Ayo Susul Jerome Polin Berkuliah di Jepang Gratis dengan 7 Beasiswa ini!

Halo, sobat OSC!

Bagaimana kabarnya semua? Sehat-sehat bukan?

Mau nanya dulu nih, siapa yang tidak mengenal Jerome Polin? Kayanya mayoritas anak muda Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok anak bangsa yang inspiratif ini ya Sobat. Jerome Polin Sijabat merupakan seorang youtuber yang kerap membagikan kesehariannya menjadi mahasiswa program studi Matematika Terapan di Waseda University dan kehidupan sehari-harinya di Jepang dalam kanal youtubenya Nihongo Mantappu. Hebatnya lagi, dirinya menempuh perkuliahan di sana dengan beasiswa. Widih!

Banyak nih pasti yang awalnya penasaran dan tertarik untuk mencaritahu beasiswa yang bisa mengantarkan kamu untuk berkuliah di negeri Sakura itu. Apalagi nih ya, Jepang juga terkenal dengan sistem pendidikan tinggi yang berkualitas dan tidak kalah saing dari negara-negara maju lainnya. Kurikulum pendidikan terpadu yang dirancang begitu apik bersama dengan fasilitas penunjang super lengkap dan civitas akademik yang berkompeten serta atmosfer masyarakat yang begitu mendukung tentunya jadi alasan mengapa mayoritas orang memilih negara Jepang sebagai destinasi akademik mereka termasuk warga negara Indonesia lho.

Sayangnya, banyak yang mundur duluan sebelum mewujudkan mimpi mereka untuk berkuliah di negeri matahari terbit ini karena terhalang masalah biaya. Tetapi sekarang sobat OSC tidak perlu khawatir. Mari membuat harapan sobat OSC untuk menyusul Jerome Polin mengenyam pendidikan tinggi di Jepang menjadi kenyataan bersama 7 beasiswa ini. Penasaran? Nih, simak penjelasan berikut ya!

Mitsui Bussan Scholarship (S1)

Ini nih beasiswa yang di-apply Jerome Polin sampai berhasil kuliah di Jepang, Yap! Mitsui Bussan Scholarship Program for Indonesia. Program ini dicetuskan pertama kali di Tokyo, Jepang pada tahun 1992 dibawah persetujuan dari Kementerian Pendidikan Jepang yang dibiayai oleh Mitsui & Co., Ltd untuk mendukung pelajar Indonesia yang bermimpi untuk belajar di universitas di Jepang dan mendapatkan gelar sarjana setelahnya. Selain itu, para penerima beasiswa ini juga akan dapat mempelajari dan mengenal budaya dan adat istiadat Jepang serta mengembangkan kepekaan internasional melalui kehidupan sehari-hari di Jepang.

Untuk kualifikasi para pendaftarnya merupakan warga negara berkebangsaan Indonesia dengna usia minimal 20 tahun sebelum tanggal pembukaan pendaftaran dan belum serta tidak akan menikah selama periode beasiswa. Pendaftar juga telah penyelesaian pendidikan SMA (baik jurusan IPA atau IPS) dengan nilai minimal 80 selama dua semester berturut-turut untuk beberapa mara pelajaran yang sudah ditentukan (IPA : matematika wajib, fisika, kimia, dan bahasa inggris atau IPS : matematika wajib, ekonomi, geografi, dan bahasa inggris). Pendaftar juga bersedia untuk mempelajari bahasa Jepang dan menerima perkuliahan dalam bahasa Jepang dan sehat jasmani, rohani, serta tidak memiliki penyakit menular.

Program studi yang disediakan juga sangat beragam. Periode penerimaan beasiswa juga dibagi menjadi masa pembelajaran bahasa Jepang selama 1,5 tahun kemudian dilanjutkan masa perkuliahan selama 4 tahun.

