Cocok Mana Nih? Kuliah Diploma atau S1?

Setelah teman-teman lulus SMA/sederajat tentu saja banyak yang berencana untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Dan nantinya teman-teman tidak hanya akan dihadapkan pada banyaknya pilihan bidang studi melainkan juga jalur yang ditempuh. Secara umum, bagi lulusam SMA/sederajat tersedia dua jalur pendidikan tinggi, yaitu pendidikan vokasi dan pendidikan akademik atau yang lebih mudah dipahami yaitu jalur Diploma (D1, D2, D3, dan D4) dan jalur S1. Dan kali ini, sobat OSC akan bahas mengenai perbedaan pendidikan vokasi dan akademik. 

Sobat OSC akan mulai dari yang paling populer lebih dulu yaitu pendidikan akademik atau jalur S1. Teman-teman pasti sudah paham apa itu jalur S1, yaitu pendidikan tinggi yang ada pada umumnya. Berdurasi selama empat tahun dan setelah lulus akan mendapatkan gelar sarjana sesuai dengan bidang studi yang diambil. Misalnya Sarjana Hukum (S.H.). Sarjana Ekonomi (S.E.), Sarjana Teknik (S.T.), dan sebagainya.

Untuk jalur pendidikan vokasi sendiri terdiri dari 4 program yaitu program Diploma 1 (D1), Diploma 2 (D2), Diploma 3 (D3), dan Diploma 4 (D4). Durasi masing-masing program berbeda, 1 tahun untuk D1, 2 tahun untuk D2, 3 tahun untuk D3, dan 4 tahun untuk D4. Perlu dicatat bahwa program Diploma ini bukan program berjenjang, melainkan program yang berdiri sendiri. Jadi untuk mengambil program D4, teman-teman tidak perlu mengambil program D1, D2, ataupun D3.

Untuk orang-orang yang sudah menyelesaikan program Diploma akan memperoleh gelar berikut ini:

Diploma 1 mendapat gelar Ahli Pratama (A.P.) Diploma 2 mendapat gelar Ahli Muda (A.Ma) Diploma 3 mendapat gelar Ahli Madya (A.Md) Diploma 4 mendapat gelar Sarjana Terapan (S.Ter.) yang setara dengan gelar S1

Selain berbeda masa studi, perbedaan lainnya terletak pada penekanan kurikulum. Masa studi normal pendidikan vikasi yang dipilih sesuai dengan kondisi masing-masing (mulai dari 1 tahun sampai 4 tahun), sedangkan masa studi S1 adalah 4 tahun. Pendidikan vokasi lebih dominan pada keterampilan fisik sedangkan pendidikan akademik lebih dominan pengetahuan teori. 

Nah, gimana? 

Setelah mengetahui apa perbedaan dari pendidikan vokasi dan pendidikan akademis, teman-teman pasti bisa memilih jalur kuliah dengan lebih mantap sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Bagi yang berminat pada praktik yang terampil bisa memilih jalur vokasi dan untuk yang berminat menjadi akademisi atau peneliti yang handal bisa memilih jalur pendidikan akademis yang lebih sesuai. 

 

  6 Views    Likes  

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

previous post

Rekomendasi Lagu Untuk Menemani Menulis Skripsi
MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

next post

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

related posts