banner

Apasih yang dimaksud Tim Formatur itu? Kerjaannya ngapain aja?

Halo temen-temen semuanyaa.. Bagaimana kabarnya selama social distancing dan psbb? Semoga sehat-sehat selalu ya, semoga pandemi ini cepat berakhir dan semua aktivitas negara dapat berjalan kembali normal.

Jadi di artikel ini aku mau sharing pengalamanku selama menjadi Tim Formatur di sebuah UKM kampus. Awalnya aku mendaftar menyalonkan diri Tim Formatur karena untuk mengisi kekosongan disaat kuliah secara online. Akhirnya aku keterima menjadi Tim Formatur UKM LKMM (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa). Aku sedikit info aja terkait UKM yang aku ikuti ini melatih soft skill kita sebagai mahasiswa, lebih tepatnya manajemen diri maupun waktu, jadi sangat berguna sekali ke depannya. Aku saranin sih kalian sempetin ikut salah satu UKM yang sesuai sama minat bakat kalian, agar kalian dapat belajar banyak hal baru serta terlibat aktif dalam kegiatan kampus. Biar ga di cap kupu-kupu (kuliah-pulang kuliah-pulang) :D

Oke kita lanjut lagi ya. Jadi, Tim Formatur adalah tim yang dibentuk pada saat berakhirnya masa jabatan pengurus untuk menggantikan pengurus pada masa transisi kepengurusan yang sedang berlangsung. Nah tugasnya ngapain aja sih? Jadi selama masa transisi Tim Formatur yang memegang UKM. Semua keputusan di tangan Tim Formatur. Tim Formatur juga wajib mengadakan 3 RUA (Rapat Umum Anggota) sebagai fasilitator. Nah Rapat Umum Anggota ini tujuannya adalah untuk mempersiapkan calon ketua UKM periode baru. Karena pandemi ini, jadinya kita adain rapat melalui aplikasi Zoom. RUA I Tim Formatur memfasilitasi para anggota untuk membahas kriteria, syarat, dan tanggung jawab calon ketua periode baru. Pada RUA II Tim Formatur memfasilitasi kepengurusan ketua periode sebelumnya untuk mempresentasikan LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) kepengurusan mereka. RUA III adalah pemilihan dan pengesahan calon ketua periode baru. Kelihatannya mudah hanya memfasilitasi rapat, tapi ternyata tidak! ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi. Misal, rapat dapat dilangsungkan apabila mencapai 30 jumlah anggota penuh. Alumni tidak dihitung sebagai anggota penuh, tapi tetap harus diundang datang, ya kita harus chat-in alumni sampai yang 25 tahun lebih tua dari kita. :D

Biasa sih, alumni ada yang rese, bilang kenapa kok ga diundang, dll, tetapi masih banyak juga yang aktif dan mau mendukung. Dari sini pelajaran yang aku dapatkan adalah cara persuasi secara baik kepada orang yang usianya lebih tua, dan belajar agar tidak menyinggung mereka melalui perkataan. Awalnya banyak dikritik caraku mengajak mereka ya karena baru belajar jadi maklum salah-salah, heheheh, tapi selanjutnya bisa lebih baik lagi. Selain itu, setiap rapat kita bagi tugas jadi disini aku belajar cara menjadi moderator, notulen, maupun pemimpin rapat yang baik dan benar. 

Tim Formatur terdiri dari 5 anggota, jabatannya yaitu Koordinator, Sekretaris, Bendahara, Kabid Eksternal, Kabid Internal. Nah kebetulan aku dapat jabatan sebagai Kabid Eksternal. Tugasku disini adalah mengatur semua kegiatan maupun hubungan antara ukm dengan pihak luar ukm maupun luar universitas, selain itu aku juga yang memegang kendali untuk mengatur instagram ukm.

Aku mau kasih tips nih buat kalian. Pesanku kalian jangan takut ikut dalam kegiatan organisasi di kampus. Karena aku yakin kalian pasti dapat pengalaman dan belajar hal-hal baru untuk kedepannya, pokoknya ga rugi deh. "Eh tapi kak aku takut keganggu" nah disini kita dilatih manajemen waktu dan diri, kita harus bisa membuat jadwal kita se efisien mungkin, secara tidak langsung kita dapat berlatih nanti di dunia kerja ketika atasan memberikan kita banyak tanggung jawab dengan deadline yang mepet. "Tapi kak, aku takut gabisa, gabisa ngelaksanain tugas dan tanggung jawab" nah ini kalian harus semangat dan menepati janji diawal bahwa akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab, kalian tidak perlu takut, yang penting kalian yakin, kalian berpegang pada janji serta optimis. Apabila kalian menemukan kesulitan, INGAT! kalian tidak sendiri. Kalian masih punya teman seperjuangan, tanyalah pada mereka, minta pendapat serta solusi. "Loh kak kalau misalkan jadi ketua mau tanya siapa?" Ingat lagi kalian masih punya alumni atau kakak tingkat yang lebih berpengalaman, selain itu sebagai ketua kalian juga punya pengurus, mereka ada untuk saling membantu dan melengkapi. Seperti halnya presiden yang dibantu oleh para menteri untuk melaksanakan tugasnya. Sekali lagi pesanku "Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru, jika tidak dicoba kalian tidak akan pernah tau batas kemampuan kalian sampai mana." 

Sekian dulu ya teman-teman... Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi kalian. Ini berdasarkan opini dan cara dari diriku sendiri. Terima Kasih. :)

  24 Views    Likes  

banner
Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

previous post

Udah yakin Lolos SBMPTN 2020?
Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

next post

Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

related posts