Apa saja sih benefit yang akan didapat? Nah, beasiswa ini akan meng-cover biaya perkuliahan awardee secara penuh, memberikan tunjangan hidup sebesar 145,000 yen per bulan, biaya transportasi keberangkatan pertama dan kepulangan ke Indonesia dari Jepang, tunjangan kedatangan sebesar 50,000 yen, biaya akomodasi, makanan, transportasi lokal, dan pengeluaran serta kebutuhan lain serta asuransi (jiwa, kecelakaan, dan penerbangan).

Wih, keren bukan beasiswanya? Nah, kalau kamu tertarik dan ingin mengetahui informasi lebih lanjutnya, kamu bisa menjelajahi laman resmi mereka www.mbkscholarship-id.com  

Monbukagakusho/MEXT (S1-S3)

Nah, beasiswa yang kedua ini yaitu Monbukagakusho/MEXT adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Jepang melalui Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi. Ada 7 jenis beasiswa yang disediakan oleh program ini diantaranya Research Student (G to G atau U to U), Undergraduate/Gakubu, College of Technology/Kosen, Specialized Training College/Senshu, Teacher Training, dan Japanese Studies.

Research Student menawarkan beasiswa untuk mahasiswa peneliti di bawah bimbingan professor di Jepang yang melakukan penelitian di bidang keahlian masing-masing. Ada dua jalur yang  bisa ditempuh yakni melalui rekomendasi kedutaan besar negara (G to G) atau jalur universitas (U to U).

Adapun Undergraduate/Gakubu disediakan bagi lulusan sekolah formal tingkat SMA/SMK sederajat untuk melanjutkan pendidikan jenjang sarjana di universitas negeri di Jepang. Selain itu, lulusan SMA/SMK sederajat juga dapat memilih beasiswa ke College of Technology (Koto Senmon Gakko) yaitu sekolah yang berfokus pada studi teknik yang sebagian besar berasal dari eksperimen dan latihan praktik atau Spealized Training College (Senshu Gakko) yaitu sekolah yang memberikan keahlian khusus di bidang tertentu. Kedua jenis beasiswa itu setara dengan gelar diploma dan dapat melanjutkan jenjang sarjana setelah lulus.

Kemudian, Teacher Training ialah program beasiswa non-degree dirancang khusus bagi para guru selama 1 tahun 6 bulan untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengnan bidangnya dimana awardees akan belajar di universitas di Jepang dan mendapatkan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang efektif, serta hal-hal lain yang meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Sedangkan Japanese Studies menawarkan beasiswa bagi mahasiswa S1/D4 jurusan sastra atau pendidikan bahasa Jepang untuk belajar selama 1 tahun di universitas di Jepang untuk memperdalam bahasa dan kebudayaan Jepang.

Setiap jenis beasiswa ini memiliki kualifikasi, periode pendaftaran, dan benefit yang berbeda-beda. Wow, beragama sekali jenis beasiswa MEXT ya, Sobat! Kalau mau kenalan lebih jauh sama beasiswa satu ini, kamu bisa mengakses website resmi www.id.emb-japan.go.jp

Ajinomoto Scholarship (S2)

Ajinomoto Scholarship adalah beasiswa yang diberikan oleh Ajinomoto bagi satu pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan jenjang master di 7 universitas Jepang yakni University of Tokyo, Kyoto University, Nagoya University, Tokyo Institute of Technology, Ochanomizu University, Waseda University, dan Kagawa Nutrition University.

Beasiswa dari Ajinomoto ini akan memberikan sejumlah benefit yakni pembebasan uang perkuliahan secara penuh, tunjangan bulanan sebesar 150,000 yen bagi mahasiswa yang mengambil program riset maksimum 1 tahun, dan 180,000 yen per bulan bagi mahasiswa yang mengambil program master maksimum 2 tahun. Selain itu, program ini akan menanggung biaya pendaftaran dan ujian serta biaya keberangkatan-kepergian penerbangan kelas ekonomi rute Indonesia-Jepang.

