kbbi.web.id/resesi. Diakses pada 22 Juli 2022

Resesi Ekonomi? Apa Itu? [daring], tautan: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20618. Diakses pada 22 Juli 2022

 

Sumber foto

Recession [daring], tautan: https://www.freepik.com/free-vector/global-business-downfall-with-falling-arrow-world-map_24243599.htm#query=recession&position=4&from_view=search. Diakses pada 22 Juli 2022

  9 Views    Likes  

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

previous post

Mengenal Kampus Almamater Para Idol Kpop, Dari Anggota BTS hingga Seventeen.
Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

next post

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

related posts