Nah, untuk persyaratan yang wajib kamu penuhi agar memenuhi kualifikasi yang diminta adalah warga negara Indonesia berusia dibawah 35 pada saat pendaftaran dibuka, yang sudah lulus dengan catatan dan capaian akademik istimewa di universitas terakhir. Pendaftar juga harus berlatarbelakang nutrisi dan ilmu makanan serta sehat jasmani dan rohani. Selain itu, pendaftar juga harus memperoleh LoA dari universitas yang dituju bahwa dirinya dinyatakan sebagai research student atau master’s course student dan memiliki kemampuan bahasa Jepang yang mumpuni untuk mengikuti perkuliahan dan penelitian di program master tersebut. Mengajukan berkas dan mengikuti prosedur dengan baik serta tidak sedang menerima beasiswa lain.

Untuk informasi yang lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi laman resmi di www.ajinomoto.co.id/en/scholarship atau email [email protected]

INPEX Scholarship (S2)

INPEX Scholarship Foundation yang merupakan organisasi non profit yang didanai oleh Indonesia Petroleum (sekarang INPEX CORPORATION) memberikan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia yang hendak mendapatkan gelar master dari universitas di Jepang dan bagi mahasiswa jepang yang inging berkuliah di universitas di Indonesia.

Yayasan yang mengelola INPEX Scholarship ini akan membantu mahasiswa Indonesia mendapatkan visa pelajar dan mem-booking penginapan ketika awardee sampai di Jepang. Beasiswa ini mencakup tunjangan hidup 160,000 yen per bulan, commuting pass dari/ke tempat kuliah, pendaftaran, dan biaya pendidikan untuk sekolah bahasa Jepang dan perkuliahan secara penuh. Walaupun sudah banyak universitas di jenjang pascasarjana menyediakan perkuliahan dalam bahasa inggris, namun beasiswa ini tetap mendorong awardee untuk mempelajari bahasa Jepang.

Kouta penerimaannya setiap tahun sebanyak maksimum 3 orang dengan persyaratan merupakan warga negara Indonesia yang berusia 16-30 tahun dan telah menyelesaikan pendidikan jenjang sarjana dalam program studi ilmu sains murni di universitas terbaik Indonesia dengan IPK min. 3,25 atau berkeinginan untuk belajar dan meneliti ilmu sains murni pada jenjang magister di universitas di Jepang. Durasi penerimaan beasiswa adalah selama maksimum 2 tahun 8 bulan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai INPEX Scholarship, bisa dilihat dan diakses pada laman resmi www.inpex-s.com/en/

LPDP RI Scholarship (S2-S3)

Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) adalah beasiswa yang diberikan program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program magister atau doktoral di perguruan tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri. Ada beberapa program yang ditawarkan yakni beasiswa afirmasi, beasiswa targeted group, dan beasiswa umum. Selain memberikan program yang variatif, beasiswa LPDP dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia ini memberikan fasilitas paling lengkap.

Untuk mendukung kelancaran studi yang tengah ditempuh maka para penerima akan mendapatkan fasilitas berikut sebagai komponen beasiswa yakni biaya pendidikan mencakup biaya pendaftaran, biaya SPP/tuition fee, tunjangan buku senilai 10 juta rupiah, biaya penelitian tesis/disertasi senilai 30-50 juta rupiah, biaya seminar internasional senilai 5-15 juta rupiah, dan biaya publikasi jurnal internasional senilai 15-25 juta rupiah.

Adapun biaya pendukung yang diberikan antara lain biaya transportasi, aplikasi Visa/Residence Permit, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan senilai 11,5-36,1 juta rupiah, biaya kedatangan, biaya keadaan darurat (jika diperlukan), tunjangan keluarga (khusus doktor) 25% biaya hidup bulanan. Selain itu, juga disediakan dana tambahan khusus beasiswa pendidikan dokter spesialis dan penyandang disabilitas.

Nah, jika sobat OSC ingin mencaritahu lebih dalam mengenai beasiswa ini, bisa kunjungi website resmi mereka www.lpdp.kemenkeu.go.id

Asian Development Bank-Japan Scholarship Program (ADB-JSP) (S2)

ADB – Japan Scholarship Program (ADB – JSP) memberikan beasiswa pascasarjana untuk program studi ekonomi, manajemen, sains, teknologi,  atau bidang lain yang bersangkutpaut dengan development kepada 300 orang setiap tahunnya di institusi akademik yang tersebar pada 9 negara di kawasan Asia-Pasifik, salah satu negara Jepang, lho. Selama menempuh pendidikan tersebut, para awardee juga akan dibekali dengan skill dan ilmu pengetahuan sehingga diharapkan nanti mampu berkontribusi dalam pengembangan sosio-ekonomi negara asalnya.

Beberapa institusi akademik yang tersedia di Jepang antara lain Hitotsubashi University, International University of Japan, Graduate School of International Management, Keio University, Graduate School of Economics, Graduare School of System Design and Management, Kobe University, Kyoto University, Graduate School of Agriculture, Graduate School of Engineering, Kyushu University, dan masih banyak lagi. Setiap institusi memiliki program studi yang ditawarkan berbeda dan persyaratan yang berbeda pula.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih jelas mengenai beasiswa ini, kamu bisa mengunjungi www.adb.org/work-with-us/careers/japan-scholarship-program/institutions#accordion-0-2

Hokkaido University President’s Fellowship (S2-S3)

Hokkaido University President’s Fellowship adalah beasiswa yang diberikan Hokkaido University kepada mahasiswa internasional yang mendaftar pada jenjang magister, professional, atau doktoral.  Pendaftar beasiswa ini harus memiliki capaian akademik yang memuaskan dan memiliki ketertarikan kuat terhadap Hokkaido University dan kebudayaan Jepang.

Kualifikasi yang harus dipenuhi oleh pendaftar adalah pendaftar tengah atau merupakan alumni dari universitas yang terikat perjanjian kerjasama (MoU) dengan Hokkaido University, yang memiliki IPK di peringkat 25% teratas dari kelas atau setingkat lainnya di universitas asal dan hal ini mendapatkan pengesahan dari rektor.

Kouta penerima beasiswa ini berubah-ubah, namun untuk periode Oktober 2021 berjumlah 6 orang dengan lama penerimaan beasiswa tergantung pada jenjang/program yang akan diambil. Benefit yang akan diterima awardee antara lain pembebasan biaya perkuliahan secara penuh, bebas dari biaya pendaftaran, dan mendapatkan tunjangan hidup per bulan dengan besaran yang berbeda tergantung jenjang/program yang diambil.

Kalau kamu merasa tertarik untuk mengenal beasiswa ini lebihd dalam, kamu bisa mengakses laman resminya di www.global.hokudai.ac.jp/admissions/scholarships/scholarships-for-prospective-students/

Gimana nih Sobat OSC pendapat kalian mengenai 7 beasiswa yang ditawarkan tersebut? Keren-keren bener kan ya? Makanya, jangan banyak mikirin apa-apa, segera persiapkan dirimu karena siapa tahu kamu bisa menjadi salah satu awardee dan bisa ketemuan langsung nih sama Jerome Polin di Jepang. Kunci pentingnya, kamu harus merencanakan segala sesuatu dengan matang, dicaritahu dahulu kriteria beasiswa tersebut dengan baik, dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan ya. Well, see you on top, guys!

Sumber :

www.mbkscholarship-id.com

www.id.emb-japan.go.jp

www.ajinomoto.co.id/en/scholarship

www.inpex-s.com/en/

www.lpdp.kemenkeu.go.id

www.adb.org/work-with-us/careers/japan-scholarship-program/institutions#accordion-0-2

www.global.hokudai.ac.jp/admissions/scholarships/scholarships-for-prospective-students/

Picture edited by Canva Premium

  134 Views    Likes  

Ayo Susul Jerome Polin Berkuliah di Jepang Gratis dengan 7 Beasiswa ini!

previous post

Mau Lanjut Kuliah di Korea Selatan Tanpa Biaya? Kuy Kepoin 7 Beasiswa ini!
Ayo Susul Jerome Polin Berkuliah di Jepang Gratis dengan 7 Beasiswa ini!

next post

Ayo Susul Jerome Polin Berkuliah di Jepang Gratis dengan 7 Beasiswa ini!

related posts